Seorang Pakar Security Menciptakan Wikipedia Di Deep Web

Wikipedia ialah sumber warta yang sangat penting, dan biasanya sangat gampang diakses untuk di negara-negara Barat. Namun, ada juga negara yang mem-blokir terusan penggunanya terhadap website Wikipedia ini. Contohnya Turki, yang memblokir warganya untuk mengakses situs tersebut pada bulan April lalu. Pemerintah Turki waktu itu juga menolak seruan banding Wikimedia Foundation. Untuk mengatasi hal ini, seorang pakar security menciptakan Wikipedia di Deep Web. Pembuatan situs unofficial Wikipedia ini ditujukan untuk warga yang negaranya melarang mengakses situs ensiklopedia gratis tersebut. Tujuannya tidak lain semoga pemerintah tidak sanggup melacak warganya yang mengakses situs tersebut.


Seorang Pakar Security Membuat Wikipedia di Deep Web


Mantan pakar keamanan Facebook, Alec Muffett, menciptakan layanan Wikipedia di Deep Web. Situs ini sanggup diakses melalui browser Tor, yang tujuannya untuk menyembunyikan identitas penggunanya. Lebih lagi, situs ini juga memakai onion servicenya sendiri untuk mengenkripsi semua kemudian lintas pengguna dengan kondusif ketika mereka berselancar di website kloning Wikipedia tersebut.





Alec Muffett sendiri telah meluncurkan sebuah onion service untuk Facebook pada tahun 2014. Dia juga kemudian merilis open-source Enterprise Onion Toolkit (EOTK) yang kemudian dipakai The New York Times untuk membangun layanan terenkripsi mereka sendiri. Namun, sebab Wikipedia di Deep Web ini sama sekali tidak terafiliasi dengan yayasan Wikimedia, maka hasil karya Muffett ini bida dibilang layanan yang tidak resmi dan mungkin saja masih banyak bug di dalamnya. Website ini memakai self-signed certificates yang tampaknya tidak sesuai dengan kebijakan keamanan Tor browser. Jadi, kalian perlu menambahkan pengecualian keamanan untuk halaman Wikipedia di Deep Web ini.


Dikutip dari Engadget, Muffett hanya akan menciptakan Wikipedia di Deep Web ini online selama beberapa hari ke depan. Wikipedia di Deep Web ini disebut Muffett sebagai sebuah konsep dan pondasi untuk situs ensiklopedia bebas di dark net/deep web. Muffet berharap untuk pihak Wikipedia semoga mengambil langkah untuk menciptakan karyanya official dan meng-adopsinya untuk dilanjutkan sebagai proyek dari Wikipedia foundation sendiri.



Sumber https://koalakontent.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Seorang Pakar Security Menciptakan Wikipedia Di Deep Web"

Posting Komentar