√ Dinamika Jumlah Penduduk Indonesia


Dinamika Jumlah Penduduk Indonesia - Jumlah penduduk sanggup diketahui dengan cara sensus penduduk, pendaftaran penduduk, dan survei penduduk. Sensus Penduduk (cacah jiwa); ialah penghitungan jumlah penduduk oleh Pemerintah dalam jangka waktu tertentu secara serentak. Sensus penduduk dilaksanakan tiap 10 tahun dan dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Pemerintah Indonesia telah melaksanakan sensus penduduk pada tahun 1930, 1961, 1970, 1980, 1990 dan 2000. Kegiatan sensus penduduk mencakup aktivitas pengumpulan, pengolahan, penilaian, penganalisaan dan penyajian data-data kependudukan. Data yang disajikan mencakup data demografi, sosial, ekonomi dan lingkungan hidup. Selanjutnya data-data tersebut sanggup dipergunakan untuk banyak sekali keperluan contohnya untuk materi perencanaan kebijakan pembangunan.


Sensus penduduk ada dua macam, yaitu:
Sensus de facto ialah penghitungan/pencacahan terhadap setiap penduduk yang berada di suatu wilayah dikala sensus dilaksanakan.
Sensus de yure ialah penghitungan/pencacahan terhadap penduduk yang benarbenar bertempat tinggal di wilayah yang dilaksanakan sensus. Makara penduduk yang hanya bertamu atau menumpang tidak ikut didata.




Hasil sensus penduduk Indonesia, antara lain:
tahun 1920 = 34,3 juta jiwa 
tahun 1980 = 147,5 juta jiwa
tahun 1930 = 60,7 juta jiwa 
tahun 1990 = 179,3 juta jiwa
tahun 1961 = 97,1 juta jiwa 
tahun 2000 = 209,6 juta jiwa
tahun 1971 = 119,2 juta jiwa

Survei penduduk, ialah aktivitas yang dilakukan oleh pemerintah untuk melaksanakan penelitian dan menyediakan data statistik kependudukan pada waktu dan tempat tertentu. Survei yang dilakukan mencakup survei ekonomi nasional, survei angkatan kerja nasional dan survei penduduk antarsensus (SUPAS). Sedangkan pendaftaran ialah proses aktivitas pemerintah yang mencakup pencatatan kelahiran, kematian, perkawinan, perceraian, perubahan tempat tinggal dan perubahan pekerjaan secara rutin. Pencatatan ini terutama dilakukan di tingkat pemerintah terendah ialah kelurahan.

Sekarang, jumlah penduduk Indonesia menempati urutan keempat terbesar dunia sesudah RRC, India dan Amerika Serikat. Sebelumnya, dikala Uni Soviet belum bubar, Indonesia menempati urutan kelima.

 Jumlah penduduk sanggup diketahui dengan cara sensus penduduk √ Dinamika Jumlah Penduduk Indonesia


Pada tabel tersebut, Indonesia di tempat Asia Tenggara menempati urutan pertama. Di dunia menempati urutan ke empat dan di Asia menempati urutan ketiga. Dari tabel di atas bila jumlah penduduk 5 negara ialah RRC, India, Amerika Serikat, Indonesia, dan Brazil maka jumlahnya 2.890.800.000 jiwa. Jumlah tersebut berarti lebih dari setengah (50%) penduduk dunia.






Sekian mengenai Dinamika Jumlah Penduduk Indonesia, supaya ini bermanfaat.a


Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Dinamika Jumlah Penduduk Indonesia"

Posting Komentar