Cara Budidaya Lobster Hias Merah Bagi Pemula Dan Perawatannya

Bagi anda yang gemar mengoleksi ataupun sekedar memelihara binatang air menyerupai ikan Cara Budidaya Lobster Hias Merah Bagi Pemula dan PerawatannyaBagi anda yang gemar mengoleksi ataupun sekedar memelihara binatang air menyerupai ikan, udang, kepiting, ataupun lobster niscaya sudah sangat familiar dengan jenis binatang yang satu ini. Lobster hias merupakan salah satu jenis binatang air yang dikala ini banyak sekali peminatnya.


Tidak hanya alasannya bentuk dan warnanya yang manis tetapi juga alasannya cara pemeliharaan yang mudah. Lobster hias tentunya berbeda dengan jenis lobster konsumsi dan anda juga bisa melihat cara budidaya kepiting di kolam, umumnya lobster hias dibedakan jenisnya menurut ukuran, warna, dan asalnya.


Kebanyakan jenis lobster hias merupakan jenis lobster air tawar, inilah mengapa memelihara lobster hias lebih gampang kalau dibandingkan dengan memelihara lobster konsumsi. Selain itu ternyata memelihara lobster mempunyai banyak sekali manfaat selain sebagai binatang peliharaan, lobster hias bisa menjadi ornament yang menghiasi bab rumah anda. Adakalanya ketika anda memelihara lobster hias di akuarium, ini tentunya bisa menambah segi estetika di rumah anda.


Selain itu dengan memelihara lobster hias di rumah, rumah akan terasa lebih hangat alasannya adakalanya membersihkan dan merawat lobster membutuhkan pertolongan dari keluarga anda dan suasana di keluarga pun jadi lebih harmonis. Adapun manfaat lain yang bisa anda dapatkan dari memelihara lobster hias yakni menghilangkan stress dan penat. Ketenangan serta kedamaian yang ada dikala anda melihat lobster hias yang tenang sanggup mempengaruhi alam bawah sadar anda serta sistem saraf semoga lebih tenang sehingga stress dan penat pun hilang.


Sebenarnya ada banyak sekali jenis lobster hias di pasaran menyerupai cara budidaya burung zebra finch, namun dari semua jenis lobster hias yang ada ada salah satu jenis lobster yang dikala ini menjadi incaran banyak orang. Lobster hias merah, menyerupai namanya lobster ini  mempunyai warna badan yang merah dari ujung kepala hingga ekor. Untuk mendapatkannya pun tidaklah susah alasannya sudah banyak sekali orang yang menjualnya walaupun selalu kehabisan.


Bagi anda yang sangat suka dengan memelihara binatang ini, selain sekedar memeliharanya begitu saja ternyata anda juga bisa membudidayakannya.


Cara Budidaya Lobster Hias Merah


Sama halnya dengan anda membudidayakan lobster hias pada umumnya hanya saja membudidayakan lobster hias merah butuh perlakuan khusus untuk menjaga serta menciptakan warna merah pada lobster semoga tetap terjaga dan lebih indah. Bagi anda yang penasaran, anda bisa melaksanakan cara budidaya lobster hias merah menyerupai berikut ini.



  1. Persiapan Budidaya Lobster Hias Merah


Langkah pertama yang harus anda lakukan dalam cara budidaya lobster hias merah yakni menyiapkan beberapa peralatan serta materi yang diharapkan menyerupai berikut ini :



  • Pertama anda perlu melaksanakan observasi lokasi terlebih dahulu.

  • Pastikan lokasi tidak terkontaminasi oleh limbah dan polusi menyerupai asap kendaraan bermotor ataupun asap dapur.

  • Pastikan juga lokasi akrab dengan sumber air dan jauh dari gangguan binatang ataupun predator menyerupai kucing.

  • Setelah itu siapkan beberapa alat menyerupai aerator dan anda juga bisa melihat cara budidaya ayam bangkok, jaring dan beberapa akuarium dengan ukuran yang berbeda. 








  1. Media Pemijahan Lobster Hias Merah


Langkah selanjutnya dalam cara budidaya lobster hias merah yang harus anda lakukan yakni menyiapkan media pemijahan, untuk media pemijahan tentunya berbeda dengan media budidaya menyerupai berikut ini :



  • Untuk media, anda bisa memakai media bak semen ataupun akuarium. Namun akan lebih mudah kalau anda memakai akuarium.

  • Akuarium yang dipakai merupakan akuarium berukuran sedang.

  • Jangan lupa untuk melengkapi akuarium anda dengan pipa paralon ataupun kerikil bata berlubang sebagai daerah berlindungnya lobster.

  • Lengkapi pula dengan aerator dan lampu penghangat untuk menjaga semoga suhu tetap hangat.

  • Masukkan air higienis dan usahakan anda tidak memakai air PDAM, kalau terpaksa maka anda harus mengendapkannya terlebih dahulu selama 1 hingga 2 hari.

  • Ukurlah pH air, pH yang baik yakni sekitar 7 hingga 8 dengan suhu sekitar 220c hingga 250



  1. Indukan Lobster Hias Merah


Bagi anda yang gemar mengoleksi ataupun sekedar memelihara binatang air menyerupai ikan Cara Budidaya Lobster Hias Merah Bagi Pemula dan PerawatannyaSetelah media pemijahan siap, langkah berikutnya dalam cara budidaya lobster hias merah yakni menentukan indukan menyerupai berikut ini :



  • Pilihlah indukan berkualitas yang siap budidaya dengan ciri indukan betina mempunyai kantung telur yang mulai berisi.

  • Untuk 1 media anda bisa mempunyai 5 indukan yang terdiri dari 3 indukan betina dan 2 indukan jantan.

  • Adapun cirri dari indukan berkualitas baik yakni kalau anda memasukkan indukan lobster hias merah ke dalam air yang diaduk maka lobster akan berenang melawan arus.

  • Pilih juga indukan yang sehat, tidak terkena hama ataupun penyakit dan yang paling penting indukan tidak cacat.

  • Setelah itu masukkan indukan ke dalam media pemijahan dan beri pakan tinggi protein menyerupai cincangan ikan rucah dan siput secara teratur 3 kali sehari.



  1. Penetasan Telur dan Pemeliharaan Larva Lobster Hias Merah


Penetasan telur sanggup dilakukan kalau telur sudah tampak di permukaan air. Dalam cara budidaya lobster hias merah berbeda dengan cara budidaya kepiting kenari, penetasan telur sangatlah gampang menyerupai berikut ini :



  • Pertama lakukan pemisahan telur yang sudah bisa ditetaskan dengan induknya terlebih dahulu dan masukkan telur ke dalam akuarium khusus yang dilengkapi dengan aerator serta lampu penghangat.

  • Biarkan selama kurang lebih 3 hingga 5 hari, sehabis larva muncul anda sudah bisa mulai proses perawatan.

  • Perawatan dilakukan hingga larva lobster menjadi bibit siap tebar yakni dengan membersihkan air kalau air sudah mulai berubah warna dan ada lemak yang mengapung ke atas.

  • Berilah larva masakan berupa plankton cair setiap hari sebanyak 3 kali dan jangan hingga telat.









  1. Pemeliharaan Lobster Hias Merah


Bagi anda yang gemar mengoleksi ataupun sekedar memelihara binatang air menyerupai ikan Cara Budidaya Lobster Hias Merah Bagi Pemula dan PerawatannyaJika larva sudah menjadi bibit siap tebar dengan ukuran sekitar 1 hingga 2 cm, maka anda perlu  menyiapkan wadah budidaya yang layak dan melaksanakan langkah pemeliharaan menyerupai dalam cara budidaya lobster hias berikut ini :



  • Siapkan akuarium khusus sebagai media budidaya yang berbeda dengan cara budidaya burung falk australia, untuk ukurannya anda bisa menyesuaikan dengan banyaknya lobster merah yang ingin anda budidayakan.

  • Lengkapi media dengan aerator dan penyaringnya lengkap, dan tambahkan pecahan paralon serta flora air sebagai daerah persembunyian lobster.

  • Tebar bibit lobster perlahan di media dengan menghindari penebaran secara bersamaan.

  • Setelah penebaran bibit selesai, langkah selanjutnya anda bisa mulai langkah pemeliharaan.

  • Berikan masakan berprotein tinggi serta materi masakan yang mempunyai betakaroten menyerupai wortel untuk menjaga serta memperindah warna lobster hias merah anda.

  • Selain itu, anda juga harus menjaga kebersihan media dengan mengganti airnya setiap ahad sekali dan lakukan pemeliharaan hingga masa panen tiba.


Itulah aneka macam langkah yang bisa anda lakukan dalam cara budidaya lobster hias merah yang sanggup kami sampaikan, lakukan langkah- langkah di atas dengan cermat semoga hasil panen anda sukses. Semoga warta di atas sanggup bermanfaat bagi anda dan selamat mencoba.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Budidaya Lobster Hias Merah Bagi Pemula Dan Perawatannya"

Posting Komentar