√ Referensi Penyimpangan Fungsi Peralatan Input Dan Output

Versi materi oleh FKT UNY


Macan dan Contoh Penyimpangan Fungsi Peralatan Input Output - PC yang telah melewati POST (Power on Self-Test) dianggap secara hardware dan instaslasinya baik. Tetapi untuk mengetahui kemampuan dan kinerjanya perlu dilaksanakan tes.



Khusus untuk perangkat keras, PC menyediakan akses Input dan Output, diantaranya yaitu :
•Serial Port yaitu akses yang menyalurkan data input/output secara serial atau COM.
•Paralel Port yaitu akses yang menyalurkan data input/output secara paralel atau LPT.
•USB Port atau Universal Serial Bus yaitu port serial yang bersifat Universal (umum).
•Expantion Slot yaitu slot yang dipakai untuk menancapkan (memasang) card peripheral tambahan. Slot perluasan ada 3 macam ISA, EISA, PCI dan AGP.
•Selain itu termasuk juga akses atau port untuk mouse dan keyboard, VGA dan lain-lain yang terhubung dengan peralatan di luar.


Pada dikala POST dilakukan sebetulnya sebagian peralatan I/O sudah dicek, tetapi untuk lebih gampang dalam menilik dan mengenali permasalahan pada I/O bisa kita lakukan pada dikala di dalam sistem operasi dengan cara mencoba fungsi-fungsinya.

I/O bekerja sebagai sebuah perangkat keras yang dikontrol oleh perangkat lunak untuk menyalurkan data-data digital. Sehingga baik perangkat keras maupun perangkat lunak akan saling mendukung kerja I/O. Di sini POST akan mencatat dan menguji unit I/O yang terpasang dan sistem operasi akan mengaktifkan fungsi-fungsi I/O tersebut semoga sanggup dipakai untuk agenda aplikasi.

Adapun tanda-tanda yang ditimbulkan sebagai tanda adanya dilema pada unit I/O sangat beraneka macam, menyerupai : alat tidak bekerja dengan baik, informasi di layar, arahan beep, dan lain-lain.



1) Prosedur Test

Untuk lebih mudahnya test dilakukan dengan dukungan beberapa peralatan eksternal, yaitu printer yang terpasang pada paralel port atau USB port, mouse PS2 dan serial, Monitor yang selalu terpasang di card VGA, disket untuk pengujian disk drive dan CD untuk CD ROM drive. Dan dengan Program Aplikasi contohnya Microsoft word sanggup dicoba beberapa kemungkinan kesalahan.

Adapun urutan mekanisme test yang dilakukan yaitu sebagai berikut :
1) Semua peralatan dipasang pada port yang sesuai. Khusus mouse sebaiknya bergantian (PS/2 atau COM 1 atau COM 2, atau USB).
2) Booting komputer, POST akan mengecek semua akses I/O dan alamat I/O. Jika tidak ada dilema maka semua I/O yang tersedia berfungsi dengan baik.
3) Pengecekkan fungsi Keyboard dan Mouse.
4) Pengecekkan tampilan pada layar monitor, kalau tidak ada dilema maka setting layar monitor sanggup dimaksimalkan.
5) Pengecekkan paralel port dan USB melalui agenda aplikasi Microsoft word.
6) Pengecekkan pembacaan disk dan CDROM melalui Windows Explorer.

Test dilakukan termasuk dengan mengecek driver dari peralatan yang dihubungkan dengan I/O. Karena bisa saja sesuatu peralatan atau komponen yang dipasang sanggup bekerja, tetapi tidak optimal alasannya yaitu driver yang dipakai belum sesuai dengan peralatan.



2) Pesan/Peringatan Kesalahan

Pesan/peringatan kesalahan sanggup diketahui melalui tampilan secara visual dilayar monitor dan sanggup berkerjanya peralatan yang terpasang di I/O. Berdasarkan mekanisme tes yang dilakukan maka akan didapatkan pesan/peringatan kesalahan sebagai tanda adanya dilema di PC.

Adapun tanda-tanda dan pesan tersebut yaitu sebagai berikut :




Selain beberapa tanda-tanda kerusakan yang telah disebutkan sanggup pula dikenali dan didentifikasi sebagai dilema yaitu informasi yang ditampilkan oleh komputer kalau ada masalah. Seperti komentar Disk Not Found, No Printer Install dan lain-lain. Komentar sesuai dengan maslah yang timbul.



3) Langkah-langkah mengenal dan mengidentifikasi Pesan/Peringatan Kesalahan

Untuk mengenal dan mengidentifikasi pesan/peringatan kesalahan, penerima diklat harus mempraktekkan dan mengamati PC dari dikala booting, aktifasi sistem operasi, menjalankan beberapa aplikasi, mencoba peralatan I/O dan membaca buku manual setiap komponen PC, buku utility, setting peralatan baru. Dari situ akan diketahui bekerja tidaknya I/O atau peralatan I/O yang terpasang.

Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Referensi Penyimpangan Fungsi Peralatan Input Dan Output"

Posting Komentar