✔ Ini Tanggapan Google Indonesia Soal Blogspot Jadi .Co.Id

Setelah pada 3 September 2015 lalu, Google melaksanakan perubahan besar pada layanan gratisnya yakni blogspot dari domain .com menjadi .co.id, ada banyak spekulasi dan prediksi dari blogger-blogger Indonesia. bloGoooblok juga awalnya kelimpungan akan kejadian ini. Bukan alasannya ialah jumlah trafik yang menurun, melainkan iklan Adsense yang menghilang.

(Baca: Dampak Positif dan Negatif Blogspot Makara .CO.ID)

Pada 6 September kemarin, bloGoooblok punya kesempatan untuk Hangouts (video call) bareng dengan salah seorang perwakilan Google Indonesia di Singapura, tepatnya Strategic Partner Manager Google.

Hangouts ini awalnya untuk berguru segala hal wacana Google Adsense, namun kesempatan ini tak saya sia-siakan untuk mempertanyakan perubahan blogspot. Awalnya pihak Google juga belum memberi balasan namun berjanji akan membalasnya melalui email.

Kemudian komunikasi pun berlanjut melalui email pribadi. Satu persatu pertanyaan soal perubahan ini dijawab oleh pihak Google, sampai kesudahannya pagi ini 8 September, balasan menggembirakan tiba juga. Semua perubahan sudah beres. "Halo Wisa, boleh saya cek lagi, kini udah beres yah?", kata Cia, Strategic Partner Manager Google Indonesia di Singapura.

Setelah mengecek, ternyata benar telah beres. Blogspot tidak lagi di direct ke .co.id dan ketika dibuka versi .co.id pun iklannya telah muncul. Terima kasih Mbak Cia atas bantuannya.

Jawaban Google Soal Blogspot Makara .CO.ID

Sebenarnya, semenjak 3 September 2015, Google telah mengeluarkan pengumuman atas perubahan ini di Forum Google. Perubahan ini bahkan tidak hanya berlaku untuk Indonesia, ada 27 negara lain yang mengalami perubahan. Lantas apa alasan Google melaksanakan perubahan ini. Berikut penjelasan resmi dari Google yang telah disunting oleh bloGoooblok .

Untuk negara-negara yang mengalami perubahan, alamat blog pengguna akan diarahkan ke domain khusus negara. Pemilik blog tidak akan melihat perbedaan pada blog mereka, tapi pembaca akan melihat domain khusus negara tergantung pada negara asal mereka. Penulis blog atau pemilik akan tetap mengelola konten dari Blogger.com, ibarat biasa.


Mengapa Google melaksanakan hal ini? Jawaban yang bloGooblok sanggup cukup masuk akal. Google melaksanakan ini untuk menunjukkan dukungan lebih untuk mengelola konten lokal. Itu artinya, blogger Indonesia sanggup berjaya di negaranya sendiri jikalau memaksimalkannya dengan baik.

Lalu, siapa saja yang sanggup melihat perubahan tersebut?

Siapapun. Alamat website dari blog Anda sanggup mengarah ke domain khusus negara jikalau diakses dari negara lain. Misalnya, jikalau Anda berada di Indonesia dan melihat blogoooblok.blogspot.com, Anda mungkin diarahkan ke blogoooblok.blogspot.co.id, begitu pula jikalau berada di Malaysia dan lain-lainya. Domain khusus negara harus sesuai dengan negara di mana Anda sedang berada atau online.

Lantas, apakah perubahan ini menghipnotis blog kita?  

Google memberi balasan yang melegakan. Pemilik blog tidak akan melihat perbedaan yang terlihat di blog mereka. Yang mengalami perubahan ialah pembaca. Pembaca mungkin melihat domain khusus negara tergantung pada negara asal mereka.

Penulis blog atau pemilik akan terus mengelola dan mengedit konten mereka dari Blogger.com. Ketika Google malakukan pembatalan konten yang melanggar aturan setempat, mereka hanya melakukannya untuk domain khusus negara tersebut.

Bagi Anda yang mempunyai domain custom juga tidap perlu khawatir, alasannya ialah perubahan ini tidak besar lengan berkuasa sama sekali. Satu hal yang belum terjawab sampai kini ialah duduk kasus duplikat konten. Namun, bloGoooblok yakin, hal ini tidak menjadi duduk kasus krusial. Google niscaya sudah memikirkannya dengan baik sebelum melaksanakan perubahan.

Intinya, perubahan domain khusus negara ini bukanlah hal yang mengkhawatirkan lagi ketika ini. Semua duduk kasus telah diselesaikan oleh pihak Google. Iklan oke, trafik makin mantap. Happy Blogger Guys...!



Sumber http://www.blogooblok.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "✔ Ini Tanggapan Google Indonesia Soal Blogspot Jadi .Co.Id"

Posting Komentar