Google For Jobs: Cara Gampang Mencari Lowongan Pekerjaan

Pada Juni 2017 lalu, Google secara resmi meluncurkan fitur atau layanan pencarian lowongan pekerjaan gres yang pribadi sanggup diakses di halaman hasil pencariannya. Nama dari layanan ini ialah Google for Jobs. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk mencari lowongan pekerjaan di banyak sekali situs pekerjaan online seperti LinkedIn, Monster, dll. Teknologi ini memberi pilihan bagi pengguna untuk menelusuri lowongan pekerjaan berdasarkan lokasi, waktu pengumuman, dan perusahaan yang memerlukan tenaga baru.


Google for Jobs mengadopsi alogaritma teknologi kecerdasan buatan (AI) di mesin pencari Google. Hanya saja, pencariannya dikhususkan untuk mencari lowongan pekerjaan. Tujuan penting dari layanan ini ialah untuk memberi calon pekerja cara gampang melihat lowongan pekerjaan mana yang tersedia tanpa harus membuka beberapa situs yang berisi lowongan yang sama dan tidak relevan.


Cara memakai Google for Jobs


Layanan ini masih sanggup dipakai atau diakses dalam bahasa Inggris, dan belum tersedia untuk negara Indonesia. Ketika pengguna mengetikkan pencarian pekerjaan, hasil yang keluar masih berupa laman pencarian hasil menyerupai biasa. Sebab, untuk layanan ini Google memberi tampilan hasil pencarian khusus. Hasil pencarian pekerjaan akan ditampilkan dalam bentuk kartu-kartu. Namun, Google menyediakan alternative lain bagi pengguna yang masih ingin memakai teknologi ini. Pengguna sanggup mengunjungi laman Google Careers dan memakai filter yang tersedia sesuai kebutuhan.


 secara resmi meluncurkan fitur atau layanan pencarian lowongan pekerjaan gres yang langsu Google for Jobs: Cara Praktis Mencari Lowongan Pekerjaan
Credit: TechCrunch

Selebihnya, layanan ini sanggup diakses melalui desktop dan smartphone pengguna. Cara menggunakannya juga cukup mudah. Pengguna hanya diminta untuk mengetik kata kunci seperti “lowongan pekerjaan di akrab saya”“lowongan pekerjaan sebagai reporter”, dsb. Setelah hasil pencarian keluar, pengguna juga sanggup mem-filter pekerjaan berdasarkan perusahaan, lokasi, ketika dipublish, dan juga atasannya. Pengguna juga sanggup mengaktifkan notifikasi untuk mendapat notifikasi jikalau ada lowongan kerja gres yang sesuai dengan hasil personalisasi pengguna yang diterapkan sebelumnya.


Untuk menciptakan daftar pekerjaan yang komprehensif ini, Google terlebih dahulu harus menghapus semua lowongan yang sama yang dipublish oleh pembuat lowongan. Kemudian, algoritma AI pencarian Google menyaring dan mengkategorikannya. Situs pekerjaan online seperti LinkedIn, Monster, dll memudahkan Google untuk melaksanakan tugasnya. Pasalnya, situs situs ini sering kali memakai setidaknya beberapa markup spesifik untuk membantu mesin pencari memahami bahwa hal yang diposting merupakan suatu lowongan pekerjaan.


Begitu pengguna menemukan pekerjaan, Google akan mengarahkan pengguna ke situs kerja untuk memulai proses melamar. Untuk pekerjaan yang muncul di beberapa situs, Google akan mengarahkan pengguna ke situs dengan spesifikasi yang paling lengkap.


Untuk kebaikan bersama, Google tidak ingin campur tangan terhadap jalannya proses pelamaran pekerjaan tersebut. Google juga tidak ingin menangani proses apa pun sesudah pengguna menemukan pekerjaan dalam layanannya.



Sumber https://koalakontent.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Google For Jobs: Cara Gampang Mencari Lowongan Pekerjaan"

Posting Komentar