Cara Membuka Hard Disk Eksternal/ Flashdisk Di Ponsel/ Tablet Android

Perangkat mobile menyerupai smartphone atau tablet membantu kita untuk membawa dan mengakses  Cara Membuka hard disk eksternal/ flashdisk di Ponsel/ Tablet Android


Perangkat mobile menyerupai smartphone atau tablet membantu kita untuk membawa dan mengakses data di mana saja. Dengan layar yang lebih besar, dikala ini ponsel/tablet android juga cocok untuk menonton video HD dan film. Tapi video HD dan media lain yang berkualitas tinggi sering mengambil ruang penyimpanan yang besar, biasanya pada smartphone dan tablet android terbatas untuk penyimpanan. Dengan demikian, kalau Anda mempunyai koleksi media besar di hard disk eksternal , kadang galau bagaimana cara menghubungkan nya ke ponsel/tablet android anda.



Hard disk eksternal, di sisi lain, memungkinkan kita untuk membawa beberapa gigabyte data di saku kita. Dengan perangkat penyimpanan tersebut, Anda sanggup membawa seluruh koleksi media Anda secara bersamaan. Pada artikel ini, kita akan mengeksplorasi aneka macam cara untuk memperluas penyimpanan tablet Android dan smartphone, dengan menghubungkan dan mengakses data yang tersimpan pada perangkat penyimpanan USB (seperti hard drive eksternal, flash drive, pen drive, dll).


Di sini, kita akan mempertimbangkan dua pilihan yang berbeda untuk mengakses data dari USB drive pada perangkat Android:



  • Melalui koneksi kabel.

  • Melalui koneksi nirkabel.


Koneksi kabel cocok kalau Anda ingin mengakses dari hard drive eksternal bila tidak ada banyak gerakan yang terlibat, atau kalau tidak ada cara yang cocok untuk menciptakan sebuah jaringan nirkabel. Koneksi nirkabel lebih disukai kalau Anda memerlukan susukan cepat ke data di mana saja.


1 Cara Menghubungkan Hard disk Eksternal/ Flashdisk ke Android Dengan Kabel


Jika Anda ingin mengakses hard drive eksternal dari perangkat Android memakai koneksi kabel, hal pertama yang harus dipastikan apakah perangkat Anda mendukung USB OTG (On The Go) atau tidak. USB OTG yaitu fitur khusus yang tersedia pada beberapa perangkat Android yang memungkinkan Anda untuk me-mount USB storage drive pada perangkat Android memakai kabel USB OTG.


Kabel OTG mempunyai jack USB pada salah satu ujungnya, sementara di sisi lain, ada konektor microUSB. Untuk menyambung ke telepon atau tablet android anda, cukup tancapkan dalam konektor drive eksternal ke jack USB dari kabel OTG, dan menghubungkan microUSB ke ponsel / tablet.


Beberapa faktor memilih apakah perangkat Android yaitu OTG-mampu. Pertama, perangkat harus mempunyai OS yang sesuai dan driver yang diinstal untuk mengidentifikasi dan me-mount perangkat penyimpanan melalui koneksi OTG. Kedua, perangkat harus bisa memperlihatkan tenaga yang cukup untuk perangkat USB untuk tetap aktif. Banyak hard disk eksternal yang membutuhkan daya untuk menjaga supaya disk tetap berjalan. Jika daya eksternal tersedia (menggunakan hub daya USB) dalam hal ini, disk USB akan mengambil daya dari baterai smartphone/ tablet android.


– Cara Memeriksa OTG- di perangkat Android


Beberapa perangkat Android yang diketahui support dengan sumbangan OTG dianataranya Nexus 7, Moto X, Moto G, dll Untuk mengetahui apakah perangkat yang Anda gunakan mendukung OTG, Anda sanggup memakai aplikasi gratis yang disebut USB OTG Checker . Aplikasi ini sanggup secara efektif mengusut OS Android dan perangkat keras untuk memilih apakah perangkat tertentu mendukung OTG atau tidak, tanpa memerlukan untuk root . Selain memakai aplikasi ini, Anda juga sanggup menanyakan ke produsen perangkat Anda untuk informasi rinci perihal produk.


Jika perangkat Android Anda tidak mendukung USB OTG, Anda tidak sanggup mengakses hard drive eksternal Anda melalui koneksi Kabel USB OTG . Anda sanggup pribadi melompat ke bab metode nirkabel untuk mengakses file pada hard disk eksternal di Android. Untuk pengguna yang mempunyai sumbangan OTG pada perangkat mereka, berikut yaitu panduan untuk me-mount dan mengakses hard disk eksternal pada perangkat Android.


Cara Menyambungkan Hard Disk Eksternal memakai USB OTG di Android


Setelah Anda mempunyai Kabel OTG perangkat yang didukung dengan kabel OTG, Anda sudah siap untuk menghubungkan hard disk eksternal Anda ke ponsel atau tablet android. Pada titik ini, Anda mempunyai tiga pilihan unt      uk me-mount dan mengakses hard drive eksternal pada Android, tergantung pada anda.


Cara Memformat hard drive eksternal ke FAT32 / EXT4


Secara default, Android OS native sanggup mengenali dan mengakses FAT32 dan EXT4 format disk. Kaprikornus kalau Anda mempunyai hard drive eksternal kosong yang ingin Anda gunakan pada ponsel Android atau tablet, cara termudah untuk melakukannya yaitu dengan memformat drive eksternal ke FAT32 atau filesystem EXT4. Dengan begitu, Anda bisa pribadi pasang hard disk eksternal Anda ke perangkat Android memakai kabel OTG. Android OS akan mengenali partisi mount dan memungkinkan Anda mengakses file pada hard disk memakai aplikasi file explorer (seperti ES File Explorer ).


Namun, Anda hanya sanggup memformat partisi FAT32 untuk perangkat penyimpanan dengan kapasitas kurang dari 32GB.Namun, kalau Anda ingin memaksa-format hard drive eksternal Anda (yang mempunyai penyimpanan lebih dari 32GB) ke sistem file FAT32, aplikasi berjulukan format FAT32 akan membantu Anda untuk melakukannya.Tapi meskipun begitu, ukuran volume maksimum yang mungkin terjadi pada FAT32 sampai 2TB.Salah satu keterbatasan lain format FAT32 , yaitu Anda tidak akan sanggup menyimpan file yang lebih besar dari 4GB.


Cara Mem-format NTFS ke FAT32 tanpa menghapus data


Jika Anda sudah mempunyai drive dengan format NTFS, Anda juga sanggup mengkonversi ke FAT32 tanpa harus menghapus data yang sudah ada. Macrorit Gratis NTFS ke FAT32 Converter adalah salah satu aplikasi yang bisa mengkonversi sistem file di drive eksternal dari NTFS ke FAT32 tanpa kehilangan data, sehingga smartphone atau tablet android sanggup dengan gampang mengenali mereka.


Metode di atas untuk sistem file FAT32 ,penyimpanan yang lebih besar dari 32GB tidak dianjurkan, alasannya tidak secara resmi didukung oleh Sistem Operasi menyerupai Windows. Sistem file NTFS mempunyai lebih banyak laba dibandingkan dengan FAT32 dalam hal kecepatan dan batas penyimpanan.


Bagaimana Cara supaya Format NTFS bisa Terbaca di- Android ?


Hal ini membutuhkan susukan root untuk mengaktifkan sumbangan untuk format drive NTFS pada Android. Tapi di sini, kami akan memperlihatkan cara agarformat NTFS hard drive sanggup di baca dari ponsel Android dan tablet yang tidak mengharuskan Anda untuk root perangkat. Kami akan memakai sebuah aplikasi berjulukan Nexus Media Importer.


Untuk memakai Nexus Media Importir, ponsel atau tablet harus mempunyai versi Android 4.0 ke atas, dengan sumbangan USB OTG. Nexus Media Importir yaitu aplikasi berbayar tersedia untuk di-d0wnl0ad di Google Play.


Nexus Media app Importir berjalan secara otomatis ketika Harddisk/flashdisk, pen drive, atau hard drive eksternal yang terhubung ke perangkat Android melalui OTG. Aplikasi ini kemudian bisa mengakses foto, video, musik dan dokumen dari drive eksternal ke perangkat Android. Sebuah tombol toggle sanggup beralih di antara mode transfer file (Device -> USB drive atau USB drive -> Device). Baca deskripsi aplikasi di Google Play untuk informasi lebih lanjut perihal Aplikasi Nexus Media Importir.


Jika perangkat Anda mempunyai sumbangan OTG tapi solusi di atas tidak bekerja untuk Anda, Anda sanggup mencoba metode di bawah ini .


Paragon exFAT, NTFS & HFS + (membutuhkan susukan root)


Paragon exFAT, NTFS & HFS + membantu Anda untuk me-mount hampir semua format drive USB dalam sistem file. Aplikasi mendukung pemasangan exFAT (Windows / Mac), NTFS (Windows) dan HFS (Mac) partisi diformat pada perangkat Android Anda. Setelah aplikasi Paragon telah terpasang exFAT, NTFS atau HFS , Anda sanggup mengaksesnya memakai aplikasi manager file menyerupai ES File Explorer, dll.


Jika Anda membutuhkan solusi yang sesuai untuk mengakses data di mana saja, atau kalau perangkat Android Anda tidak mendukung USB OTG, Anda masih sanggup mengakses hard drive eksternal Anda dari ponsel Android atau tablet melalui jaringan wireless (WiFi).


 


 



Sumber https://bacolah.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Membuka Hard Disk Eksternal/ Flashdisk Di Ponsel/ Tablet Android"

Posting Komentar