Definisi Dan Fungsi Dari Project Treble Di Android Oreo

Dibutuhkan waktu yang cukup usang bagi suatu ponsel Android untuk melaksanakan upgrade OS; terutama ponsel Android yang bukan besutan Google, menyerupai ponsel Samsung, Huawei, Xiaomi, dll. Untuk mengatasi hal ini, Google berhubungan dengan para vendor (device makers), menyerupai Samsung, Huawei, dll. Mereka akan mencoba menciptakan modul gres di dalam OSnya yang akan dimulai dengan rilisnya Android Oreo. Google manamai modul ini dengan Project Treble. Berikut lengkapnya definisi dan fungsi dari Project Treble di Android Oreo.


Saat ini, ponsel Android non-Nexus dan non-Pixel harus melewati beberapa langkah untuk melaksanakan upgrade Android. Inilah yang menjadikan lamanya waktu yang dibutuhkan perangkat Android non-Nexus dan non-Pixel untuk melaksanakan upgrade. Jadi, tidak heran jikalau perangkat besutan Google, menyerupai Nexus dan Pixel, mendapatkan upgrade OS terlebih dahulu.


Definisi dan Fungsi dari Project Treble di Android Oreo


Sebagai contoh, versi terbaru Android ialah Android 7.1 Nougat. Mulai tanggal 2 Mei 2017, hanya 0,5% smartphone Android yang aktif dipakai memakai versi Android tersebut. Sebenarnya, versi Android yang paling terkenal ketika ini ialah Android 6.0, yang mempunyai 31,2% perangkat, meski diluncurkan pada tahun 2015. Bahkan, Android 4.4 KitKat masih terpasang pada 18,8% perangkat aktif, hampir empat tahun sesudah diluncurkan. Diambil dari data ini, kebanyakan perangkat Android membutuhkan waktu yang usang untuk melaksanakan upgrade OS.


Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan setiap vendor untuk melaksanakan upgrade OS pada perangkatnya:


Dibutuhkan waktu yang cukup usang bagi suatu ponsel  Definisi dan Fungsi dari Project Treble di Android Oreo
© Android Developers Blog

Untuk mengatasi hal ini, Google dan beberapa vendor akan bekerja sama meng-imlementasikan basis modular di perangkat ponsel yang berbasis Android Oreo. Hasil implementasi ini Google beri nama Project Treble. Google beropini bahwa hal ini merupakan langkah yang sempurna dalam mengatasi lamanya waktu yang dibutuhkan suatu perangkat Android untuk melaksanakan upgrade.


Baca juga: Daftar Smartphone Yang Menerima Update Project Treble


Dengan Projek Treble, Google ingin menghilangkan vendor implementation yang dibentuk vendor (seperti fitur bawaan dan driver) dari framework utama OS Android mereka. Artinya, akan ada banyak instruksi yang perlu diperbarui oleh device makers (manufacturers) saat perangkat mereka akan beralih ke versi Android yang lebih baru. Namun, Google ingin menghapus vendor implementation yang memberi saluran ke bab khusus dari hardware Android, sehingga pembuat perangkat sanggup memperlihatkan update Android gres kepada pengguna hanya dengan melaksanakan update framework pada Android mereka.


Anggap saja menyerupai ini: bila framework Android bercampur dengan fitur bawaan dari vendor, dengan instruksi yang berbeda dengan yang dibentuk Google, maka pihak device makers akan kesusahan dalam memperlihatkan update OS Android terbaru ke dalam ponsel mereka. Namun, jikalau instruksi inti framework Android dipisahkan dari instruksi fitur bawaan dari vendor menyerupai Samsung atau Huawei, maka pihak device makers akan secara cepat sanggup memperlihatkan pengguna update OS Android terbaru, alasannya ialah vendor menyerupai Samsung dan Huawei tidak perlu mengubah kodenya. Inilah yang dimaksudkan oleh Google dengan memperkenalkan Project Treble di perangkat Android Oreo mereka yang baru.


Kesimpulan


Project Treble ialah modul gres dari Google yang memisahkan vendor implementation (seperti fitur bawaan dan driver) yang ada di sebuah smartphone dari framework pada OS Android-nya. Modul ini berfungsi untuk memudahkan device makers (manufacturers) dalam melaksanakan upgrade OS Android pada perangkat smartphone mereka.


Definisi dan Fungsi dari Project Treble di Android Oreo ini sangat mempunyai kegunaan bagi para pecinta smartphone. Karena, dikutip dari TechRadar, Project Treble merupakan salah satu update yang terpenting yang pernah dikeluarkan oleh Google. Project Treble ini sudah ada di versi developer preview pertama untuk OS Android Oreo, dan akan diimplementasikan ke semua perangkat gres yang diluncurkan dengan Android Oreo. Untuk daftar smartphone yang mendapatkan update Project Treble, kalian sanggup melihatnya di sini: Daftar Smartphone Yang Menerima Update Project Treble.



Sumber https://koalakontent.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Definisi Dan Fungsi Dari Project Treble Di Android Oreo"

Posting Komentar