√ Pengertian Administrasi Pemasaran


Versi materi oleh Ngadiman


Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli - Manajemen Marketing Dalam dunia perjuangan yang semakin bersaing, tantangan yang dihadapi para produsen barang akan semakin berat dalam usahanya untuk memasukkan barangnya ke arena pertukaran. Segala perjuangan di bidang pemasaran (marketing) harus ditempuh sehingga penggarapan secara sungguh-sungguh supaya tidak terlempar ke luar "percaturan" akhir semakin banyaknya orang yang sama dalam bidang yang telah digarap. Dalam persaingan yang semakin ketat, kegiatan peningkatan produksi tidak lagi dipandang sebagai duduk kasus yang berat dibandingkan dengan kegiatan memasarkan barang yang dihasilkannya. Dengan demikian sanggup dikatakan bahwa keberhasilan dalam memasarkan merupakan kunci keberhasilan dari suatu perusahaan.

Kegiatan pemasaran mempunyai nilai aktual baik dilihat dari sisi konsumen maupun dari sisi produsen. Dari sisi konsumen, pemasaran dipandang sebagai kegiatan yang sanggup mengatakan aneka macam alternatif alat pemuas kebutuhan, sehingga nilai kepuasan itu sendiri bertambah besar. Dari sisi produsen, pemasaran sebagai kegiatan untuk lebih meningkatkan pelayanan pemenuhan kebutuhan konsumen. Oleh sebab itu, pemasaran sebenarnya bukan sematamata berkaitan dengan kepentingan produsen saja melainkan juga kepentingan konsumen.

Pemasaran merupakan salah satu dari kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan hidup, untuk berkembang, dan mendapat laba. Arti pemasaran biasanya sering disalah artikan dengan pengertian penjualan, perdagangan dan distribusi. Padahal istilah-istilah tersebut hanya merupakan satu serpihan dari acara pemasaran secara keseluruhan. Proses pemasaran dimulai jauh sebelum barang diproduksi dan tidak berakhir dengan penjualan tetapi bagaimana sanggup mengatakan kepuasan kepada konsumen.

Sehingga semenjak orang mengenal kegiatan pemasaran, telah banyak definisi-definisi pemasaran yang dikemukakan. Definisi tersebut awalnya menitikberatkan pada barang, lalu pada lembagalembaga yang diharapkan untuk melakukan proses penjualan, dan pada fungsi-fungsi yang dijalankan untuk memungkinkan dilakukannya transaksi pemasaran.


Untuk mendapat citra perihal ruang lingkup pemasaran, berikut ini dikemukakan definisi atau Pengertian pemasaran.

Menurut American Marketing Association:
Pemasaran merupakan suatu proses perencanaan dan menjalankan konsep, harga, promosi, dan distribusi sejumlah ide, barang dan jasa, untuk membuat pertukaran yang bisa memuaskan tujuan individu dan organisasi.

Sedangkan berdasarkan Philip Kotler:
Pemasaran ialah suatu proses sosial dan manajerial yang di dalamnya individu dan kelompok mendapat apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain.


Pengertian tersebut bersandar pada konsep inti pemasaran, yang meliputi: kebutuhan (needs), impian (wants) dan undangan (demands); produk (barang, jasa, dan gagasan); nilai, biaya, dan kepuasan; pertukaran dan transaksi; kekerabatan dan jaringan; pasar; serta pemasar dan prospek.

Konsep inti pemasaran di atas beroperasi di dalam suatu lingkungan yang terus-menerus berkembang sebagai konsekuensi sosial dari perusahaan, tetapi juga dibatasi oleh sumber-sumber dari perusahaan itu sendiri dan peraturan yang ada. Bagi pemasaran, perubahan lingkungan sanggup merupakan tantangan gres yang memerlukan jawaban dan cara penyelesaian yang gres pula, atau sebaliknya sanggup berupa suatu peluang atau kesempatan untuk menyebarkan usaha.

Sehubungan dengan hal itu, dibutuhkan suatu keahlian yang bisa memilah dan melakukan kegiatan pemasaran dalam pencapaian tujuan perusahaan serta dalam beradaptasi dengan perubahan lingkungan. Kegiatan pemasaran ini harus dikoordinasikan dan dikelola dengan cara yang benar, maka dikenalilah istilah administrasi pemasaran.

Manajemen pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menjadikan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan.

Titik berat diletakkan pada penawaran perusahaan dalam memenuhi kebutuhan dan impian pasar tersebut serta memilih harga, mengadakan komunikasi, dan distribusi yang efektif untuk memberitahu, mendorong, serta melayani pasar.


Jadi, administrasi pemasaran dirumuskan sebagai suatu proses administrasi yang mencakup penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan.

Kegiatan ini bertujuan menjadikan pertukaran yang diinginkan, baik yang menyangkut barang dan jasa, atau benda-benda lain yang sanggup memenuhi kebutuhan psikologis, sosial dan kebudayaan. Proses pertukaran sanggup ditimbulkan baik oleh penjual, maupun pembeli yang menguntungkan kedua belah pihak. Penentuan produk, harga, promosi dan daerah untuk mencapai jawaban yang efektif diadaptasi dengan sikap dari sikap konsumen, dan sebaliknya sikap dan sikap konsumen dipengaruhi sedemikian rupa sehingga menjadi sesuai dengan produk yang ditawarkan perusahaan.

Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Pengertian Administrasi Pemasaran"

Posting Komentar