Ikatan Logam

Ikatan Logam - Setelah membahas dua jenis ikatan kimia lain yaitu Ikatan Ion dan Ikatan Kovalen, pada kesempatan kali ini akan melengkapi penjelasan-penejelasan sebelumnya dengan membahas mengenai ikatan kimia yaitu Ikatan Logam. Semoga bisa bermanfaat. Check this out!!!

A. Apa itu Ikatan Logam

Telah kita ketahui bahwa unsur logam mempunyai sedikit elektron valensi. Berarti, pada kulit luar atom logam terdapat banyak orbital kosong. Hal ini menjadikan elektron valensi unsur logam sanggup bergerak bebas dan sanggup berpindah dari satu orbital ke orbital lain dalam satu atom atau antar atom. Unsur logam merupakan penghantar listrik dan panas yang baik. Atomatom logam dikelilingi oleh elektron valensi yang membaur membentuk awan elektron yang mencakup semua atom. Suatu logam terdiri atas ion-ion kasatmata yang diselimuti awan elektron.

"Jadi, ikatan logam ialah gaya tarikmenarik antara ion-ion kasatmata dengan elektron-elektron pada kulit valensi dari suatu atom unsur logam."

Ikatan kimia antara atom-atom penyusun logam bukanlah ikatan ion ataupun ikatan kovalen. Ikatan ion tidak memungkinkan lantaran semua atom logam cenderung ingin melepas elektron. Demikian pula dengan ikatan kovalen. Atom logam mempunyai jumlah elektron valensi yang terlalu sedikit sehingga sulit membentuk ikatan kovalen. Terdapat satu jenis ikatan yang sanggup mengikat atom-atom logam yaitu ikatan logam.

Salah satu teori sederhana yang menjelaskan perihal ikatan ini ialah teori lautan elektron. Menurut teori ini, atom logam harus berikatan dengan atom-atom logam yang lain untuk mencapai konfigurasi elektron gas mulia. Dalam model ini, setiap elektron valensi bisa bergerak bebas di dalam tumpukan berdiri logam atau bahkan meninggalkannya sehingga menghasilkan ion positif. Elektron valensi inilah yang membawa dan memberikan arus listrik. Gerakan elektron valensi ini jugalah yang sanggup memindahkan panas dalam logam.

 Setelah membahas dua jenis ikatan kimia lain yaitu Ikatan Ion dan Ikatan Kovalen Ikatan Logam


B. Sifat Fisis Logam

Beberapa sifat fisis logam antara lain:

  1. Berupa padatan pada suhu ruang.
    Atom-atom logam bergabung lantaran adanya ikatan logam yang sangat berpengaruh membentuk struktur kristal yang rapat. Hal itu menjadikan atom-atom tidak mempunyai kebebasan untuk bergerak. Pada umumnya logam pada suhu kamar berwujud padat, kecuali raksa (Hg) berwujud cair.

  2. Bersifat keras tetapi lentur/tidak gampang patah bila ditempa.
    Adanya elektron-elektron bebas menjadikan logam bersifat lentur. Hal ini dikarenakan elektron-elektron bebas akan berpindah mengikuti ion-ion kasatmata yang bergeser sewaktu dikenakan gaya luar.

  3. Mempunyai titik leleh dan titik didih yang tinggi.
    Diperlukan energi dalam jumlah besar untuk tetapkan ikatan logam yang sangat berpengaruh pada atom-atom logam.

  4. Penghantar listrik yang baik.
    Hal ini disebabkan terdapat elektron-elektron bebas yang sanggup membawa muatan listrik bila diberi suatu beda potensial.

  5. Mempunyai permukaan yang mengkilap

  6. Memberi imbas foto listrik dan imbas termionik.
    Apabila elektron bebas pada ikatan logam memperoleh energi yang cukup dari luar, maka akan sanggup menjadikan terlepasnya elektron pada permukaan logam tersebut. Jika energi yang tiba berasal dari berkas cahaya maka disebut imbas foto listrik, tetapi bila dari pemanasan maka disebut imbas termionik.

Semoga artikel tersebut di atas perihal Ikatan Logam bisa bermanfaat bagi teman sekalian yang membacanya. Jika ada dari teman sekalian yang menemukan kesalahan baik berupa penulisan maupun pembahasan, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Terima kasih. ^^ Maju Terus Pendidikan Indonesia ^^

Sumber http://www.zonasiswa.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Ikatan Logam"

Posting Komentar