Cara Menciptakan Kompos Organik Sederhana Dengan Mudah

Kompos sanggup menyuburkan tanah sehingga membantu memaksimalkan pertumbuhan tumbuhan Cara Membuat Kompos Organik Sederhana Dengan Mudah
Kompos sanggup menyuburkan tanah sehingga membantu memaksimalkan pertumbuhan tanaman.

Kompos organik sanggup dibentuk dari materi dasar sampah organik. Sampah organik itu sendiri merupakan sampah yang masih sanggup digunakan lagi, atau sampah daur ulang alasannya ialah masih sanggup mengalami dekomposisi atau pelapukan dan sanggup terurai dengan baik oleh dukungan tangan insan serta tidak menjadikan bau. Hasil uraian inilah yang biasa disebut dengan kompos.


Sampah organik intinya diklasifikasikan menjadi 2 yaitu sampah organik lembap dan sampah organik kering. Sampah organik lembap , merupakan sampah organik dengan kandungan air yang banyak sementara sampah organik kering ialah yang kandungan airnya kurang. Contoh sampah organik lembap ialah sisa-sisa sayuran dan kulit buah sedangkan referensi sampah organik kering ialah daun-daun kering, kayu, kertas atau ranting pohon.


Kompos sanggup menyuburkan tanah sehingga membantu memaksimalkan pertumbuhan tumbuhan Cara Membuat Kompos Organik Sederhana Dengan Mudah
Limbah rumah tangga menyerupai sisa sayuran, sisa masakan ataupun kulit buah merupakan sampah organik lembap yang sanggup diolah menjadi kompos.

Sampah organik sanggup berasal dari limbah pertanian, industri, rumah tangga dan limbah pasar. Semuanya sanggup diolah menjadi kompos. Nah, kompos sangat diharapkan oleh tumbuhan sebagai media tanamnya alasannya ialah di dalamnya mengandung mikroba hasil dari uraian sampah organik. Mikroba atau banyak sekali organisme hidup yang ada di dalamnya sanggup menjadi masakan yang diharapkan oleh tanaman. Tanah yang telah dicampurkan dengan kompos akan menjadi tanah yang subur dan disukai oleh banyak sekali macam tanaman.


Para petani dan pekebun mengaku bahwa keberadaan kompos sangat membantu perjuangan bercocok tanam mereka. Selain menghasilkan hasil tumbuhan yang subur dan melimpah, penggunaan kompos organik  ini juga mempunyai kelebihan-kelebihan lain, menyerupai harganya yang murah meriah (karena sanggup dibentuk sendiri), membantu membersihkan lingkungan (karena mengurangi kapasitas sampah yang awut-awutan di sekitar lingkungan), dan pastinya ramah lingkungan.


Untuk menciptakan kompos organik sederhana sangatlah mudah. Karena terbilang mudah, jadi siapapun sanggup membuatnya, termasuk Anda. Yang diharapkan hanyalah sampah organik, lahan, dan wadah untuk sampah organiknya. Ada 3 cara yang langkah-langkahnya sanggup Anda ikuti dengan membacanya di bawah ini:


1. Kompos organik dari sampah rumah tangga yang mempunyai lahan kosong



  • Lahan kosong Anda terlebih dahulu digali sedalam 50 cm hingga 1 meter. Jika disekitar lahan tersebut terdapat sumur, maka berikan jarak sekitar 10 m atau lebih dari daerah galian tadi.

  • Masukkan sampah-sampah organik hasil dari limbah dapur atau rumah tangga ke dalam lubang.

  • Tutupi dengan tanah kompos tersebut biar tidak menjadikan bau.

  • Selanjutnya, tutupi dengan tanah hingga penuh. Tekan-tekan hingga benar-benar tertutup lubang galiannya.

  • Diamkan selama 3 bulan. Setelah itu, Anda sanggup pribadi menggunakannya sebagai media penyubur tanah.


Kompos sanggup menyuburkan tanah sehingga membantu memaksimalkan pertumbuhan tumbuhan Cara Membuat Kompos Organik Sederhana Dengan Mudah
Gambar di atas ialah cara pembuatan kompos pada lahan yang luas.

2. Kompos organik dari limbah rumah tangga dengan lahan sempit



  • Sediakan wadah besar menyerupai drum yang tidak digunakan lagi

  • Di bab bawah permukaan drum, lubangi kecil-kecil. Lubang kecil-kecil ini nantinya akan menjadi daerah rembesan keluarnya air dari sampah.

  • Setelah itu tanamlah drum sedalam 10 cm dari permukaan tanah.

  • Setiap hari masukkan sampah organik di dalam wadah drum tersebut.

  • Secara berkala, bubuhi dengan tanah, sedikit serbuk geregaji, atau kapur.


Kompos sanggup menyuburkan tanah sehingga membantu memaksimalkan pertumbuhan tumbuhan Cara Membuat Kompos Organik Sederhana Dengan Mudah
Pembuatan kompos sederhana dengan memakai drum plastik.


  • Untuk kualitas kompos yang paling bagus, sanggup ditambahkan dengan kotoran hewan.

  • Ketika sudah penuh maka tutupi dengan tanah hingga rapat. Setelah itu diamkan selama 3 bulan lamanya.

  • Kompos tersebut sudah sanggup dikeluarkan dan diangin-anginkan selama 2 minggu.

  • Setelah itu, sanggup pribadi digunakan sebagai pupuk untuk tumbuhan Anda.


3. Kompos organik dari limbah rumah tangga tanpa memakai lahan


Bagi Anda yang sama sekali tidak mempunyai lahan di rumah, maka kompos organik tetap sanggup Anda buat sendiri. Caranya dengan menyediakan wadah-wadah kecil menyerupai pot, kaleng bekas, ataupun ember. Wadah-wadah ini nantinya sanggup pribadi Anda gunakan sebagai pot. Caranya hampir sama dengan pembuatan kompos memakai wadah drum.



  • Sediakan wadah berupa ember, kaleng bekas ataupun pot.

  • Beri lubang kecil-kecil pada permukaan bawah wadah sebagai daerah keluarnya kandungan air dari sampah.

  • Masukkan sampah organik setiap hari dengan menawarkan sedikit tanah dan serbuk geregaji.


Kompos sanggup menyuburkan tanah sehingga membantu memaksimalkan pertumbuhan tumbuhan Cara Membuat Kompos Organik Sederhana Dengan Mudah
Pembuatan kompos memakai wadah kecil menyerupai pot dan ember.


  • Ketik penuh, tutup dengan tanah hingga rapat. Diamkan selama 2 bulan.

  • Setelah proses tersebut selesai, maka wadah-wadah tersebut sanggup pribadi Anda gunakan sebagai media tanam.


Itulah beberapa cara pembuatan kompos organik sederhana. Silahkan dicoba dan aplikasikan pada tanaman buah, tanaman sayur ataupun tanaman bunga di kebun Anda! Semoga tumbuh subur. 😀


Kami juga menjual pupuk kompos siap pakai, klik disini untuk membeli kompos super 1 zak dan klik disini untuk membeli kompos super isi 500 gram.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Menciptakan Kompos Organik Sederhana Dengan Mudah"

Posting Komentar