√ Jurnal Epilog Perusahaan Jasa ( Closing Entry )

Versi bahan oleh Ismawanto


Jurnal epilog perusahaan jasa - Setelah menyusun neraca lajur, maka langkah selanjutnya yakni menyusun jurnal penutup, yaitu jurnal yang dibentuk untuk memindahkan saldo-saldo asumsi sementara (perkiraan nominal dan asumsi prive) disebut jurnal penutup. Jadi, jurnal epilog yakni ayat jurnal untuk mengenolkan saldo asumsi sementara, sehingga perusahaan sanggup mengetahui keuntungan atau rugi perjuangan selama satu periode. Sumber penyusunan ayat jurnal epilog berasal dari kertas kerja kolom laba/rugi.

Adapun tujuan pembuatan jurnal epilog antara lain sebagai berikut.

1. Untuk menutup saldo yang terdapat dalam semua asumsi sementara, sehingga asumsi tersebut menjadi nol. Dan dengan jurnal epilog ini akan sanggup dipisahkan jumlah saldo rekening sementara untuk periode ini dengan jumlah saldo rekening sementara untuk periode berikutnya.
2. Agar saldo rekening modal menawarkan jumlah yang sesuai dengan keadaan pada simpulan periode, sehingga rekening modal akan sama dengan jumlah modal simpulan yang dilaporkan dalam neraca.

Prosedur penyusunan jurnal epilog dilakukan dengan urutan sebagai berikut.


1. Menutup semua akun Pendapatan, dengan jurnal penutup:






2. Menutup semua akun Beban dengan jurnal penutup:




3. Menutup akun Ikhtisar Laba/Rugi ke akun Modal

a. Jika perusahaan memperoleh keuntungan (laba diperoleh kalau Ikhtisar Laba/Rugi Kredit lebih besar daripada Ikhtisar Laba/Rugi Debit), maka jurnal penutupnya adalah:


b. Jika perusahaan menderita rugi (rugi diderita kalau Ikhtisar Laba/Rugi Debit lebih besar daripada Ikhtisar Laba/Rugi Kredit




4. Menutup akun Prive ke akun Modal dengan jurnal




Contoh:
Berdasarkan kertas kerja dari Perusahaan ADHI JAYA Medan per 31 Desember 2005 (Tabel 8.3) sanggup disusun jurnal epilog sebagai berikut


 maka langkah selanjutnya yakni menyusun jurnal epilog √ JURNAL PENUTUP PERUSAHAAN JASA ( CLOSING ENTRY )




Sekian mangenai Jurnal Penutup Perusahaan Jasa, biar bermanfaat dan terimakasih.

Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Jurnal Epilog Perusahaan Jasa ( Closing Entry )"

Posting Komentar