√ 4 Insiden Besar Sejarah It Modern

4 Peristiwa Terbesar Sejarah IT Modern – Abad ini perkembangan dunia mengenai teknologi sangatlah luar biasa pesat dengan adanya computer dan internet. Kini siapa yang tidak tahu Google, Yahoo, Microsoft, Apple, Facebook dan sebagainya itu. Siapa yang menduga bahwa beberapa diantara mereka juga mempunyai kekerabatan antara satu sama lain.

Ada beberapa bencana heboh dalam dunia IT yang berasal dari nama nama yang saya sebutkan di atas tadi. Dan siapa yang mengira, dulu mereka yang hanya kecil kini mereka sudah menjadi besar dan mendominasi IT masa sekarang. Lalu, apa saja bencana kejadian yang telah dialami sehingga bisa menjadi bencana besar sejarah IT era ini ? Peristiwa di bawah ini Admin kira bisa masuk dalam kriterianya.




1. Yahoo Melewatkan Facebook

Tahukah Anda jikalau Mark Zuckerberg pernah nyaris menjual hak kepemilikan Facebook kepada Yahoo? Tahun 2006, Yahoo melihat potensi Facebook cukup besar untuk dijadikan lawan MySpace. Mereka sempat mengatakan uang sebesar US$ 1 miliar kepada Mark. Namun ketika akuisisi nyaris terjadi, tiba-tiba Yahoo mengalami penurunan saham hingga 22 persen. Reaksi Yahoo? Bernegosiasi menurunkan usulan harga kepada Mark menjadi US$ 800 juta saja. Jelas dirinya menolak dan akibatnya tetapkan untuk membesarkan Facebook sendirian.


2. Xerox Alto “Dicuri” Apple

Vendor Xerox membuatkan sebuah komputer pertama yang menggunakan window-based GUI. Komputer yang ada sebelumnya hanya mengandalkan teks sebagai operasionalnya. Diberi nama Alto, komputer ini sudah dilengkapi tetikus, jaringan ethernet, dan penyunting teks WSYIWYG (what you see is what you get). Namun ketika diluncurkan tahun 1973, pasar konsumen PC belum terbentuk.Akibatnya Xerox hanya mendistribusikan Alto ke beberapa universitas secara gratis. Nah, tahun 1979, Steve Jobs mengunjungi Xerox PARC, daerah pengerjaan Alto. Saat melihat komputer ini, ia eksklusif terinspirasi dan lalu mengimplementasikan banyak fitur utama Alto ke dalam Lisa dan Mac, dua PC yang sedang perusahaannya kembangkan. Ternyata Mac sangat laku manis, sementara Xerox yang akibatnya mengikuti dengan memasarkan Xerox Star (berbasis teknologi Alto) sudah terlambat masuk pasar.


3. “Google” Sebelum Google

Medio 1990-an ketika perang antarmesin pencari masih berimbang antara Yahoo, Altavista, dan Lycos, ada satu yang mencuat ke permukaan. Open Text Web Index namanya. Mirip Google ketika ini, Open Text dikenal alasannya yaitu kecepatan respon, akurasi, dan komprehensif. Tahun 1995, arsitektur Open Text bahkan dibeli Yahoo untuk diterapkan dalam mesin pencariannya.

Namun dua tahun berselang, pemilik Open Text tetapkan berpindah haluan ke sektor content management system untuk enterprise. Padahal tahun 1998, Google gres diluncurkan. Jika saja Open Text (dan Yahoo) tetap bermain di teknologi mesin pencari, mungkin ketika ini merekalah yang memimpin pasar. Sayang, mereka tak menyadari besarnya industri mesin pencari pada masa ibarat kini ini.


4. Microsoft Menyelamatkan Apple

Tahun 1997 yaitu tahun kebangkitan Apple. Dalam kondisi krisis keuangan akhir Mac-nya kalah bersaing dengan Power Computing dan Radius, mereka terancam berhenti produksi. Untungnya, tiba dukungan yang tak disangka-sangka: Microsoft. Tanpa diduga mereka bersedia membeli saham Apple sebesar US$ 150 juta, relatif cukup untuk memperpanjang nafas.Steve Jobs, sebagai negosiator dalam perundingan dengan pihak Microsoft, akibatnya ditunjuk sebagai CEO Apple. Kemudian lewat tangan dinginnya, Apple kini malah bisa menandingi Microsoft — sang juru penolong — dalam kompetisi bisnis TI.


Sumber : ag963


Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ 4 Insiden Besar Sejarah It Modern"

Posting Komentar