✔ Cara Kerja Mesin Bensin 4 Tak Hingga Sisa Pembakaran
Pertama Bensin dan Udara dimasukkan melalui lubang Intake, kemudian terjadi Kompresi (Piston naik ketitik mati atas), pada ketika Piston posisi di puncak terjadi pengapian (oleh Spark Plug) terjadi pembakaran/peledakan, Piston tertekan menuju Titik mati bawah, sisa pembakaran (asap) dikeluarkan melalui lubang Exhaust. Urutan proses ini berulang terus menerus selama mesin hidup.
Cara Kerja Motor Bensin 4 Langkah
Torak bergerak naik turun di dalam silinder dalam gerakan reciprocating. Titik tertinggi yang dicapai oleh torak tersebut disebut titik mati atas (TMA) dan titik terendah disebut titik mati bawah (TMB). Gerakan dari TMA ke TMB disebut langkah torak (stroke). Pada motor 4 langkah memiliki 4 langkah dalam satu gerakan yaitu langkah penghisapan, langkah kompresi , langkah kerja dan langkah pembuangan.
Langkah hisap
Pada gerak hisap, campuran udara bensin dihisap ke dalam silinder. Bila jarum dilepas dari sebuah alat suntik dan plunyernya ditarik sedikit sambil menutup bab ujung yang terbuka dengan jari (alat suntik akan rusak kalau plunyer ditarik dengan tiba-tiba), dengan membebaskan jari akan menimbulkan udara masuk ke alat suntik ini dan akan terdengar bunyi letupan. Hal ini terjadi alasannya yaitu tekanan di dalam lebih rendah dari tekanan udara luar. Hal yang sama juga terjadi di mesin, torak dalam gerakan turun dari TMA ke TMB menimbulkan kehampaan di dalam silinder, dengan demikian gabungan udara bensin dihisap ke dalam. Selama langkah torak ini, katup hisap akan membuka dan katup buang menutup.
Langkah kompresi
Dalam gerakan ini gabungan udara bensin yang di dalam silinder dimampatkan oleh torak yang bergerak ke atas dari TMB ke TMA. Kedua katup hisap dan katup buang akan menutup selama gerakan tekanan dan suhu gabungan udara bensin menjadi naik. Bila tekanan gabungan udara bensin ini ditambah lagi, tekanan serta ledakan yang lebih besar lagi dari tenaga yang berpengaruh ini akan mendorong torak ke bawah. Sekarang torak sudah melaksanakan dua gerakan atau satu putaran, dan poros engkol berputar satu putaran
Langkah kerja
Dalam gerakan ini, gabungan udara bensin yang dihisap telah dibakar dan menimbulkan terbakar dan menghasilkan tenaga yang mendorong torak ke bawah meneruskan tenaga pelopor yang nyata. Selama gerak ini katup hisap dan katup buang masih tertutup. Torak telah melaksanakan tiga langkah dan poros engkol berputar satu setengah putaran
Langkah buangDalam gerak ini, torak terdorong ke bawah, ke TMB dan naik kembali ke TMA untuk mendorong gas-gas yang telah terbakar dari silinder. Selama gerak ini kerja katup buang saja yang terbuka. Bila torak mencapai TMA setelah melaksanakan pekerjaan menyerupai di atas, torak akan kembali pada keadaan untuk memulai gerak hisap. Sekarang motor telah melaksanakan 4 gerakan penuh, hisap-kompresi-kerja-buang. Poros engkol berputar 2 putaran, dan telah menghasilkan satu tenaga.
Di dalam mesin sebenarnya, membuka dan menutupnya katup tidak terjadi sempurna pada TMA dan TMB, tetapi akan berlaku lebih cepat atau lambat, ini dimaksudkan untuk lebih efektif lagi untuk anutan gas. Sumber http://harisok.blogspot.com
Cara Kerja Motor Bensin 4 Langkah
Torak bergerak naik turun di dalam silinder dalam gerakan reciprocating. Titik tertinggi yang dicapai oleh torak tersebut disebut titik mati atas (TMA) dan titik terendah disebut titik mati bawah (TMB). Gerakan dari TMA ke TMB disebut langkah torak (stroke). Pada motor 4 langkah memiliki 4 langkah dalam satu gerakan yaitu langkah penghisapan, langkah kompresi , langkah kerja dan langkah pembuangan.
Langkah hisap
Pada gerak hisap, campuran udara bensin dihisap ke dalam silinder. Bila jarum dilepas dari sebuah alat suntik dan plunyernya ditarik sedikit sambil menutup bab ujung yang terbuka dengan jari (alat suntik akan rusak kalau plunyer ditarik dengan tiba-tiba), dengan membebaskan jari akan menimbulkan udara masuk ke alat suntik ini dan akan terdengar bunyi letupan. Hal ini terjadi alasannya yaitu tekanan di dalam lebih rendah dari tekanan udara luar. Hal yang sama juga terjadi di mesin, torak dalam gerakan turun dari TMA ke TMB menimbulkan kehampaan di dalam silinder, dengan demikian gabungan udara bensin dihisap ke dalam. Selama langkah torak ini, katup hisap akan membuka dan katup buang menutup.
Langkah kompresi
Dalam gerakan ini gabungan udara bensin yang di dalam silinder dimampatkan oleh torak yang bergerak ke atas dari TMB ke TMA. Kedua katup hisap dan katup buang akan menutup selama gerakan tekanan dan suhu gabungan udara bensin menjadi naik. Bila tekanan gabungan udara bensin ini ditambah lagi, tekanan serta ledakan yang lebih besar lagi dari tenaga yang berpengaruh ini akan mendorong torak ke bawah. Sekarang torak sudah melaksanakan dua gerakan atau satu putaran, dan poros engkol berputar satu putaran
Langkah kerja
Dalam gerakan ini, gabungan udara bensin yang dihisap telah dibakar dan menimbulkan terbakar dan menghasilkan tenaga yang mendorong torak ke bawah meneruskan tenaga pelopor yang nyata. Selama gerak ini katup hisap dan katup buang masih tertutup. Torak telah melaksanakan tiga langkah dan poros engkol berputar satu setengah putaran
Langkah buangDalam gerak ini, torak terdorong ke bawah, ke TMB dan naik kembali ke TMA untuk mendorong gas-gas yang telah terbakar dari silinder. Selama gerak ini kerja katup buang saja yang terbuka. Bila torak mencapai TMA setelah melaksanakan pekerjaan menyerupai di atas, torak akan kembali pada keadaan untuk memulai gerak hisap. Sekarang motor telah melaksanakan 4 gerakan penuh, hisap-kompresi-kerja-buang. Poros engkol berputar 2 putaran, dan telah menghasilkan satu tenaga.
Di dalam mesin sebenarnya, membuka dan menutupnya katup tidak terjadi sempurna pada TMA dan TMB, tetapi akan berlaku lebih cepat atau lambat, ini dimaksudkan untuk lebih efektif lagi untuk anutan gas. Sumber http://harisok.blogspot.com
0 Response to "✔ Cara Kerja Mesin Bensin 4 Tak Hingga Sisa Pembakaran"
Posting Komentar