Cara Mengunci Folder Dengan Password Di Windows

Setiap orang mempunyai rahasianya sendiri-sendiri; entah foto atau dokumen-dokumen diam-diam yang tidak seharusnya dilihat atau diakses oleh orang lain. Memberikan keamanan dan proteksi lebih pada folder yang berisi file-file tersebut sangatlah masuk akal, dan sanggup dilakukan dengan mudah. Berikut yaitu langkah-langkah cara mengunci folder dengan password di Windows.


Perlu diingat bahwa dukungan password dalam memperlihatkan proteksi terhadap folder di suatu sistem operasi bukanlah hal yang biasa dilakukan. Metode yang sanggup kita gunakan dijabarkan menjadi 2 bagian: memakai menu built-in (fitur bawaan) Windows, atau dengan memakai aplikasi pihak ke tiga.


Cara Mengunci Folder dengan Password di Windows


Menggunakan hidangan folder encryption di Windows 10 Pro


Metode pertama yang disebutkan diatas untuk cara mengunci folder dengan password di Windows yaitu memakai menu built-in dari Windows. Menu yang dimaksud di sini yaitu hidangan folder encription. Namun sayangnya, hidangan sekaligus fitur ini hanya sanggup diakses pengguna yang memakai Windows 10 Pro.


Fitur ini tidak tidak mempunyai fitur lengkap yang sanggup ditawarkan oleh kebanyakan aplikasi pihak ke-3. Password yang disimpan yaitu password untuk login ke akun Windows kita, atau ke akun Microsoft kalau PC kita telah dihubungkannya. Jadi, kalau kita mengaktifkan fitu ini namun tidak memperlihatkan password pada akun Windows kita, maka fitur ini sama sekali tidak akan berguna.


Meskipun mempunyai kekurangan menyerupai yang disebutkan di atas, cara ini cukup terbilang efektif. Kita tidak perlu repot untuk menginstall aplikasi pihak ke tiga; yang tentunya akan menghemat memori dan meringankan beban PC kita. Berikut langkah-langkah menggunakan folder encription di Windows 10 Pro:


Langkah 1: Klik kanan pada folder yang ingin dikunci dengan password, kemudian pilih hidangan “Properties”;


Setiap orang mempunyai rahasianya sendiri Cara Mengunci Folder dengan Password di Windows
© Digital Trends

Langkah 2: Setelah kotak obrolan “Properties” muncul, klik tombol “Advanced”;


Setiap orang mempunyai rahasianya sendiri Cara Mengunci Folder dengan Password di Windows
© Digital Trends

Langkah 3: Setelah itu, klik centang pada pilihan yang bertuliskan “Encrypt contents to secure data”, kemudian klik “OK”;


Setiap orang mempunyai rahasianya sendiri Cara Mengunci Folder dengan Password di Windows
© Digital Trends

Langkah 4: Kilk “Apply”, kemudian akan muncul kotak obrolan di mana kita disuruh untuk menentukan apakah kita ingin semua folder dalam direktori tersebut fiberi password, atau hanya folder luarnya saja. Jika telah memberi pilihan, kemudian klik “OK”.


Untuk menuntaskan prosesnya memang diperlukan waktu yang tidak sebentar; tergantung besarnya kapasitas dari folder tadi. Jika telah selesai, maka akan terlihat simbol gembok di bersahabat folder tadi.


Menggunakan aplikasi 7Zip


Metode kedua ini memakai aplikasi pihak ke-3 dengan nama 7Zip. Aplikasi ini yaitu software open-source yang sanggup mengompres (compress) pada file-file kita. Dibuat oleh developer Rusia, Igor Pavlov, 7Zip ini juga sanggup membantu kita dalam mengunci file folder dengan password. Karena 7Zip ini yaitu aplikasi pihak ke-3, kita diharuskan untuk me-d0wnl0ad dan meng-installnya terlebih dahulu sebelum menggunakan.


Perlu diingat juga, sebelum memakai kita diwajibkan untuk melaksanakan kompresi terhadap folder yang ingin kita beri password. Berikut langkah-langkahnya:


Langkah 1: Buka halaman unduh 7-Zip dan pilih unduhan yang sesuai dengan OS yang sedang dipakai, baik itu x32 ataupun x64. Setelah diunduh, install menyerupai biasa dan jalankan.


Langkah 2: Cari folder yang ingin diberi password melalui UI (user interface) di 7Zip dan klik simbol “plus” hijau yang terletak di sudut kiri atas.


Setiap orang mempunyai rahasianya sendiri Cara Mengunci Folder dengan Password di Windows
© Digital Trends

Langkah 3: Seperti yang sudah dijelaskan di atas, metode memakai 7Zip ini mengahruskan kita untuk melaksanakan kompresi pada folder yang ingin kita beri password. Setalah mengklik tombol “plus” tadi, muncullah kotak obrolan di mana kita disuruh untuk menentukan hasil (output) kompresi dari folder tadi. Yang perlu diperhatikan hanyalah kolom “Archive format”, “Enter password”, dan “Reenter password”. Pilih “zip” untuk kolom “Archive format”. Pada kolom “Enter password” dan “Reenter password”, masukkan password yang ingin kita gunakan. Lalu klik OK. Maka suatu file ber-format .zip akan terbuat. File ini berisi folder kita tadi yang sudah diberi password.


Setiap orang mempunyai rahasianya sendiri Cara Mengunci Folder dengan Password di Windows
© Digital Trends

Langkah 4: Setelah selesai, maka lakukanlah test dengan membuka folder yang ada di file .zip tadi. Jika diminta password dan dan sanggup dibuka setelahnya, maka prosesnya berjalan dengan lancar. Jadi, sehabis itu, folder original yang belum diberi password tadi sanggup dihapus untuk mengindari duplikasi file dan menghemat kapasitas hard disk.


Setiap orang mempunyai rahasianya sendiri Cara Mengunci Folder dengan Password di Windows
© Digital Trends

Dari kedua Cara mengunci folder dengan password di Windows di atas, langkah pertama direkomendasi untuk menjadi pilihan pertama kalau pengguna memakai Windows 10 Pro. Namun kalau tidak, pengguna sanggup melakukannya dengan metode ke-2.



Sumber https://koalakontent.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Mengunci Folder Dengan Password Di Windows"

Posting Komentar