✔ Definisi Komunikasi Berdasarkan Para Ahli

Definisi Komunikasi adalah: seni penyampaian informasi (peran, message, ide,sikap atau gagasan) dari komunikator untuk merubah serta permohonan yang dikehendaki komunikator.

Makara proses penyampaian informasi berdaya guna bagi komunikator maupun komunikan.

Definisi Komunikasi Menurut Para Ahli: Komunikasi merupakan hal yang sangat mendasar dalam kehidupan. Peristiwa komunikasi bias terjadi di mana-mana. Misalnya komunikasi antarmanusia dan lain-lain.
Sebagai makhluk social sudahtahukah anda pengertian komunikasi ?, insan senantiasa ingin berafiliasi dengan insan lainnya. Ia ingin mengetahui apa yang terjadi pada dirinya. Rasa ingin tahu itu memaksa insan untuk berkomunikasi.

Menurut professor Wilbur Schramm dalam Cangara (2004:1) menyampaikan tanpa komunikasi , mustahil terbentuk suatu masyarakat. Sebaliknya tanpa masyarakat, insan mustahil sanggup mengembangkan komunikasi.
Berkomunikasi dengan baik akan member efek eksklusif terhadap struktur keseimbangan seseorang dalam masyarakat, apakah ia seorang dokter, dosen, manajer dan sebagainya.
Menurut Everett M rogers, seorang pakar sosiologi Pedesaan Amerika membuat definisi “Komunikasi yaitu suatu proses dimana dua orang atau lebih membentuk atau melaksanakan pertukaran informasi terhadap satu sama lain yang pada gilirannya akan datang saling pengertian” (Rogers dan Kincaid dalam Cangara, 2004;19).
Komunikasi akan efektif apabila terjadi pemahaman yang sama dan pihak lain terangsang untuk berpikir atau melaksanakan sesuatu.

http://id.shvoong.com/

Definisi Komunikasi Menurut Para Ahli

Onong Cahyana Effendi
Komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh seseorang kepada orang lain untuk memberitahu, mengubah sikap, pendapat, atau perilaku, baik secara mulut (langsung) ataupun tidak eksklusif (melalui media)

Harold Laswell
Komunikasi yaitu citra mengenai siapa, menyampaikan apa, melalui media apa, kepada siapa, dan apa efeknya.

Raymond Ross
Komunikasi yaitu proses menyortir, memilih, dan pengiriman simbol-simbol sedemikian rupa semoga membantu pendengar membangkitkan respons/ makna dari aliran yang serupa dengan yang dimaksudkan oleh komunikator.

Gerald R. Miller
Komunikasi terjadi ketika satu sumber memberikan pesan kepada peserta dengan niat sadar untuk menghipnotis sikap mereka.

Everett M. Rogers
Komunikasi yaitu proses suatu wangsit dialihkan dari satu sumber kepada satu atau banyak peserta dengan maksud untuk mengubah tingkah laris mereka.

Carl I. Hovland
Komunikasi yaitu suatu proses yang memungkinkan seseorang memberikan rangsangan (biasanya dengan memakai lambang verbal) untuk mengubah sikap orang lain.

New Comb
Komunikasi yaitu transmisi informasi yang terdiri dari rangsangan diskriminatif dari sumber kepada penerima.

Bernard Barelson & Garry A. Steiner
Komunikasi yaitu proses transmisi informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan sebagainya dengan memakai simbol-simbol, kata-kata, gambar, grafis, angka, dsb.

Colin Cherry
Komunikasi yaitu proses dimana pihak-pihak saling memakai informasi dengan untuk mencapai tujuan bersama dan komunikasi merupakan kaitan korelasi yang ditimbulkan oleh penerus rangsangan dan pembangkitan balasannya.

Hovland, Janis dan Kelley
Komunikasi merupakan proses individu mengirim rangsangan (stimulus) yang biasanya dalam bentuk verbal untuk mengubah tingkah laris orang lain. Pada definisi ini mereka menganggap komunikasi sebagai suatu proses.

Louis Forsdale
Menurut Forsdale (1981), andal komunikasi dan pendidikan “communication is the process by which a system is established, maintained and altered by means of shared signals that operate according to rules”. Komunikasi yaitu suatu proses dimana suatu sistem dibentuk, dipelihara, dan diubah dengan tujuan bahwa sinyal-sinyal yang dikirimkan dan diterima dilakukan sesuai dengan aturan.

William J. Seller
William J.Seller menyampaikan bahwa komunikasi yaitu proses dimana simbol verbal dan nonverbal dikirimkan, diterima dan diberi arti.


Istilah komunikasi dari bahasa Inggris communication, dari bahasa latin communicatus yang memiliki arti mengembangkan atau menjadi milik bersama, komunikasi diartikan sebagai proses sharing diantara pihak-pihak yang melaksanakan aktifitas komunikasi tersebut.

Menurut lexicographer (ahli kamus bahasa), komunikasi yaitu upaya yang bertujuan mengembangkan untuk mencapai kebersamaan. Jika dua orang berkomunikasi maka pemahaman yang sama terhadap pesan yang saling dipertukarkan yaitu tujuan yang diinginkan oleh keduanya. Webster’s New Collegiate Dictionary edisi tahun 1977 antara lain menjelaskan bahwa komunikasi yaitu suatu proses pertukaran informasi diantara individu melalui sistem lambang-lambang, gejala atau tingkah laku.

Ilmu komunikasi sebagai ilmu pengetahuan sosial yang bersifat multidisipliner, tidak sanggup menghindari perspektif dari beberapa andal yang tertarik pada kajian komunikasi, sehingga definisi dan pengertian komunikasi menjadi semakin banyak dan beragam. Masing-masing memiliki pemfokusan arti, cakupan, konteks yang berbeda satu sama lain, tetapi intinya saling melengkapi dan menyempurnakan makna komunikasi sejalan dengan perkembangan ilmu komunikasi.

Menurut Frank E.X. Dance dalam bukunya Human Communication Theory terdapat 126 buah definisi ihwal komunikasi yang diberikan oleh beberapa andal dan dalam buku Sasa Djuarsa Sendjaja Pengantar Ilmu Komunikasi dijabarkan tujuh buah definisi yang sanggup mewakili sudut pandang dan konteks pengertian komunikasi. Definisi-definisi tersebut adalahs ebagai berikut:

Komunikasi yaitu suatu proses melalui mana seseorang (komunikator) memberikan stimulus (biasanya dalam bentuk kata-kata) dengan tujuan mengubah atau membentuk sikap orang-orang lainnya (khalayak).
Hovland, Janis & Kelley:1953
Komunikasi yaitu proses penyampaian informasi, gagasan, emosi, keahlian dan lain-lain. Melalui penggunaan simbol-simbol menyerupai kata-kata, gambar-gambar, angka-angka dan lain-lain.
Berelson dan Stainer, 1964
Komunikasi intinya merupakan suatu proses yang menjelaskan siapa, menyampaikan apa, dengan akses apa, kepada siapa? Dengan jawaban apa atau hasil apa? (Who? Says what? In which channel? To whom? With what effect?)

Lasswell, 1960
Komunikasi yaitu suatu proses yang membuat sesuatu dari yang semula dimiliki oleh seseorang (monopoli seseorang) menjadi dimiliki oleh dua orang atau lebih.
Gode, 1959
Komunikasi timbul didorong oleh kebutuhan-kebutuhan untuk mengurangi rasa ketidakpastian, bertindak secara efektif, mempertahankan atau memperkuat ego.
Barnlund, 1964
Komunikasi yaitu suatu proses yang menghubungkan satu bab dengan bab lainnya dalam kehidupan.
Ruesch, 1957
Komunikasi yaitu seluruh mekanisme melalui mana pikiran seseorang sanggup menghipnotis pikiran orang lainnya.
Weaver, 1949

Kita lihat dari beberapa definisi komunikasi tersebut saling melengkapi. Definisi pertama menjelaskan penyampaian stimulus hanya dalam bentuk kata-kata dan pada definisi kedua penyampaian stimulus sanggup berupa simbol-simbol tidak hanya kata-kata tetapi juga gambar, angka dan lain-lain sehingga yang disampaikan sanggup lebih mewakili yaitu termasuk gagasan, emosi atau keahlian.

Definisi pertama dan kedua tidak bicara soal media atau salurannya, definisi ke tiga dari lasswell melengkapinya dengan komponen proses komunikasi secara lebih lengkap. Pengertian ke-empat dan seterusnya memahami komunikasi dari konteks yang berbeda menghasilkan pengertian komunikasi yang menyeluruh mewakili fungsi dan karakteristik komunikasi dalam kehidupan manusia.
Ke-tujuh definisi tersebut di atas memperlihatkan bahwa komunikasi memiliki pengertian yang luas dan beragam. Masing-masing definisi memiliki penekanannya dan konteks yang berbeda satu sama lainnya.

Definisi komunikasi secara umum yaitu suatu proses pembentukan, penyampaian, penerimaan dan pengolahan pesan yang terjadi di dalam diri seseorang dan atau di antara dua atau lebih dengan tujuan tertentu. Definisi tersebut memperlihatkan beberapa pengertian pokok yaitu komunikasi yaitu suatu proses mengenai pembentukan, penyampaian, penerimaan dan pengolahan pesan.

Setiap pelakuk komunikasi dengan demikian akan melaksanakan empat tindakan: membentuk, menyampaikan, menerima, dan mengolah pesan. Ke-empat tindakan tersebut lazimnya terjadi secara berurutan. Membentuk pesan artinya membuat sesuatu wangsit atau gagasan. Ini terjadi dalam benak kepala seseorang melalui proses kerja sistem syaraf. Pesan yang telah terbentuk ini kemudian disampaikan kepada orang lain. Baik secara eksklusif ataupun tidak langsung. Bentuk dan mengirim pesan, seseorang akan mendapatkan pesan yang disampaikan oleh orang lain. Pesan yang diterimanya ini kemudian akan diolah melalui sistem syaraf dan diinterpretasikan. Setelah diinterpretasikan, pesan tersebut sanggup menjadikan tanggapan atau reaksi dari orang tersebut. Apabila ini terjadi, maka si orang tersebut kembali akan membentuk dan memberikan pesan baru. Demikianlah ke –empat tindakan ini akan terus-menerus terjadi secara berulang-ulang.
Pesan yaitu produk utama komunikasi. Pesan berupa lambang-lambang yang menjalankan ide/gagasan, sikap, perasaan, praktik atau tindakan. Bisa berbentuk kata-kata tertulis, lisan, gambar-gambar, angka-angka, benda, gerak-gerik atau tingkah laris dan banyak sekali bentuk gejala lainnya. Komunikasi sanggup terjadi dalam diri seseorang, antara dua orang, di antara beberapa orang atau banyak orang. Komunikasi memiliki tujuan tertentu. Artinya komunikasi yang dilakukan sesuai dengan cita-cita dan kepentingan para pelakunya.

http://meiliemma.wordpress.com/

Beberapa definisi komunikasi adalah:
Komunikasi yaitu acara pengoperan lambang yang mengandung arti/makna yang perlu dipahami bersama oleh  pihak yang terlibat dalam acara komunikasi  (Astrid).
Komunikasi yaitu acara sikap atau acara penyampaian pesan atau informasi ihwal pikiran atau perasaan (Roben.J.G).
Komunikasi yaitu sebagai pemindahan informasi dan pengertian dari satu orang ke orang lain (Davis, 1981).
Komunikasi yaitu berusaha untuk mengadakan persamaan dengan orang lain (Schram,W)
Komunikasi  yaitu penyampaian dan memahami pesan dari satu orang kepada orang lain, komunikasi merupakan proses sosial (Modul PRT, Lembaga Administrasi).
William Albig: komunikasi yaitu proses pengoperan lambang-lambang yang berarti antara individu. (Communication is the prosses of transmitting meoninfull symbols between individuals – buku public opinion).
Wilbur Schram: dalam uraiannya “How Communication Work” menyampaikan komunikasi berasal dari bahasa latin, yaitu kata communio atau common. Bilamana kita mengadakan komunikasi itu berarti membagikan informasi …. semoga si peserta maupun si pengirim sepaham atas suatu pesan tertentu. (Communication comes from latin, communio = common when we communication are the sender tuned together for a particular message). Makara esensi komunikan yaitu menemukan dan memadukan si peserta dan si pengirim.
Onong Uchyana Effendy: dalam bukunya komunikasi, teori dan praktik mengatakan, komunikasi hakekatnya yaitu proses penyimpanan pikiran atau perasaan oleh komunikator kepada komunikan.
Bennard Berelson dan Gary A. Steinner (1964:527) mendefinisikan komunikasi: ”Communication: the transmission of information, ideas, emotions, skills, etc. by the uses of symbol…” (komunikasi yaitu transmisi informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan sebagainya. Tindakan atau proses transmisi itulah yang biasanya disebut komunikasi).
 

Sumber http://harisok.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "✔ Definisi Komunikasi Berdasarkan Para Ahli"

Posting Komentar