Surat Langsung - Klarifikasi & Contoh

Surat Pribadi - Telah sobat pelajari perihal jenis-jenis surat pada artikel sebelumnya, surat dibagi menjadi dua menurut pembuatanannya yaitu surat resmi dan surat pribadi. Surat yang sering kita buat yaitu surat pribadi. Nah, pada kesempatan kali ini akan menocoba menghadirkan suatu klarifikasi mengenai pengertian, jenis, ciri dan pola surat pribadi. Semoga dapat bermanfaat. Check this out!!!

A. Apa itu Surat Pribadi
Surat langsung yaitu surat yang ditulis atas nama langsung seseorang serta berisi duduk masalah langsung penulis, baik yang ditujukan kepada teman, keluarga maupun instansi tertentu. Contoh surat ini yaitu surat untuk keluarga, surat lamaran kerja, dan surat permohonan izin bangunan.

B. Jenis-jenis Surat Pribadi

Berdasarkan isi suratnya, surat langsung dibagi menjadi dua macam, yaitu:
  1. Surat Keluarga
    Surat keluraga yaitu surat yang ditulis oleh langsung yang ditujukan kepada orang lain, baik keluarga, soudara, ataupun sahabat. Isi surat keluarga biasanya bersifat langsung yang menyangkut masalah-masalah pribadi. Dulu, orang yang tinggal jauh dari orang bau tanah sering mengirim surat keluarga untuk sekedar memberitahu kabar dan lain sebagainya. Tapi sekarang, orang cenderung memakai telepon alasannya lebih praktis.

  2. Surat Setengah Resmi
    Surat setengah resmi yaitu surat yang dikirimkan oleh seseorang kepada instansi atau forum organisasi tertentu. Jenis surat ini contohnya surat lamaran kerja, permohonan IMB dan surat permohonan izin/cuti. Berbeda dengan surat keluarga, surat setengah resmi memakai bahasa yang sesuai EYD dan memakai kalimat yang efektif menyerupai pada surat resmi. Surat setengah resmi ini masih sering dipakai hingga sekarang.

C. Ciri-ciri Surat Pribadi

Untuk membedakan dengan surat resmi, beirkut ini yaitu beberapa ciri-ciri surat pribadi, dianaranya yaitu:
  1. Tidak memakai kop surat.
  2. Tidak mencantumkan nomor surat, lampiran serta perihal.
  3. Menggunakan format bebas.
  4. Menggunakan bahasa bebas untuk surat keluarga, dan bahasa resmi untuk surat setengah resmi.

D. Contoh Surat Pribadi

Berikut di bawah ini yaitu pola sederhana surat langsung baik surat keluarga maupun surat setengah resmi. Perhatikan, dan buat kreasi surat langsung sobat sendiri.
1. Surat Keluarga

 surat dibagi menjadi dua menurut pembuatanannya yaitu surat resmi dan surat langsung Surat Pribadi - Penjelasan & Contoh


2. Surat Setengah Resmi

 surat dibagi menjadi dua menurut pembuatanannya yaitu surat resmi dan surat langsung Surat Pribadi - Penjelasan & Contoh


Terima kasih sudah berkenan membaca klarifikasi di atas perihal Surat Pribadi, biar dapat bermanfaat bagi sobat seklian. Apabila ada dinatara sobat sekalian yang menemukan kesalahan baik berupa penulisan maupun pembahasan, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. ^^ Maju Terus Pendidikan Indonesia ^^

Sumber http://www.zonasiswa.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Surat Langsung - Klarifikasi & Contoh"

Posting Komentar