√ Imbas Perubahan Sosial Budaya

Versi materi oleh D Endarto


Perubahan sosial budaya sanggup mengakibatkan efek positif dan negatif.


a. Dampak Positif

1) Kemajuan ilmu pengetahuan
2) Kebutuhan gampang terpenuhi
3) Pola pikir yang lebih maju


b. Dampak negative

1) Dekadensi Moral
Dekadensi etika yaitu menurun atau merosotnya etika seseorang yang ditunjukkan dari perilakunya yang bertentangan dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat. Biasanya sikap orang tersebut merugikan dirinya sendiri dan orang lain. Beberapa teladan yang termasuk dekadensi etika yaitu sikap pergaulan bebas di kalangan cukup umur maupun orang tua, prostitusi, perselingkuhan dan lain-lain.

2) Kriminalitas
Donald R. Gressey beropini bahwa kriminilitas yaitu suatu kondisi dan proses sosial yang menghasilkan sikap lain. Kriminalitas merupakan tindakan yang melanggar norma aturan dan menyakitkan orang lain secara langsung. Beberapa teladan yang termasuk tindak kriminalitas antara lain korupsi, pencurian, penodongan, pemerkosaan, dan pembunuhan.

3) Aksi Protes dan Demonstrasi




Demonstrasi yaitu gerakan protes yang dilakukan sekumpulan orang di hadapan umum. Demonstrasi biasanya dilakukan untuk menyatakan pendapat kelompok tersebut atau menentang kebijakan yang dilaksanakan suatu pihak. Aksi protes merupakan gerakan atau tindakan yang dilakukan secara perorangan atau untuk memberikan pernyataan tidak oke yang oleh sebagian besar orang dilancarkan melalui kecaman yang pedas. Demonstrasi umumnya dilakukan oleh kelompok mahasiswa yang menentang kebijakan pemerintah/para buruh yang tidak puas dengan perlakuan majikannya. Namun demonstrasi juga dilakukan oleh kelompokkelompok lainnya dengan tujuan lainnya.

Unjuk rasa kadang sanggup mengakibatkan pengrusakan terhadap benda-benda. Hal ini sanggup terjadi akhir impian memberikan pendapat para pengunjuk rasa yang berlebihan. Di Indonesia, unjuk rasa menjadi hal yang umum semenjak jatuhnya rezim kekuasaan Orde Baru pada tahun 1998, di mana unjuk rasa menjadi simbol kebebasan berekspresi di Negara tersebut. Unjuk rasa terjadi hampir setiap hari di banyak sekali serpihan di Indonesia, khususnya Jakarta.

4) Konsumerisme
Konsumerisme yaitu pandangan yang diikuti dengan tindakan atau perbuatan penggunaan barang dan jasa secara berlebihan. Pembelian barang-barang yang bukan kebutuhan pokok dan sifatnya hanya tersier kalau dilakukan secara berlebihan dikategorikan konsumerisme.


Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Imbas Perubahan Sosial Budaya"

Posting Komentar