√ Sebelum Buat Taktik Pemasaran, Cek Dulu Produk Ekspor Terlaris!
Membidik pasar ekspor memang menjanjikan laba yang sangat besar, apalagi harga kulakan produk lokal orisinil Indonesia terbilang cukup terjangkau. Akan tetapi, untuk dapat sukses merajai pasar ekspor tidaklah mudah.
Sebelum menciptakan strategi pemasaran, ternyata para pelaku eksportir juga harus jeli dalam menentukan produk komoditas. Jika kurang sempurna dalam menentukan produk, bukan laba yang dikantongi tapi resiko kerugian dalam jumlah besar.
Agar resiko tersebut tak hingga kau alami, sebaiknya pahami terlebih dahulu produk orisinil Indonesia yang paling laku diminati pasar mancanegara. Sedikitnya ada 4 produk komoditas ekspor yang paling laris, dikuti dari CekAja.com.
1. Batik
Tidak hanya diminati oleh pasar dalam negeri, batik Indonesia juga sangat digemari oleh konsumen luar negeri. Potensi ekspor batik dapat terlihat dengan gampang dari data yang dirilis Kementerian Perindustrian RI pada tahun 2015. Saat itu ekspor batik Indonesia ke luar negeri mencapai Rp41 triliun.
data-ad-client="ca-pub-6037247388376359"
data-ad-slot="5485024081"
data-ad-format="link">
Bahkan, jumlah tersebut lebih tinggi 6,3 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Nah, bila Anda tertarik merasakan gurihnya laba dari bisnis ekspor, berjualan batik dengan orientasi pasar luar negeri patut dicoba.
2. Perhiasan etnik
Pasar luar negeri juga sangat menyukai embel-embel asal Indonesia. Namun, bukan sembarang embel-embel melainkan embel-embel dengan motif etnik. Bila Anda ingin berbisnis perhiasan, ada saran semoga konsumen Anda di luar negeri semakin tertarik.
Pertama, Anda harus mempunyai dongeng di setiap motif embel-embel yang Anda produksi. Misalnya, motif A bercerita atau terinspirasi dari penari bali atau motif B sebetulnya terinspirasi dari kehidupan para petani dari Jawa Tengah. Hal-hal menyerupai ini sangat disukai pembeli dari Amerika Serikat ataupun Eropa.
3. Kerajinan
Meski skala bisnisnya tak sebesar batik, kerajinan Indonesia juga mempunyai pasar setia di luar negeri. Hal itu terlihat dari nilai ekspor kerajinan Indonesia sepanjang tahun 2016 yang menembus angka Rp8,19 triliun. Hal ini juga mengisyaratkan bahwa penetrasi produk kerajinan Indonesia ke luar negeri belum maksimal.
Nah, bila Anda tertarik berbisnis kerajinan, salah satu trik yang dapat mempermudah brandAnda tembus ke luar negeri yaitu dengan rajin mengikuti pameran berskala internasional. Semakin Anda rajin untuk ikut pameran tersebut, semakin banyak kesempatan bagi Anda untuk bertemu konsumen atau bahkan penjual yang bersedia memasarkan produk Anda di negaranya.
data-ad-layout="in-article"
data-ad-format="fluid"
data-ad-client="ca-pub-6037247388376359"
data-ad-slot="7037953167">
4. Makanan
Produk satu ini sebetulnya primadona yang belum digarap secara maksimal. Produk kuliner Indonesia sebetulnya cukup diminati di luar negeri. Salah satu negara yang sudah mengenal produk kuliner dan minuman asal Indonesia yaitu Korea Selatan.
Namun, jumlah ekspor kuliner dan minuman ke Korsel masih sangat kecil. Bahkan bila dibandingkan dengan total ekspor non migas ke Korsel senilai Rp143 triliun pada tahun 2015, jumlah ekspor kuliner dan minuman hanya sebesar 1,76 persen. Bila Anda tertarik memulai bisnis kuliner, tidak ada salahnya melirik pasar yang ada di luar negeri.
Sumber aciknadzirah.blogspot.com
0 Response to "√ Sebelum Buat Taktik Pemasaran, Cek Dulu Produk Ekspor Terlaris!"
Posting Komentar