Daftar Macam-Macam Tanaman Obat Dan Khasiatnya

Salah satu alternatif untuk menjaga kesehatan ialah dengan memakai tanaman obat atau herbal. Karena itu ada baiknya untuk menciptakan taman toga di rumah. Sebelum itu, Anda perlu mengetahui flora apa saja yang termasuk dalam flora obat sekaligus khasiatnya bagi kesehatan. Sebagian Anda mungkin tidak menyangka bila flora tersebut ternyata ialah flora obat. Padahal, Anda sering sekali menggunakannya sebagai materi memasak di dapur. Berikut ialah beberapa daftar flora obat dan khasiatnya sekalian kami tuliskan biar sanggup Anda ketahui keuntungannya 🙂


Salah satu alternatif untuk menjaga kesehatan ialah dengan memakai  Daftar Macam-Macam Tanaman Obat dan Khasiatnya


Seledri


Yang satu ini bukan hanya merupakan flora obat murni, tapi juga merupakan bumbu dapur. Dikenal di Indonesia sebagai daun sop atau seledri. Dan ketika ini ada lagi varietas seledri yang lagi getol-getolnya dibudidayakan atau naik daun, yaitu seledri jepang atau ashitaba. Kami pernah menciptakan artikel ihwal pengenalan seledri jepang ashitaba tersebut. Saat ini marak buat tehnya. Balik lagi ke seledri pada umumnya, siapa yang tidak mengenal flora yang satu ini? Seledri yang sering sekali dipakai sebagai materi tambahan kuliner ini ternyata mengandung banyak khasiat untuk kesehatan manusia. Seledri menentukan nama ilmiah Apium graveolens. Hal ini tidak lepas dari kandungan yang ada pada flora ini sendiri.


Salah satu alternatif untuk menjaga kesehatan ialah dengan memakai  Daftar Macam-Macam Tanaman Obat dan Khasiatnya
Tanaman seledri sebagai obat. Seledri biasanya ditanam berkelompok, selain sebagai bumbu masak juga tersohor sebagai flora obat yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan.

Ciri-Ciri Tanaman Seledri:



  1. Tidak terlalu tinggi (rata-rata tinggi seledri tidak lebih dari 1 meter)

  2. Tangkainya kecil dan pendek dengan daun yang melebar menyerupai kipas

  3. Bunganya beragam dan berkarang

  4. Memiliki biji atau buah berwarna coklat gelap.


Kegunaan Seledri untuk Kesehatan:



  1. Mencegah risiko penyakit darah tinggi

  2. Anti rematik

  3. Pembangkit nafsu makan

  4. Mengandung minyak atsiri


Kandungan dan Manfaat Daun Seledri


Ada beberapa kandungan yang dimiliki oleh daun seledri yang bermanfaat bagi kesehatan. Misalnya, kandungan kalsium dan fosfornya yang tinggi sehingga sanggup dipakai sebagai obat asam urat. Selain itu, daun seledri juga kaya akan vitamin. Setidaknya ada 5 jenis vitamin menyerupai vitamin A, B1, B2, B6, dan C yang terkandung pada flora seledri. Selain itu, flora seledri juga tinggi kandungan potasium, folat, magnesium, besi, natrium serta asam amino. Dengan mengkonsumsi seledri Anda juga akan terhindar dari penyakit yang berafiliasi dengan ginjal. Tanaman seledri juga sangat bermanfaat bagi Anda yang sedang menderita tekanan darah tinggi. Seledri juga mengandung setidaknya 8 senyawa anti kanker.


Cara Mengkonsumsi Seledri untuk Kesehatan


Untuk Anda yang sedang menderita alasannya ialah penyakit asam urat, cobalah merebus beberapa biji seledri dengan segelas air. Rebus hingga mendidih kemudian minum selagi hangat. Minum rebusan air biji seledri tersebut setiap pagi.

Untuk Anda yang ingin menurunkan tensi sekaligus membersihkan ginjal, potong-potong seikat daun seledri. Rebus potongan daun seledri tersebut dengan air dalam panci. Ada baiknya untuk merebus mengunakan api kecil. Setelah mendidih biarkan hingga hangat kemudian minum air rebusannya setiap pagi.


Belimbing Wuluh


Salah satu flora toga lain yang sering dipakai dalam kuliner ialah belimbing wuluh. Nama ilmiah dari flora obat yang satu ini ialah Averrhoa bilimbi.


Salah satu alternatif untuk menjaga kesehatan ialah dengan memakai  Daftar Macam-Macam Tanaman Obat dan Khasiatnya
Belimbing wuluh sebagai obat untuk kesehatan. Buah belimbing yang sangat asam rasanya (juga sebagai bumbu kuliner terutama kuliner Asia) ternyata berguna sangat baik untuk kesehatan manusia.

Ciri-Ciri Tanaman Belimbing Wuluh



  1. Pohonnya tinggi mencapai ukuran 5 meter

  2. Batangnya pajang namun tidak besar berdiameter 30 cm saja

  3. Buahnya muncul dari percabangan berbentuk lonjong dan berwarna hijau

  4. Rasa buahnya sangat asam


Kegunaan Belimbing Wuluh untuk Kesehatan


Dari buahnya yang kecil dan asam tersebut, belimbing wulus sangat bermanfaat untuk mengobati banyak sekali macam penyakit. Anda sanggup memakai belimbing wuluh untuk mengobati penyakit batuk, diabetes, sakit gigi, jerawat, panu, hipertensi, dan sariawan.


Kandungan yang Terdapat dalam Belimbing Wuluh


Belimbing wuluh mengandung vitamin C yang tinggi. Karena itu, buahnya sangat baik untuk mengobati sariawan dan problem gusi. Kandungan lain pada belimbing wuluh ialah glukosid, tannin, asam folat, peroksida, kalsium, sulfur, dan kalium sulfat.


Cara Menggunakan Belimbing Wuluh sebagai Obat



  • Jika Anda sedang mengalami sariawan atau gusi berdarah, gunakan bunga belimbing wuluh. Rebus bunga dengan air dan gula jawa hingga mendidih. Setelah hangat gunakan air rebusan untuk berkumur.

  • Jika Anda sedang menderita alasannya ialah batuk, coba rebus daun, bunga dan buah belimbing wuluh. Rebus kurang lebih 30 menit atau hingga mendidih. Setelah itu, minum air rebusan hingga batuk sembuh.

  • Jika Anda sedang diserang penyakit kulit, maka haluskan belimbing wuluh dengan air kapur sirih. Kemudian oleskan ramuan tersebut 2 kali sehari hingga penyakit hilang.


Lidah Buaya


Jangan hingga terlewat menanam lidah buaya di taman toga Anda. Tanaman dengan nama unik alasannya ialah bentuknya yang memang menyerupai mirip pengecap binatang biaya ini berjulukan ilmiah Aloe vera dan sangat berguna, mempunyai banyak manfaat sebagai tanaman obat keluarga.


Salah satu alternatif untuk menjaga kesehatan ialah dengan memakai  Daftar Macam-Macam Tanaman Obat dan Khasiatnya
Daun pengecap buaya yang telah dipotong. Tekstur isi dalam daun pengecap buaya menyerupai gel, gel inilah yang dimanfaatkan untuk aneka keperluan termasuk untuk tujuan konsumsi. Gel tersebut bernilai positif bagi kesehatan manusia, dan juga biasanya dioleskan pada kepala untuk mempertebal atau memperindah rambut (tujuan kecantikan).

Ciri-Ciri Tanaman Lidah Buaya



  1. Berwarna hijau dengan duri di bab sisi-sisinya

  2. Dapat tumbuh di kawasan kering

  3. Berlendir ketika dipotong

  4. Bagian dalam daun mempunyai daging berwarna bening dengan tekstur menyerupai agar-agar


Kegunaan untuk Kesehatan


Tanaman ini mempunyai banyak sekali kegunaan untuk kesehatan. Umumnya, dipakai untuk perawatan kulit dan kecantikan. Bahkan, pengecap buaya juga dipakai sebagai obat kanker. Wahyono E dan Kusnandar (2002), pengecap buaya juga sanggup dipakai untuk mengatasi diabetes, mengontrol tekanan darah, dan pemenuhan nutrisi untuk penderita AIDS dan kanker.


Kandungan pada Tanaman Lidah Buaya


Ada beberapa kandungan zat pada pengecap buaya menyerupai asam amino, enzim, mineral, vitamin, dan polisakarida. Lidah buaya juga mengandung aloe emodin. Bahkan, pengecap buaya mengandung semua jenis vitamin kecuali vitamin D.


Cara Menggunakan Lidah Buaya untuk Kesehatan


Saat ini pengecap buaya sanggup diolah hingga sanggup dikonsumsi sebagai minuman sehat. bila Anda mengalami problem pada kulit kepala, coba saja potong pengecap buaya kemudian oleskan pada rambut hingga merata. Jika ada problem pada kulit, campurkan pengecap buaya dengan madu kemudian oleskan pada bab kulit yang bermasalah. Tak hanya berdampak pada badan langsung, lidah buaya sanggup juga dipakai sebagai flora pembersih udara dalam ruangan.


Temu Lawak


Temu lawak mempunyai nama ilmiah Curcuma xanthorrhiza. Temu lawak dipercaya memilki banyak sekali manfaat untuk kesehatan badan dan temu lawak juga bermanfaat untuk kecantikan.


Salah satu alternatif untuk menjaga kesehatan ialah dengan memakai  Daftar Macam-Macam Tanaman Obat dan Khasiatnya
Gambar daun. bunga, dan rimpang temu lawak.

Ciri-Ciri Tanaman Temulawak



  1. Batangnya semu dengan tinggi lebih dari 1 meter

  2. Daunnya berwarna hijau dan keunguan

  3. Bunganya indah dan eksotis

  4. Buah rimpangnya berwarna coklat renta dan beraroma tajam


Manfaat Temulawak untuk Kesehatan


Temulawak sanggup dipakai untuk banyak sekali keperluan kesehatan. Misalnya, temulawak sanggup dipakai untuk obat jerawat, mengatasi problem pencernaan, problem peradangan, limfa, ginjal dan lain sebagainya.


Zat-Zat yang Terkandung dalam Temulawak


Ada beberapa kandungan yang sangat bermanfaat dari temulawak. Seperti, turmerol, felladrean, glukosida, kurkunim. Semua kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk mengatasi peradangan, ginjal dan anti racun.


Cara Menggunakan Temulawak sebagai Obat


Biasanya bab yang dipakai ialah bab rimpangnya. Caranya ialah dengan mengiris tipis-tipis bab rimpang temu lawak tersebut. Setelah dibiarkan selama 5 menit, kemudian rebus temulawak tersebut. Rebus dengan air sekitar 5 hingga 7 gelas. Rebus hingga mendidih kemudian saring. Air rebusan temulawak tersebut sanggup dikonsumsi selagi hangat. Biasanya, Anda diharuskan meminum air tersebut setidaknya 1 gelas setiap hari hingga penyakit yang Anda derita sembuh. Temu lawak juga sanggup dikombinasikan dengan materi lain. Rebus temulawak yang sudah diparut halus. Tambahkan materi lain menyerupai asam, gula kelapa. Setelah itu, rebus hingga mendidih. Tunggu hingga air sedikit hangat. Setelah itu, saring hingga tidak ada ampasnya. Minum air rebusan tersebut setidaknya 1 gelas setiap hari. Dengan ramuan tersebut Anda sanggup mengatasi problem maag akut yang Anda derita. Temu lawak juga sanggup dipakai untuk mengatasi nyeri haid bila diminum secara teratur.


Daftar flora obat dalam artikel ini hanya sedikit jumlahnya, berhubung ada banyak sekali flora obat yang dikenal di Indonesia dan niscaya menghabiskan banyak sekali goresan pena untuk memuat semua flora tersebut. Jika Anda ingin melihat lebih lanjut daftar lengkap flora obat keluarga di Indonesia, sanggup eksklusif dilihat pada katalog yang kami tawarkan. Terima kasih dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.


Klik Disini untuk Melihat Macam-Macam Tanaman Obat yang Kami Jual.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Daftar Macam-Macam Tanaman Obat Dan Khasiatnya"

Posting Komentar