Cara Menanam Anggur Dari Biji Dalam Pot Yang Benar

Buahnya bulat, kecil menyerupai telur burung puyuh, rasanya segar dengan cita rasa masam manis yang ikut bercampur di dalamnya. Dagingnya lembut berair dan mempunyai biji. Warnanya bevariasi dari hijau, ungu dan juga merah. kulitnya licin dan lunak, jadi sanggup eksklusif dimakan bersamaan dengan dagingnya. Kaya akan vitamin C, sehingga membuatnya jadi buah layak konsumsi sehari-hari.


Bisa eksklusif menebaknya kan? Tentu saja.


Anggur…!


 rasanya segar dengan cita rasa masam manis yang ikut bercampur di dalamnya Cara Menanam Anggur dari Biji dalam Pot yang Benar
Anggur berwarna ungu, hijau dan merah merupakan jenis anggur yang paling banyak dikonsumsi.

Nah, untuk Anda para pecinta buah anggur, sebaiknya memproduksi buah anggur sendiri. Bisa eksklusif di konsumsi sekaligus tampilan buah dan tanamannya yang bagus sanggup dipakai sebagai penghias halaman rumah. Double fungsi lho…!


Pada umumnya anggur dibudidayakan dengan teknik pencangkokan atau stek sebab dinilai lebih praktis dan cepat. Selain itu, juga sanggup dibudidayakan dengan menanam bijinya. Namun, penanaman dengan biji biasanya dinilai rawan gagal. Padahal bersama-sama tergantung dari bagaimana Anda memperlakukan tumbuhan Anggur Anda. Jika ditanam dan dirawat dengan baik, otomatis tumbuhan itupun akan tumbuh baik.


Maka dari itu, artikel ini akan memperlihatkan langkah-langkah yang sanggup Anda jadikan panduan untuk menanam buah anggur dengan memakai biji di dalam pot. Menanam buah anggur dengan biji memang terbilang lama, juga agak sulit, jadi cara penanam ini ditujukan bagi Anda yang betul-betul bertekad mempunyai buah anggur produksi sendiri.


Karena sesungguhnya seseorang dengan tekad yang berpengaruh niscaya akan berhasil (intermezzo πŸ˜€ ).


Sebelum menanam, ada hal-hal yang perlu diperhatikan. Silahkan dibaca:



  • Pilih Varietas anggur yang Anda inginkan


Maksudnya, tentukan jenis anggur yang akan Anda tanam. Apakah anggur merah, hijau, atau ungu? Apakah anggur lokal atau impor? Di toko online bibitbunga.com ini, kami menyediakan tumbuhan anggur lokal menyerupai anggur merah lokal dan anggur hijau lokal. Tersedia juga tumbuhan anggur impor menyerupai anggur hijau belgia, anggur red globe dan anggur red prince. Apakah menginginkan buah dengan kualitas terbagus atau hanya sekedar menanamnya untuk mempercantik halaman saja? Juga perhatikan keadaan iklim tempat tinggal Anda.


Mencari tau jenis anggur mana yang sanggup tumbuh dengan iklim kawasan tempat tinggal Anda. Dalam tahap ini, mencari tau banyak informasi wacana jenis anggur yang diinginkan memang menjadi awal yang penting. Setelah tau, jenis apa yang cocok dengan cita-cita Anda, carilah bijinya di sentra perbelanjaan dan pastikan kalau biji yang Anda beli ialah biji yang sehat dan berkualitas unggul.



  • Perhatikan kualitas biji


Ketika biji sudah ada ditangan Anda, saatnya untuk menyemaikannya. Caranya, rendam biji-biji tadi ke dalam wadah yang berisi air. Jika ditemukan biji yang mengapung, maka buanglah. Itu menerangkan bijinya tidak sehat dan tidak layak tanam. Sementara itu, perlakuan selanjutnya untuk biji yang karam ialah dengan merendamnya selama sehari semalam.


Selanjutnya, lakukan proses stratifikasi. Proses ini biasa juga disebut dengan simulasi demam isu hambar untuk menciptakan biji berkecambah. Caranya dengan meletakkan biji-biji layak tanam pada tisu basah, kemudian masukkan pada wadah tertutup. Bisa dengan wadah transparan yang dibungkus plastik atau dengan kantung udara transparan. Kemudian simpan di dalam lemari es selama 2 hingga 3 bulan. Namun usahakan dengan suhu yang tidak membuatnya membeku total. Gunakan suhu stabil antara 1-3 ΒΊC.



  • Penyemaian biji


 rasanya segar dengan cita rasa masam manis yang ikut bercampur di dalamnya Cara Menanam Anggur dari Biji dalam Pot yang Benar
Biji anggur yang mengapung menerangkan kualitas biji yang jelek, gunakan biji yang tenggelam.

Tanam biji yang telah melewati tahap stratifikasi pada wadah pot yang di dalamnya terdapat tanah gembur tercampur pupuk kandang. Gunakan wadah pot tanah, sebab pot tanah mempunyai pori-pori yang praktis menyerap air dan nutrisi tanpa menciptakan tumbuhan mengendap. Biasanya kecambah anggur akan muncul sekitar 2 hingga 8 ahad dari hari penanaman bijinya.



  • Proses transplantasi bibit


Pada tahap ini, ketika biji anggur yang ditanam sudah mulai tumbuh dan meninggi dengan ukuran 8 cm, maka perlu dilakukan transplantasi bibit. Caranya dengan memindahkan tumbuhan tersebut ke wadah pot yang lebih besar. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan tempat pernapasan yang lebih luas pada akar tumbuhan yang akan terus membesar.


Lakukan perawatan dengan cara derma nutrisi berupa pupuk secara berkala. Penyiraman yang rutin pada masa pertumbuhan ialah sangat penting. Buat tanahnya tetap lembab tanpa menciptakan air tergenang. Anda sanggup saja berhenti pada proses ini dengan hanya melaksanakan perawatannya saja. Selalu pindahkan pada wadah yang berukuran lebih besar, pangkas pucuknya, dan sebab tumbuhan ini ialah tumbuhan menjalar, maka berikan penopang pada pot biar bentuk tanamannya tetap tegak.


 rasanya segar dengan cita rasa masam manis yang ikut bercampur di dalamnya Cara Menanam Anggur dari Biji dalam Pot yang Benar
Biji anggur yang telah ditanan akan mulai tumbuh dengan batang juga daunnya yang kecil ketika berusia 2-8 minggu.

Namun untuk lebih mempercantik halaman, maka sanggup dipindahkan pada lahan yang pekarangan Anda. Caranya:


 rasanya segar dengan cita rasa masam manis yang ikut bercampur di dalamnya Cara Menanam Anggur dari Biji dalam Pot yang Benar
Penempatan teralis di halaman belakang sanggup dipakai sebagai alat menjalarnya tumbuhan Anggur.

Saat pohon anggur yang di tanam pada pot sudah setinggi 30 cm, maka pindahkanlah pada lahan terbuka, contohnya lahan pekarangan. Pindahkan dan tanam pada lahan pekarangan yang sebelumnya sudah digemburkan dan diberi kompos. Karena termasuk tanaman merambat, batang juga cabang-cabangnya akan tumbuh secara merambat atau menjalar, jadi sebaiknya diberikan penopang berupa anjang-anjang atau teralis yang nantinya akan menjadi topangan pohon anggur untuk menjalar.


Pohon anggur memerlukan waktu 3 hingga 4 tahun biar sanggup berbuah. Sampai ketika itu, lakukan terus perawatannya berupa pemupukan secara berkala, penyiraman dan pemangkasan pada tumbuhan anggur Anda biar buah yang nanti di hasilkan sanggup sehat dan melimpah.


 rasanya segar dengan cita rasa masam manis yang ikut bercampur di dalamnya Cara Menanam Anggur dari Biji dalam Pot yang Benar
Buah anggur yang melimpah sanggup Anda dapatkan di lahan pekarangan Anda sendiri. Siap dikonsumsi dan indah dipandang.

Well… Itulah tadi langkah dan cara yang perlu diperhatikan untuk penanaman buah anggur dengan memakai biji pada pot. Jika penanaman Anda berhasil, fenomena berbuahnya akan jadi sebuah fenomena yang menarik perhatian halaman rumah Anda.


Tertarik untuk mencobanya sendiri di rumah? Kami juga menyediakan bibit tumbuhan anggur lho. Lihat yuk katalognya disini.


Selamat mencoba dan semoga berhasil. πŸ™‚



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menanam Anggur Dari Biji Dalam Pot Yang Benar"

Posting Komentar