√ Pemasaran Terpadu

Versi bahan oleh Ngadiman


Pemasaran Terpadu - Jika semua departemen perusahaan bekerja sama melayani kepentingan pelanggan, kesudahannya yaitu pemasaran terpadu. Sayangnya, tidak semua pegawai terlatih dan termotivasi untuk bekerja demi pelanggan. Seorang insinyur mengeluh bahwa wiraniaga "selalu melindungi pelanggan dan tidak memikirkan kepentingan perusahaan". Ia menyemprot pelanggan alasannya yaitu "meminta terlalu banyak".

Pemasaran terpadu berjalan dalam dua tahap. Pertama, bermacam-macam fungsi pemasaran ibarat tenaga penjualan, periklanan, administrasi produk, riset pemasaran dan lain-lain harus bekerja sama. Sangat sering terjadi, tenaga penjualan murka pada manajer produk alasannya yaitu menetapkan "harga yang terlalu tinggi" atau "target volume yang terlalu tinggi"; atau eksekutif periklanan dan manajer merek tidak mencapai kata setuju mengenai kampanye iklan. Semua fungsi pemasaran ini harus dikoordinasikan dari sudut pandang pelanggan.

Kedua, pemasaran harus dikoordinasikan dengan baik dengan bab lain perusahaan. Pemasaran tidak akan berjalan kalau dia hanya berupa satu departemen, dia akan berjalan hanya kalau semua pegawai menyadari dampaknya terhadap kepuasan pelanggan. Untuk menyokong kerjasama tim dalam sebuah departemen, disamping menerapkan pemasaran eksternal, perusahaan juga harus menerapkan pemasaran internal. Pemasaran eksternal yaitu pemasaran yang ditujukan pada orang-orang di luar perusahaan.

Pemasaran internal merupakan aktivitas mengenai keberhasilan dalam menerima, melatih dan memotivasi pegawai yang mempunyai kemampuan dan ingin melayani pelanggan dengan baik. Sesungguhnya, pemasaran internal harus lebih dulu ada sebelum pemasaran eksternal. Tidaklah masuk nalar kalau perusahaan menjanjikan pelayanan yang luar biasa sebelum pegawainya siap menawarkan pelayanan tersebut.

Banyak manajer yang yakin bahwa pelanggan yaitu kunci untuk meraih keuntungan, oleh alasannya yaitu itu ketika ini sudah banyak perusahaan memakai struktur organisasi modern yang berorientasi pelanggan tetapi juga masih ada yang memakai struktur organisasi tradisional. Mereka menganggap struktur/bagan organisasi tradisional (gambar 2.5) merupakan sebuah piramid dengan presiden eksekutif di puncak, manajer di tengah, dan karyawan garis depan (bagian penjualan dan pelayanan, peserta telepon, resepsionis) serta pelanggan di bawah. Hal tersebut sudah usang.

Perusahaan pemasaran yang handal lebih memahami duduk kasus ini, mereka membalik skema tersebut. Di puncak organisasi yaitu pelanggan. Berikutnya yaitu karyawan garis depan yang bertemu, melayani, dan memuaskan pelanggan. Di bawah mereka yaitu manajer madya, yang bertugas menyokong karyawan garis depan untuk melayani pelanggan dengan baik. Akhirnya, di paling dasar yaitu administrasi puncak yang bertugas menyokong manajer madya.

Selain itu juga ditambahkan pelanggan di samping (gambar 2.5) untuk memperlihatkan bahwa semua manajer dalam perusahaan pribadi terlibat dalam mengenal, bertemu, dan melayani pelanggan.




Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Pemasaran Terpadu"

Posting Komentar