Strategi Pemecahan Persoalan Dengan Memakai Variabel

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat tiba di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian agar orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk nirwana semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue yaitu seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue sanggup nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini sanggup bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel perihal Strategi Pemecahan Masalah Dengan Menggunakan Variabel, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !

Strategi Pemecahan Masalah Dengan Menggunakan Variabel

Banyak dilema di matematika  sanggup diselesaikan dengan menuliskan hal yang tak diketahui dalam bentuk variabel. Salah satu manfaatnya yaitu seolah-olah kita telah memperoleh yang sedang dicari.
Kita praktikan pada teladan berikut ini :

Contoh :

Hitunglah nilai 1 + 2 + 3 + ... + 100 !!!

Jawaban :

1. Memahami Soal 

Kita harus menjumlahkan bilangan dengan pola tertentu. Kita sanggup menghitung satu persatu, tetapi kita hasuk memanfaatkan pola yang ada.

2. Memilih Strategi

Jumlah yang dicari sanggup ditulis dengan banyak sekali cara.

3. Melaksanakan Strategi

Jika jumlah yang dicari yaitu J, maka jumlah tersebut sanggup ditulis sebagai :
J = 1 + 2 + 3 +... + 98 + 99 + 100
J = 100 + 99 + 98 + ... + 3 + 2 + 1

Jumlah keduanya yaitu :
2J = 101 + 101 + 101 + ... + 101 + 101 + 101
2J = 101 x 100
2J = 10100

Dengan demikian jumlah yang dicari yaitu J = 5050.

4. Melihat Kembali

Dengan menjumlahkan menyerupai di atas kita sanggup melaksanakan penjumlahan di atas dengan lebih cepat.

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Saya sarankan baca artikel di bawah ini :
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.
Referensi :
  • Buku Olimpiade Matematika (Wono Setya Budhi Ph. D)

Sumber http://matematikaakuntansi.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Strategi Pemecahan Persoalan Dengan Memakai Variabel"

Posting Komentar