√ Kebutuhan Pelanggan
Versi bahan oleh Ngadiman
Kebutuhan Pelanggan - Perusahaan sanggup mendefinisikan pasar target namun gagal memahami kebutuhan pelanggan. Meskipun pemasaran ialah memenuhi kebutuhan secara menguntungkan, memahami kebutuhan dan impian pelanggan tidak selalu merupakan kiprah yang sederhana. Beberapa pelanggan mempunyai kebutuhan yang tidak mereka sadari. Atau mereka tidak sanggup mengutarakan kebutuhankebutuhan ini. Atau mereka memakai bahasa yang membutuhkan penafsiran. Apa artinya kalau pelanggan meminta kendaraan beroda empat yang "tidak mahal", mesin pemotong rumput yang "kuat", mesin bubut yang "cepat", baju renang yang "menarik", atau hotel yang "tenang"? Kita sanggup membedakan lima jenis kebutuhan :
• Kebutuhan yang diutarakan (pelanggan menginginkan sebuah kendaraan beroda empat yang tidak mahal)
• Kebutuhan konkret (pelanggan menginginkan sebuah kendaraan beroda empat dengan biaya operasi yang rendah, bukannya harga beli yang murah)
• Kebutuhan yang tidak diutarakan (pelanggan mengharapkan pelayanan yang baik dari penyalur)
• Kebutuhan kegembiraan/delight (pelanggan membeli kendaraan beroda empat dan mendapat hadiah peta jalan dalam suatu negara)
• Kebutuhan diam-diam (pelanggan ingin dipandang teman-temannya sebagai konsumen cerdas berorientasi nilai)
Secara umum, perusahaan sanggup menangani ajakan pelanggan dengan menawarkan apa yang mereka inginkan, atau apa yang mereka butuhkan, atau apa yang benar-benar mereka butuhkan. Kunci pemasaran profesional ialah memahami kebutuhan riil pelanggan dan memenuhinya dengan lebih baik daripada yang dilakukan para pesaing.
Beberapa pemasar membedakan antara pemasaran yang cepat tanggap dengan pemasaran yang kreatif. Pemasar yang cepat tanggap menemukan suatu kebutuhan yang diutarakan dan mengisinya. Pemasar yang kreatif menemukan dan menghasilkan solusi yang tidak diminta pelanggan namun disambut hangat.
Mengapa sangat penting untuk memuaskan pelanggan sasaran? Karena penjualan perusahan setiap periode berasal dari dua kelompok yaitu pelanggan gres dan pelanggan setia. Forum Company memperkirakan bahwa pelanggan gres yang tertarik sanggup menimbulkan biaya lima kali lipat dari biaya menyenangkan pelanggan yang ada. Dan biaya kehilanggan pelanggan mungkin enam belas kali lipat biaya menarik pelanggan gres ke tingkat keuntungan yang sama.
Karena itu, mempertahankan pelanggan lebih penting daripada menarik pelanggan. Kunci untuk mempertahankan pelanggan ialah kepuasan pelanggan. Pelanggan yang sangat puas bisa menjadikan konsumen lebih setia, membeli lebih banyak kalau perusahaan memperkenalkan produk gres dan menyempurnakan produk yang ada, menawarkan komentar yang menguntungkan wacana perusahaan dan produknya, kurang menawarkan perhatian pada merek dan iklan pesaing serta kurang sensitif terhadap harga, Memberikan gagasan produk/jasa pada perusahaan, dan membutuhkan biaya pelayanan yang lebih kecil daripada pelanggan gres alasannya transaksi menjadi rutin.
Sumber http://www.ssbelajar.net/
0 Response to "√ Kebutuhan Pelanggan"
Posting Komentar