✔ Mengenal Fitur Dan Kontrol Utama Google Analytics

Semua orang awalnya akan resah jikalau gres akan memakai Google Analytics. Hal ini karena, masih banyak yang belum paham fungsi dan kegunaan layanan Google tersebut. Olehnya itu, sangat perlu adanya untuk mengenal fitur dan kontrol utamanya.

(Baca: Apa Itu Google Analytics?)

Secara garis besar, fitur dan kontrol utama Google Analytics terdiri dari delapan bagian. Selanjutnya akan kita bahas satu persatu biar lebih jelas. Hanya saja, semua yang akan bloGoooblok jelaskan disini belum tentu ada di akun Google Analytics Anda, alasannya ada beberapa fitur yang hanya muncul jikalau kita sebagai pengguna premium.

Berikut ialah citra besarnya.


1. Fitur Tautan Navigasi
Fitur ini berada dibagian paling atas. Pada gambar terletak di nomor 1. Google Analytics memberi kita susukan ke 4 area produk utama. Keempat bab ini juga mempunyai peranan yang berbeda-beda. Semuanya sanggup dipakai secara bebas.

  • Home atau Beranda. Tautan ini menghadirkan semua daftar Akun dan Properti yang telah kita daftarkan ke Google Analytics. Informasi yang disajikan disini hanya ringkasan singkat wacana kinerja dan performa akun kita.
  • Reporting atau Pelaporan. Pada bab ini Google Analytics memperlihatkan kita susukan penuh ke laporan dan dasbor tiap akun yang kita daftarkan. Bagian inilah yang punya banyak peranan penting untuk kita melaksanakan riset dan mengetahui kinerja blog atau website atau bahkan aplikasi yang telah kita buat. 
  • Customization atau Penyesuaian. Google Analytics memungkinkan Anda untuk menciptakan laporan khusus dan memperlihatkan susukan ke laporan tanpa sampel. Hanya saja fitur ini tidak berlaku untuk semua kalangan. Fitur ini hanya sanggup diakses oleh pengguna premium.
  • Admin. Bagian ini ialah daerah Anda mengelola Google Analytics. Pada bab ini Anda sanggup menciptakan properti gres atau menambah blog gres untuk dianalisa. Anda juga sanggup mengubah izin pengguna serta menambah integrasi dan masih banyak lagi. 

2. Fitur Akun, Setelan dan Diagnosik
Pada bab kedua, hal yang harus diketahui dalah informasi akun. Setiap laman di Google Analytics juga menampilkan informasi ini. Google menyediakan kontrol yang memungkinkan Anda mengubah setelan, menerima pinjaman dan menanggapi pesan diagnostik. Secara umum, ada tiga hal yang harus diketahui pada bab ini.

  • Tombol Drop Down yang digambarkan dengan icon panah kebawah. Jika Anda mengklik bab ini maka Anda sanggup mengakses akun Google pribadi serta akun Google Analytics Anda. Fitur ini sanggup dipakai untuk penelusuran akun biar menemukan akun Analytics, properti atau tampilan dengan cepat.
  • Tombil Settings yang digambarkan dengan logo gerigi. Jika mengklik bab ini maka Anda sanggup mengubah setelan pengguna, mengirim umpan balik ke Google, atau menerima pinjaman jikalau merasa kesulitan dengan Google Analytics.
  • Tombol Pemberitahuan untuk melihat pesan yang dibentuk oleh diagnostik otomatis Google Analytics.

3. Fitur Navigasi Laporan
Setelah mengetahui dua bab diatas, maka selanjutnya mengenal bab penting dari Google Analytics. Yakni bab Reporting atau Laporan. Halaman ini hanya sanggup diakses jikalau Anda mengklik hidangan Reporting ibarat yang dijelaskan dibagian pertama diatas.

Fitur ini terdapat dibagian kiri laman. Pada bab ini Anda sanggup mengakses semua laporan. Ada beberapa kategori yang disediakan. Setiap kategori punya fungsi dan peranan masing-masing. Jika Anda mengklik salah satu kategori maka akan terbuka grafis peta antarmuka disebelah kanan.

Terdapat delapan kategori pada sistem navigasi Google Analytics. Tiap kategori masih mempunyai sub kategori yang semuanya sanggup digunakan. Untuk masing-masing kategori akan kita bahas lebih lanjut. Namun, hal fundamental yang harus diketahui pada bab ini ialah Dasbor dan Pintasan atau Shortcuts.

Klik Dasbor jikalau Anda ingin melihat laporan yang paling penting dalam sekilas dan klik Pintasan untuk susukan yang lebih cepat ke laporan yang paling sering Anda gunakan. Untuk memakai sub kategori silahkan mengklik close panel untuk menyembunyikan panel navigasi laporan atau klik open panel untuk membukanya kembali.

4. Fitur Tajuk Laporan
Tajuk laporan berada sempurna dibawah Tautan Navigasi. Tajuk laporan akan muncul di bab atas di semua laporan di Google Analytics. Tajuk meliputi judul dan kontrol laporan yang bekerja pada laporan sebagai satu kesatuan.

Itu artinya hidangan yang akan muncul pada tajuk laporan akan berubah-ubah setuai kategori yang sedang kita akses. Namun, secara umum ada beberapa hidangan pilihan yang sering muncul pada fitur ini. Diantaranya:

  • Customize atau Sesuaikan untuk menyesuaikan laporan standar biar sesuai dengan kebutuhan spesifik Anda. Opsi adaptasi tersedia untuk banyak laporan, namun tidak semuanya. Jika ingin menggunakannya, silahkan klis saja. 
  • Email. Jika Anda mengklik Email maka Anda akan sanggup eksklusif membagikan laporan Anda secara utuh kepada orang-orang, bahkan jikalau mereka tidak mempunyai akun Google Analytics sekalipun.
  • Ada juga Ekspor. Anda sanggup Mengekspor data laporan untuk dipakai di aplikasi lainnya, ibarat Excel, PDF, Google Sheets dan lain-lainnya. 
  • Jika Anda ingin satu laporan dikategori tertentu muncul di Dasbor Anda, gunakan tautan Add to Dashboard atau Tambah ke Dasbor. Maka, akan secara otomatis laporan tersebut sanggup eksklusif Anda susukan melalui Dasbor saja. 
  • Shorcut atau Pintasan. Pilihan ini memungkinkan Anda menciptakan tautan ke konfigurasi laporan yang sedang berjalan ketika ini. Anda sanggup mengakses semua pintasan Anda di panel navigasi laporan.
  • Tanggal yang terletak dipojok kanan memungkinkan Anda mengubah rentang tanggal laporan. Anda sanggup membandingkan dua tanggal, atau dua rentang tanggal dengan mengeklik ikon drop down hidangan icon.
  • Dibawah Tanggal terdapat logo toga. Itu ialah bab Pendidikan Analytics. Jika Anda mengklik ikon ini, maka Anda sanggup melihat konten pinjaman dan tutorial video yang menjelaskan kategori pelaporan yang ketika ini dipilih.

5. Fitur Tambah Segmen
Fitur Tambah Segmen ini tidak terlalu banyak. Segmen dalam Google Analytics ialah subkumpulan data Analytics Anda. Anda sanggup menambahkan satu segmen atau lebih ke dalam laporan Anda. Ini juga membantu Anda membandingkan dan membedakan data dalam cara yang bermakna.

Pada segmen yang sedang berjalan Anda sanggup mengedit, mengcopy atau bahkan hapus segmen yang ada dengan mengekliknya. Selain itu ada juga tombol untuk menambah segmen. Ini untuk menyegmentasikan data lebih lanjut.

6. Fitur Tab Laporan
Bagian inilah yang saya rasa punya fungsi yang penting. Karena pada bab inilah data laporan Anda ditampilkan. Laporan Google Analytics menampilkan di satu tab atau lebih. Google akan memperlihatkan Anda banyak sekali tampilan dari data tersebut di satu tempat.

Secara umum laporan yang akan muncul ialah data standar yang berisi tab Penjelajahan. Hal ini mempunyai 2 bagian: tampilan grafik data untuk kerangka waktu yang dipilih di bab atas, dan tabel data di bab bawah.

Beberapa laporan akan menampilkan tab tambahan, ibarat tab Ringkasan, atau tab Hamparan Peta. Anda juga sanggup menambahkan dan mengedit tab memakai tautan Sesuaikan di tajuk laporan, ibarat yang telah dijelaskan di atas.

Tautan grup metrik di bawah label tab laporan menentukan metrik mana yang ditampilkan di tabel data; misalnya, Ikhtisar, Penggunaan Situs, Setelan Sasaran 1. Terletak sempurna di bawah label tab Penjelajah. Intinya, data yang disajikan pada bab inilah yang banyak dipakai untuk riset dan mengetahui data pengunjung blog atau situs kita.

7. Fitur Tampilan Grafis
Hampir sebagian besar data yang ditampilkan dalam Google Analytics berupa grafis. Ada beberapa hal yang perlu dipahami dalam menganalisanya. Berikut penjelasannya:

  • Metrik grafik: mengubah metrik yang dipetakan dalam tampilan grafik. Anda sanggup membandingkan 2 metrik di grafik, misalnya, Pageview vs Users. Tombol ini terletak terletak di bawah tautan grup metrik. Jika ingin menambah metrik klik saja goresan pena Select a metric atau Pilih metrik. Maka tampilannya akan eksklusif dikoversi.
  • Tombol Skala waktu grafik: Bagian ini memungkinkan Anda mengubah skala waktu grafik. Pilihnya antara hari, ahad atau bulan. Tab ini berada dibagian kanan pemilih metrik grafik.
  • Tombol Jenis grafik: tombol ini sanggup mengubah tampilan grafik yang ada. Pilih dari grafik garis atau diagram gerak. Terletak di samping tombol skala waktu grafik. Namun, jikalau Anda memakai Google Analytics biasa, tombol ini tidak akan muncul, tombol ini khusus untuk pengguna premium. Mereka sanggup merubah bentuk grafik yang ditampilkan. 
  • Panel Anotasi. Pilihan ini ada dibagian bawah grafik. Dengan mengklik tombol ini, Anda akan sanggup menciptakan catatan eksklusif di laporan.

8. Fitur Tampilan Tabel Data
Untuk data yang lebih rinci, Anda sanggup memakai tampilan tabel data dari Google Analytics. Masih berkaitan dengan klarifikasi nomor 7 diatas. Bagian tampilan tabel data ini menyajikan informasi yang lebih terperinci.

Bagian bawah tab Penjelajah menampilkan data laporan dalam bentuk tabulasi. Dimensi dan metrik utama yang ditampilkan bergantung pada jenis laporan dan di grup metrik yang dipilih di kontrol tab Penjelajah. Anda sanggup mengaksesnya jikalau mengklik salah satu data yang ingin Anda lihat, contohnya soal Demographics. Jika ingin melihat data soal negara silahkan menentukan Indonesia, maka akan muncul tabel datanya.

Kontrol tabel data pada bab ini mencakup, Tautan Dimensi utama yang sanggup mengubah dimensi utama dalam laporan. Ada pula Tombol Baris Persil yang memungkinkan Anda menambahkan baris yang sudah Anda pilih dengan memakai kotak centang ke tampilan grafik, serta Menu Dimensi sekunder untuk menambah dimensi lainnya ke dalam laporan.

Jika ingin menghapus dimensi sekundernya, eksklusif saja mengklik tanda x.

Sementara pada Menu Jenis Urutan atau daerah dimana Anda sanggup mengubah urutan baris di tabel data, Google Analytics memberi Anda pilihan antara lain sebagai berikut.

  • Default: urutan alfanumerik dasar. Urutan default-nya ialah tinggi ke rendah. Anda sanggup mengubah ini dengan mengeklik tajuk kolom.
  • Perubahan absolut: mengurutkan data perbandingan rentang tanggal menurut jumlah perubahan alih-alih nilai absolut
  • Berbobot: mengurutkan data persentase dalam urutan nilai penting alih-alih urutan numerik.

Anda juga diberi keleluasaan untuk melaksanakan penelusuran. Fomn ini akan menampilkan baris yang sesuai dengan istilah penelusuran Anda. Klik lanjutan untuk menyaring tabel data dalam cara yang lebih rumit.

Pada pojok kanan terdapat Tombol Tampilan tabel. Ini memungkinkan Anda untuk mengubah cara tabel data ditampilkan. Pilihannya dasarnya ada enam, namun biasanya yang tampil hanya ada lima. Salah satu pilihannya dikhususkan untuk pengguna premium. Penjelasan lebih lengkapnya lihat gambar dibawah ini:


Demikianlah beberapa fitur kontrol utama yang terdapat pada Google Analytics. Penjelasan diatas masih perlu pendalam lebih jauh biar sanggup memaksimalkan penggunaan Google Analytics. Namun sejauh ini, hal inilah yang patut dipahami.

(Baca: Bagaimana Cara Mendaftarkan Blog ke Google Analytic?)

Jika mempunyai embel-embel atas informasi diatas akan sangat bahagia rasanya jikalau berkenang membuatkan informasi di kolom komentar. Anda juga sanggup mengajukan pertanyaan biar sanggup sama-sama kita diskusikan. Terima kasih dan salam blogger.


Sumber http://www.blogooblok.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "✔ Mengenal Fitur Dan Kontrol Utama Google Analytics"

Posting Komentar