√ Pengertian Dan Jenis Kepemimpinan Atau Manager

Versi bahan oleh Ismawanto


Pengertian Jenis Kepemimpinan atau Manajer - Kegiatan administrasi sulit untuk mencapai sasaran dan tujuan yang ditetapkan tanpa adanya pemimpin dengan kepemimpinannya yang menyenangkan. Pemimpin yaitu unsur yang sangat memilih lancar tidaknya suatu organisasi

dalam mewujudkan sasaran dan tujuannya. Kepemimpinan merupakan inti dan motor penggerak acara manajemen. Untuk itulah dalam penggalan ini akan diuraikan perihal kepemimpinan (leadership) guna melengkapi pelaksanaan acara manajerial secara umum.



Pengertian Pemimpin
Sekarang, cobalah kau simak beberapa pendapat mengenai pengertian pemimpin di bawah ini untuk diperbandingkan.

a. Prof. Dr. Mr. S. Prajodi Atmosudirdjo,
menyatakan bahwa pemimpin yaitu orang yang mempengaruhi orang lain, semoga ini mau menjalankan apa yang dikehendakinya.
b. Prof. Dr. H. Arifin Abdurrachman,
merumuskan pemimpin sebagai orang yang sanggup menggerakkan orang lain yang ada di sekelilingnya untuk mengikuti jejak pemimpin itu.
c. Prof. Dr. Sarwono Prawirodihardjo,
menyatakan bahwa pemimpin yaitu orang yang berhasil menumbuhkan pada bawahannya rasa ikut serta bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang sedang diselenggarakan di bawah pimpinannya.

Dari beberapa pengertian di atas sanggup disimpulkan bahwa seseorang sanggup dikatakan pemimpin (leader) apabila orang tersebut sanggup memengaruhi tingkah laris perbuatan orang lain semoga sanggup menuruti kehendaknya, meskipun tidak ada ikatanikatan yang kokoh dalam suatu organisasi. Jadi, pemimpin sanggup timbul kapan dan di mana saja asalkan seseorang itu sanggup dan sanggup memengaruhi orang lain yang ada di sekelilingnya.

Pemimpin mempunyai kiprah utama untuk menjalankan fungsifungsi administrasi dengan baik, di antaranya sebagai perencana, organisator, koordinator, dinamisator, supervisor, pengambil keputusan, pemberi wewenang, penanggung jawab, pendidik, komunikator, penegak hukum, pemersatu, pengayom, orang tua, pelopor, pembimbing, dan mandataris.

Pengertian Jenis Kepemimpinan atau Manajer √ PENGERTIAN DAN JENIS KEPEMIMPINAN ATAU MANAGER


Tipe Pemimpin atau Manajer
Ada beberapa macam tipe atau jenis manajer, di antaranya sebagai berikut.

a. Manajer yang bersifat otokrasi (authocratic)
yaitu seorang manajer yang merasa dirinya terpandai dan serba bisa. Bawahan biasanya dianggap sebagai boneka saja, yang harus melakukan perintah-perintahnya. Manajer ini tidak mau mendelegasikan wewenangnya kepada bawahannya. Semua dikerjakan sendiri.
b. Manajer yang bersifat demokratis (democratic)
yaitu manajer yang tidak suka berbuat semena-mena terhadap bawahannya. Ia mendelegasikan setiap pekerjaan yang sanggup diberikannya kepada orang-orang yang ada di bawah pimpinannya. Segala sesuatu keputusan biasanya ditetapkan berdasarkan hasil musyawarah. Manajer ini sangat mengharapkan partisipasi dari bawahannya dalam setiap gerak dan acara perusahaan.
c. Manajer yang bersifat bebas (laissez faire)
yaitu manajer yang terlalu memperlihatkan kebebasan kepada bawahannya. Hanya bertindak sebagai lambang saja. Segala keputusan dan penentuan tujuan serta penyusunan rencana, fatwa kerja, prosedur, tata tertib diserahkannya kepada kebijakan bawahan.



Sementara itu, berdasarkan Blake dan Mouten gaya kepemimpinan seseorang sanggup digolongkan dalam lima macam, yaitu sebagai berikut.

a. Tipe pemimpin Deserter
yaitu gaya kepemimpinan terburuk dengan ciri-ciri kurang perhatian, baik terhadap produksi maupun manusia.
b. Tipe pemimpin Missionaris
yaitu gaya kepemimpinan yang berorientasi pada manusia, sehingga terlalu banyak memperhatikan insan dan kurang perhatian pada produksi.
c. Tipe pemimpin Kompromis
yaitu gaya kepemimpinan yang mempertahankan gaya berimbang, di mana perhatian diberikan secara merata antara produksi dan manusia.
d. Tipe pemimpin Otokrat
yaitu gaya kepemimpinan yang berorientasi pada produksi. Akibat terlalu memperhatikan produksi, maka kurang memperhatikan manusia.
e. Tipe pemimpin Eksekutif
yaitu puncak dari gaya kepemimpinan, di mana perhatiannya terhadap produksi dan insan sangat besar (lebih besar dari gaya kompromis).

Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Pengertian Dan Jenis Kepemimpinan Atau Manager"

Posting Komentar