√ Jurnal Epilog Perusahaan Dagang

Versi bahan oleh Ismawanto


Jurnal Penutup Perusahaan Dagang - Langsung saja kita bahas lewat bahan dibawah ini :

A. Pengertian Jurnal Penutup (Closing Entry)

Pada prinsipnya cara menciptakan jurnal epilog untuk perusahaan dagang tidak berbeda dengan menciptakan jurnal epilog pada perusahaan jasa. Pada selesai periode, saldo untuk perkiraan/akun sementara (perkiraan pendapatan, beban, dan Prive) harus dipindahkan ke asumsi tetap, atau ditutup dengan penyusunan jurnal penutup.

Jadi, jurnal epilog ialah jurnal untuk memindahkan saldo asumsi sementara ke asumsi tetap pada selesai periode akuntansi. Tujuannya untuk mengenolkan semua saldo asumsi sementara, selanjutnya dipindahkan ke asumsi modal (bagi perusahaan perseorangan atau persekutuan) atau ke asumsi keuntungan yang ditahan (bagi perusahaan perseroan/ PT). Sementara itu, sumber data untuk penyusunan jurnal epilog berasal dari kertas kerja/neraca lajur pada kolom keuntungan rugi dan kolom neraca untuk akun prive atau dividen.


B. Langkah-Langkah Penyusunan Jurnal Penutup

Sebagaimana yang kau ketahui dalam penyusunan jurnal epilog pada perusahaan jasa, untuk menyusun jurnal epilog perusahaan dagang mencakup langkah-langkah sebagai berikut.


1. Menutup semua akun Pendapatan, dengan cara mendebit akun pendapatan dan mengkredit akun ikhtisar laba/rugi. Jurnal penutupnya adalah:




2. Menutup semua akun Beban, dengan cara mendebit akun ikhtisar laba/rugi dan mengkredit akun beban. Jurnal penutupnya adalah:





3. Menutup akun Ikhtisar Laba/Rugi, untuk akun ini terdapat dua kemungkinan, yaitu:

a. Jika perusahaan memperoleh laba
Laba diperoleh jikalau akun ikhtisar laba/rugi sebelah kredit lebih besar dari akun ikhtisar laba/rugi sebelah debit. Jurnal penutupnya adalah



b. Jika perusahaan menderita rugi
Kerugian diderita jikalau akun ikhtisar laba/rugi sebelah debit lebih besar dari akun ikhtisar laba/rugi sebelah kredit. Jurnal penutupnya adalah:


4. Menutup akun Prive, dengan cara mendebit akun modal pemilik dan mengkredit akun prive pemilik. Jurnal penutupnya adalah:



Contoh:
Berdasarkan kertas kerja PD Asih Jaya, Semarang per 31 Desember 2005 (Tabel 2.4) sanggup disusun jurnal epilog sebagai berikut.


 Langsung saja kita bahas lewat bahan dibawah ini  √ JURNAL PENUTUP PERUSAHAAN DAGANG


Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Jurnal Epilog Perusahaan Dagang"

Posting Komentar