√ Fungsi, Laba Dan Kelemahan Pasar Valuta Asing

Versi materi oleh Ismawanto


Fungsi, Keuntungan, dan Kelemahan Pasar Valuta Asing - Pasar Valuta Asing (Valas) yaitu pasar yang memperdagangkan valuta ajaib atau uang ajaib dan sebagai forum pasar di mana orang sanggup memperoleh kemudahan untuk melaksanakan pembayaran atau mendapatkan pembayaran dari penduduk negara lain. Secara umum, ajakan atau penawaran valuta ajaib dilakukan di bursa valuta ajaib yang diselenggarakan oleh bank atau forum keuangan lainnya.



Pertemuan antara ajakan dan penawaran valuta ajaib akan membentuk kurs atau nilai tukar (exchange rate). Kurs valuta ajaib terdiri atas dua macam:
1. kurs jual, yaitu kurs yang berlaku apabila bank atau forum keuangan lainnya menjual/mengeluarkan uang asing.
2. kurs beli, yaitu kurs yang berlaku apabila bank atau forum keuangan lainnya membeli/menerima uang asing.



Pasar valuta ajaib mengalami pertumbuhan yang pesat pada awal dekade 70-an. Pasar valuta ajaib sanggup tumbuh dengan pesat antara lain disebabkan oleh hal-hal berikut.
1. Pergerakan nilai valuta ajaib yang mengalami pergerakan cukup signifikan sehingga menarik beberapa kalangan tertentu untuk berkecimpung di dalam pasar valuta asing.
2. Bisnis yang semakin mengglobal, di mana semakin sengitnya persaingan bisnis menciptakan perusahaan harus mencari sumber daya gres yang lebih murah dan tersedia hamper di seluruh dunia sehingga menjadikan ajakan akan mata uang suatu negara tertentu.
3. Perkembangan telekomunikasi yang begitu cepat dan adanya sarana yang memudahkan para pelaku pasar untuk berkomunikasi sehingga transaksi lebih gampang dilakukan.
4. Keuntungan yang di peroleh di pasar valuta yang cenderung besar meningkatkan keinginan aneka macam pihak untuk berusaha memperoleh gain dari pergerakan valuta asing. Pasar valuta ajaib meliputi wilayah yang tanpa batas yaitu meliputi hampir seluruh dunia.


Fungsi Pasar Valuta Asing

Fungsi pasar valuta ajaib di antaranya adalah:

a. mempermudah pertukaran valuta ajaib (valas) serta pemindahan dana dari satu negara ke negara lain sehingga memungkinkan terjadinya kliring internasional;
b. sebagai penyedia kredit, artinya pasar valuta ajaib menunjukkan kemudahan untuk dilaksanakannya perjanjian atau kontrak jual beli dengan kredit;
c. membatasi risiko, artinya pada pasar valuta ajaib memungkinkan dilakukannya hedging (membatasi risiko terhadap kemungkinan perubahan harga);
d. spekulasi, artinya pada pasar valuta ajaib orang sanggup melaksanakan spekulasi mendapatkan bahkan mencari risiko dengan impian mendapatkan keuntungan.


Produk Pasar Valuta Asing

Mata uang dunia yang biasa diperdagangkan di pasar valuta
ajaib terdiri atas tujuh macam, yaitu:
a. Dollar Amerika (US$)
b. Poundsterling Inggris (GBP)
c. Euro Dolar (EUR)
d. Swiss Franc (CHF)
e. Japanese Yen (JPY)
f. Australian Dolar (AUD)
g. Canadian Dolar (CAD)

Pasar valuta ajaib sanggup terjadi di bank atau kawasan penukaran valuta ajaib (money changer), sedangkan nilai kursnya sanggup diberikan pola dari media cetak berikut ini.


 yaitu pasar yang memperdagangkan valuta ajaib atau uang ajaib dan sebagai forum pasar  √ FUNGSI, KEUNTUNGAN DAN KELEMAHAN PASAR VALUTA ASING



Keuntungan dan Kelemahan Adanya Pasar Valuta Asing

Keuntungan adanya pasar valuta ajaib di antaranya:

a. hubungan perdagangan antarnegara semakin berkembang,
b. mempermudah pertukaran uang bagi seseorang yang memerlukan transaksi di luar negeri,
c. mendorong berkembangnya ekspor dan impor.

Adapun kelemahan adanya pasar valuta ajaib adalah:
a. perubahan kurs akan mendorong spekulasi,
b. menjadikan inflasi (kenaikan harga barang secara umum),
c. kalau negara sedang resesi, akan mendorong kebijakan devaluasi.

Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Fungsi, Laba Dan Kelemahan Pasar Valuta Asing"

Posting Komentar