√ Konsep Produksi Dan Konsep Produk


Versi bahan oleh Ngadiman


Konsep Produksi dan Konsep Produk - Dalam pemasaran terdapat dua konsep tersebut untuk menunjang orientasi perusahaan terhadap pasar. Lalu bagaimana klarifikasi dari kedua konsep ini ? berikut yaitu penjelasannya :


KONSEP PRODUKSI

Konsep produksi merupakan salah satu konsep tertua dalam bisnis. Konsep produksi menyatakan bahwa konsumen akan menyukai produk yang tersedia di banyak kawasan dan murah harganya. Manajer organisasi yang berorientasi produksi memusatkan perhatian pada usaha-usaha untuk mencapai efisiensi produksi yang tinggi dan distribusi yang luas.

Asumsi bahwa konsumen terutama tertarik pada fasilitas mendapat produk dan harga yang rendah berlaku paling tidak dalam dua situasi. Pertama yaitu kalau usul atas produk melebihi penawaran, menyerupai yang ada di Negara berkembang. Dalam situsi ini, konsumen lebih tertarik untuk mendapat produk daripada keistimewaan produk tersebut, dan pemasok akan memusatkan perhatian pada perjuangan untuk menigkatkan produksi. Situasi kedua yaitu ketika biaya produksi tinggi dan harus diturunkan untuk memperluas pasar.

Beberapa organisasi jasa juga menerapkan konsep produksi. Banyak praktek dokter dan dokter gigi dikelola dengan prinsip lini perakitan, menyerupai juga beberapa biro pemerintah (seperti kantor tenaga kerja dan biro lisensi). Memang, orientasi manejemen ini sanggup manangani banyak kasus perjam, namun konsep ini sering dituding tidak ramah dan mengatakan pelayanan yang buruk.





KONSEP PRODUK

Konsep produk menyatakan bahwa konsumen akan menyukai produk yang memperlihatkan mutu, kinerja dan suplemen inovatif yang terbaik. Manajer dalam organisasi berorientasi produk memusatkan perhatian mereka pada perjuangan untuk menghasilkan produk yang unggul dan terus menyempurnakannya.

Berdasarkan konsep ini, manajer mengasumsikan bahwa pembeli menghargai produk yang dibentuk dengan baik dan mereka sanggup menilai kualitas dan kinerja suatu produk. Perusahaan yang berorientasi produk sering merancang produk mereka dengan sedikit atau tanpa masukan dari pelanggan. Mereka yakin bahwa insinyur mereka tahu bagaimana merancang dan menyempurnakan produk mereka dan bahkan mereka tidak menganalisis produk pesaing.

Konsep produk mengarahkan pada myopia pemasaran, sebagaimana yang telah kita bicarakan pada awal belahan ini. Manajemen kereta api beropini bahwa pengguna kereta api menginginkan kereta api, bukanlah tranportasi, dan memandang enteng tantangan dari pesawat udara, bus dan mobil. Pabrik mistar geser beropini bahwa insinyur menginginkan mister geser, bukan kemampuan menghitung dan memandang enteng tantangan kalkulator saku.

Toserba dan kantor pos mengasumsikan bahwa mereka menyediakan produk yang sempurna bagi masyarakat dan heran mengapa penjualan mereka tersendat -sendat. Organisasi-organisasi ini terlalu sering melihat ke dalam cermin ketika mereka seharusnya melihat keluar jendela.

Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Konsep Produksi Dan Konsep Produk"

Posting Komentar