Tanaman Penyembuh Luka: Jarak Cina

Jatropha multifida L atau dikenal dengan jarak cina sanggup dimanfaatkan sebagai obat penyembuh luka secara cepat hanya dengan mengoleskan getah yang keluar dari batangnya beberapa kali dan bisa membentuk jaringan kulit gres yang tidak akan menciptakan luka menjadi bernanah. Jarak Cina merupakan tumbuhan endemik dari Amerika Selatan yang masuk ke dalam marga Euphorbiceae.


 sanggup dimanfaatkan sebagai obat penyembuh luka secara cepat hanya dengan mengoleskan geta Tanaman Penyembuh Luka: Jarak Cina
Jarak cina ialah tumbuhan yodium yang mengandung senyawa flavonoid dan tanin juga antibakteri dan beberapa senyawa alami lainnya yang sanggup menghasilkan jaringan kulit gres dengan cepat.

Tanaman ini banyak ditemui tumbuh subur di kawasan thailand dan Indonesia. Masyarakat Indonesia sering menyebut tumbuhan ini sebagai Yodium yang dipercaya sanggup penyembuhkan yang anyir muncul. Jarak Cina banyak ditemukan di halaman rumah masyarakat sebagai tanaman hias. Tanaman ini bisa tumbuh hingga 3 meter tingginya dan mempunyai karakteristik mirip pohon jarak pada umumnya namun mempunyai daun yang lebih kecil dibanding pohon jarak yang lain.


Tanaman Jarak Cina banyak dimanfaatkan di bidang medis utamanya sebagai obat infeksi. Penelitian yang dilakukan oleh Muntiaha dan kawan-kawan pada tahun 2014 menyebutkan krim getah yang terdapat pada Jarak Cina mempunyai konsentrasi 10% bisa mempercepat proses penyembuhan luka sayat yang terinfeksi oleh Staphylococcuc aureus. Penelitian lainnya dilakukan oleh Dougnon et al menawarkan kegiatan hemostatik yang sanggup mengurangi waktu pendarahan di luka. Dari kedua hasil penelitian tadi menawarkan kegiatan mikroba dan hemostatik diperoleh dari senyawa flavonoid dan tanin yang terkandung dalam tumbuhan Jarak Cina.


Selain tanin dan Flavonoid, dalam badan tumbuhan Jarak Cina juga terdapat senyawa lain yang terdapat pada tumbuhan ini antara lain multifidone, multidione, multifolone, (4E)-jatrogossidentadione acetate, (4E)-jatrogossidentadione, biobellein, multifolone, labaditin, multifidol glucosside, multifidol, dan multifidin A. Pada tumbuhan ini juga terdapat toksin golongan toxalbumin yang berjulukan jatropine yang bisa mengakibatkan aglutinasi dan hemolisis pada sel darah merah.


Ciri Fisik Jarak Cina


Tanaman Jarak Cina mempunyai ciri-ciri fisik yang sangat gampang dilihat ialah daunnya yang ibarat daun pepaya dan mempunyai bunga berwarna merah. Ketika masih berumur muda, batangnya berwarna hijau, namun sehabis makin renta warnanya bermetamorfosis putih kehijauan. Biji dari tumbuhan ini mempunyai racun yang sangat berbahaya. Di Indonesia, Jarak Cina ini mempunyai nama lain yang banyak sekali. Ada yang menyebutnya Balacai, Jarak tintir, dan Jarak Gurita. Di Afrika, pohon ini mempunyai naa miodine, dan di Inggris disebut dengan Coral Plant.


 


 sanggup dimanfaatkan sebagai obat penyembuh luka secara cepat hanya dengan mengoleskan geta Tanaman Penyembuh Luka: Jarak Cina
Tanaman jarak cina mempunyai buah berbentuk jantung dan bunga berwarna merah.

Jalatropha Multifida L. Atau jarak Cina ini merupakan tumbuhan tahunan yang berbentuk semak dan mempunyai akar tunggang. Batang pohon ini berkayu, bulat, bergetah, pangkalnya membesar, dan nampak sangat terperinci bekas menempelnya daun. Saat masih muda, gerigi pada daun belum terlihat. Daun yang dimiliki pohon ini tunggal dan berwarna hijau yang menyebar, ujungnya meruncing dan berbentuk hati. Pangkal daun berbentuk bulat, dengan panjang daun sekitar 15-20 cm dan lebar 2,5-4 cm. Tepi daun rata dan pertulangannya berbentuk menjari. Bunga Jarak Cina beragam dengan bentuk malai, mempunyai tangkai, dan bunga tumbuh di ujung cabang. Saat masih muda, bunganya mempunyai warna hijau dan akan berwarna merah sehabis tua. Bijinya berwarna putih dan akan bermetamorfosis cokelat ketika sudah tua.


Dari banyak sekali penelitian yang sudah pernah dilakukan, pohon Jarak Cina mempunyai kandungan kandungan kimia dan imbas farmakologis diantaranya mempunyai :



  • Rasa pahit

  • Bersifat netral


Bahan-bahan kimia yang terkandung di dalam tumbuhan ini antara lain adalah:



  • Kampesterol

  •  Diol

  •  Amirin

  • Sitosterol

  • Sigmaterol

  • HCN


Sedangkan pada batangnya terkandung alkaloid, flavonoid, saponin, dan tanin.

Sementara itu, kegunaan dari bahan-bahan yang terdapat di dalam batangnya tadi mempunyai manfaat antara lain:



  1. Alkaloid bersifat mempunyai kandungan atom nitrogen yang biasanya berasal dari asam amino

  2. Flavonoid mempunyai tugas sebagai anti radang (antiflamasi) sebagai antioksidan dan analgesik untuk mengurangi rasa sakit.

  3. Saponin mempunyai antibiotik yang bisa mempercepat penyembuhan luka alasannya ia bisa menghambat tumbuhnya basil jahat.

  4. Tanin merupakan polifenol tumbuhan yang mengikat dan juga mengendapkan protein.


Mengobati Luka Dengan Jarak Cina


 sanggup dimanfaatkan sebagai obat penyembuh luka secara cepat hanya dengan mengoleskan geta Tanaman Penyembuh Luka: Jarak Cina
Daunnya menyerupai daun buah pepaya yang mengandung getah. Aplikasikan getahnya pada luka dengan hati-hati.

Mengobati luka dengan tumbuhan Yodium ini sangat mudah. Hanya cukup memetik daunnya, dan oleskan getah yang keluar dari ujung batang di area yang terluka. Penggunaannya dilakukan sesering mungkin supaya efeknya cepat dirasakan. Meski terasa perih ketika getah dioleskan pada luka, namun beberapa ketika lalu akan tumbuh jaringan kulit gres yang mempunyai wwarna hitam dan akan menghindarkan luka dari adanya kemungkinan terjangkit infeksi. Luka yang diolesi daun Jarak Cina tadi tidak akan hingga mengeluarkan infeksi mirip luka lainnya dan akan sembuh dengan cepat dalam keadaan kering sehabis jaringan kulit gres yang berwarna hitam terkelupas.


Klik disini jika ingin membeli bibit tumbuhan jarak cina. Selain itu, masih banyak tumbuhan obat lainnya yang kami punya disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Tanaman Penyembuh Luka: Jarak Cina"

Posting Komentar