Cara Mengubah Bilangan Desimal Ke Biner

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat tiba di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian supaya orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk nirwana semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue ialah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue sanggup nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini sanggup bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel wacana Cara Mengubah Bilangan Desimal ke Biner, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !
Konversi bilangan desimal ke binari

Cara Mengubah Bilangan Desimal ke Biner

Sebelum kita mengubah bilangan desimal ke biner, tahukan teman-teman apa itu bilangan desimal dan bilangan biner ???

Pengertian Bilangan Desimal

Bilangan Desimal merupakan bilangan yang umum dipakai sehari-hari, dan bilangan ini memakai 10 macam simbol yaitu 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, dan 9.

Pengertian Bilangan Biner

Bilangan biner merupakan bab dari sistem bilangan basis 2, di mana bilangan-bilangan dibuat hanya dengan memakai angka 0 dan 1. Tidak ibarat bilangan desimal yang merupakan sistem bilangan berbasis 10, sistem bilangan biner berbasis 2. Sistem bilangan ini dirancang oleh Pingala.

Cara Mengubah Bilangan Desimal Ke Biner

Untuk mengubah bilangan desimal ke biner, kita jabarkan dalam pola berikut ini :

Konveri bilangan desimal Z(10) = 83 kebilangan biner Z(2) 83 di bagi dengan basis bilagan gres yaitu 2.
83 : 2 = 41        sisa 1.

Sisa 1 ini merupakan digit pertama dari bilangan biner ...xxxx1. Untuk mendapat harga pada digit berikutnya ialah :
41 : 2 = 20        sisa 1.

sisa satu 1 ini menempati digit selanjutnya sehingga bentuk binernya ...xxx11 dan seterusnya ibarat di bawah ini :

 
Makara Z(10) = 83 ialah Z(2) = 1010011. Untuk meyakinkan bahwa hasil konversi di atas benar maka kita lakukan test sebagai berikut :
Z(10) = 1 . 26 + 0 . 25 + 1 . 24 + 0 . 23 + 0 . 22 + 1 . 21 + 1 . 20
Z(10) = 1 . 64+ 0 . 32 + 1 . 16 + 0 . 8 + 0 . 4 + 1 . 2 + 1 . 1
Z(10) = 83.

Makara bilangan biner dari 83 ialah 1010011 .

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Referensi :
  • Wikipedia

Sumber http://matematikaakuntansi.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Mengubah Bilangan Desimal Ke Biner"

Posting Komentar