√ Pengertian Akuntansi

 Pada dasarnya akuntansi berkembang dari sistem tata buku berpasangan  √ PENGERTIAN AKUNTANSI

Versi bahan oleh Ismawanto


Pengertian Akuntansi - Pada dasarnya akuntansi berkembang dari sistem tata buku berpasangan (double entry system) yang pertama kali diperkenalkan di Italia pada tahun 1494. Seorang andal ilmu niscaya berkebangsaan Italia, Lucas Paciolo yang menerbitkan buku berjudul Summa de Aritmatica, Geometria, Proportioni et Proportionalita. Pada salah satu bab buku tersebut berisi perihal pengetahuan akuntansi dengan judul Tractatus de computis et scriptorio. Oleh alasannya ialah Lucas Paciolo merupakan orang pertama yang menulis pengetahuan akuntansi, maka para penganutnya menamakannya Bapak Akuntansi (The father of Accounting).

Sekitar pertengahan masa ke 18 hingga masa ke 19, sehabis terjadi revolusi industri, muncul perkembangan di aneka macam bidang, baik sosial, ekonomi, maupun perdagangan. Nah, dari tragedi tersebut hasilnya akuntansi tidak hanya berkembang di Eropa, tetapi juga hingga di daratan Amerika yang populer dengan sistem Anglo Saxon.

Definisi Akuntansi

Akuntansi sering disebut sebagai “Bahasa Bisnis” atau “Bahasa Pengambilan Keputusan”, alasannya ialah semakin kita sanggup memahami dan menguasai ilmu akuntansi, maka akan semakin baik pula dalam menangani dunia perjuangan terutama aspek keuangan perusahaan

Definisi akuntansi sanggup dirumuskan dari dua sudut pandang, yaitu sudut pemakai dan proses kegiatannya.

1. Definisi dari Sudut Pemakai

Akuntansi sanggup didefinisikan sebagai suatu disiplin yang menyediakan gosip yang diharapkan untuk melakukan acara secara efisien dan mengevaluasi kegiatan-kegiatan suatu organisasi.

Adapun manfaat gosip akuntansi antara lain untuk:
a. menciptakan perencanaan yang efektif, pengawasan, dan pengambilan keputusan oleh manajemen, dan
b. pertanggungjawaban organisasi kepada para investor, kreditur, pemerintah, dan sebagainya.

2. Definisi dari Sudut Proses Kegiatan

Ditinjau dari sudut kegiatannya, akuntansi sanggup didefinisikan sebagai suatu proses pencatatan, penggolongan, peringkasan, pelaporan, dan penganalisaan data keuangan suatu organisasi.

Pada dasarnya akuntansi mencakup acara berikut ini.
a. Mengidentifikasi data yang berkaitan dengan pengambilankeputusan, baik data yang berasal dari intern perusahaan maupun data yang berasal dari ekstern perusahaan.
b. Memproses atau menganalisis data yang relevan.



Sekian mengenai pengertian Akuntansi, biar bermanfaat.

Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Pengertian Akuntansi"

Posting Komentar