✔ Definisi Administrasi Dan Perkembangannya

Definisi manajemen: Kata administrasi mungkin berasal dari bahasa Italia (1561) maneggiare yang berarti "mengendalikan," terutamanya "mengendalikan kuda" yang berasal dari bahasa latin manus yang berati "tangan". Kata ini menerima dampak dari bahasa Perancis manège yang berarti "kepemilikan kuda" (yang berasal dari Bahasa Inggris yang berarti seni mengendalikan kuda), dimana istilah Inggris ini juga berasal dari bahasa Italia. Bahasa Prancis kemudian mengadopsi kata ini dari bahasa Inggris menjadi ménagement, yang mempunyai arti seni melaksanakan dan mengatur.


Definisi administrasi adalah :Kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement, yang mempunyai arti seni melaksanakan dan mengatur, Manajemen belum mempunyai definisi yang mapan dan diterima secara universal. Mary Parker Follet, misalnya, mendefinisikan administrasi sebagai seni menuntaskan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. berdasarkan Ricky W. Griffin Definisi manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai target (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan sanggup dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa kiprah yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.

Fungsi administrasi ialah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan menempel di dalam proses administrasi yang akan dijadikan pola oleh manajer dalam melaksanakan acara untuk mencapai tujuan. Fungsi administrasi pertama kali diperkenalkan oleh seorang industrialis Perancis berjulukan Henry Fayol pada awal masa ke-20. Ketika itu, ia menyebutkan lima fungsi manajemen, yaitu merancang, mengorganisir, memerintah, mengordinasi, dan mengendalikan. Namun dikala ini, kelima fungsi tersebut telah diringkas menjadi tiga yaitu:

1. Perencanaan (planning) ialah memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki. Perencanaan dilakukan untuk memilih tujuan perusahaan secara keseluruhan dan cara terbaik untuk memenuhi tujuan itu. Manajer mengevaluasi banyak sekali planning alternatif sebelum mengambil tindakan dan kemudian melihat apakah planning yang dipilih cocok dan sanggup dipakai untuk memenuhi tujuan perusahaan. Perencanaan merupakan proses terpenting dari semua fungsi administrasi alasannya ialah tanpa perencanaan, fungsi-fungsi lainnya tak sanggup berjalan.

2. Pengorganisasian (organizing) dilakukan dengan tujuan membagi suatu acara besar menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Pengorganisasian mempermudah manajer dalam melaksanakan pengawasan dan memilih orang yang diharapkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang telah dibagi-bagi tersebut. Pengorganisasian sanggup dilakukan dengan cara memilih kiprah apa yang harus dikerjakan, siapa yang harus mengerjakannya, bagaimana tugas-tugas tersebut dikelompokkan, siapa yang bertanggung jawab atas kiprah tersebut, pada tingkatan mana keputusan harus diambil.

3. Pengarahan (directing) ialah suatu tindakan untuk mengusahakan biar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai target sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha


sejarah
Banyak kesulitan yang terjadi dalam melacak sejarah manajemen. Namun diketahui bahwa ilmu administrasi telah ada semenjak ribuan tahun yang lalu. Hal ini dibuktikan dengan adanya piramida di Mesir. Piramida tersebut dibangun oleh lebih dari 100.000 orang selama 20 tahun. Piramida Giza tak akan berhasil dibangun kalau tidak ada seseorang—tanpa memedulikan apa sebutan untuk manajer ketika itu—yang merencanakan apa yang harus dilakukan, mengorganisir insan serta materi bakunya, memimpin dan mengarahkan para pekerja, dan menegakkan pengendalian tertentu guna menjamin bahwa segala sesuatunya dikerjakan sesuai rencana.
Piramida di Mesir. Pembangunan piramida ini tak mungkin terealisasi tanpa adanya seseorang yang merencanakan, mengorganisasikan dan menggerakan para pekerja, dan mengontrol pembangunannya.

Praktik-praktik administrasi lainnya sanggup disaksikan selama tahun 1400-an di kota Venesia, Italia, yang ketika itu menjadi sentra perekonomian dan perdagangan di sana. Penduduk Venesia berbagi bentuk awal perusahaan bisnis dan melaksanakan banyak acara yang lazim terjadi di organisasi modern dikala ini. Sebagai contoh, di gudang senjata Venesia, kapal perang diluncurkan sepanjang jalan masuk dan pada tiap-tiap perhentian, materi baku dan tali layar ditambahkan ke kapal tersebut. Hal ini seolah-olah dengan model lini perakitan (assembly line) yang dikembangkan oleh Hanry Ford untuk merakit mobil-mobilnya. Selain lini perakitan tersebut, orang Venesia mempunyai sistem penyimpanan dan pergudangan untuk memantau isinya, administrasi sumber daya insan untuk mengelola angkatan kerja, dan sistem akuntansi untuk melacak pendapatan dan biaya.

Daniel Wren membagi evolusi aliran administrasi dalam empat fase, yaitu aliran awal, era administrasi sains, era insan sosial, dan era moderen.Definisi manajemen

Sumber http://harisok.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "✔ Definisi Administrasi Dan Perkembangannya"

Posting Komentar