Cara Budidaya Ikan Alligator Spatula Bagi Pemula, Gampang Banget!

Ikan mempunyai banyak sekali jenisnya apalagi kalau anda mau melihat  Cara Budidaya Ikan Alligator Spatula Bagi Pemula, Praktis Banget!Ikan mempunyai banyak sekali jenisnya apalagi kalau anda mau melihat cara menciptakan sabut kelapa sebagai pupuk organik cair , tidak hanya berfungsi sebagai salah satu materi pangan saja tetapi banyak jenis ikan yang dijadikan sebagai binatang peliharaan.


Memelihara ikan tentunya sangat gampang tidak sesulit kalau memelihara binatang mirip anjing ataupun kucing. Untuk memelihara ikan, anda hanya perlu menjaga kondisi air dan memberi makan. Hal ini selain alasannya ikan tidak banyak membutuhkan kawasan bergerak juga ikan mempunyai daya tahan yang berpengaruh khususnya ikan air tawar.


Ada beberapa jenis ikan air tawar yang bisa anda jadikan sebagai ikan peliharaan dirumah mirip ikan cupang, ikan arwana, ikan koi, ikan koki dan masih banyak lagi. Bagi sebagian orang, ikan peliharaan tidak hanya sekedar mempunyai keindahan saja tetapi juga dari segi keunikan. Entah itu dari bentuknya ataupun warnanya hingga cara pemeliharaan. Ada salah satu jenis ikan yang ketika ini menjadi incaran banyak orang alasannya keunikan yang ada pada bentuk fisiknya.


Yaitu ikan alligator spatula, berbeda dengan jenis ikan pada umumnya ikan ini cenderung berukuran besar dan mempunyai keunikan tersendiri pada bentuk fisiknya. Keunikan tersebut terletak pada bab kepala yang bentuknya mirip buaya. Ikan alligator spatula mempunyai moncong mirip spatula dan inilah mengapa namanya menjadi ikan alligator spatula. Di alam sendiri ikan jenis ini menjadi salah satu hama bagi para budidayawan ikan ataupun udang.


Hal ini alasannya ikan alligator merupakan salah satu jenis ikan predator yang memangsa ikan kecil ataupun udang. Walaupun secara fisik ikan alligator spatula angker berbeda dengan cara budidaya ikan cupang di bak beton, namun perlu anda ketahui bahwa ikan jenis ini merupakan salah satu jenis ikan mahal yang tidak sembarang orang sanggup mempunyai serta menjualnya. Anda hanya bisa menemukan jenis ikan ini di pasar ikan tertentu yang menjual banyak sekali jenis binatang unik ataupun reptil.


Cara Budidaya Ikan Aligator Spatula


Namun selain dipelihara, ternyata ikan alligator spatula ini juga sanggup dibudidayakan. Hal ini tentunya bisa menjadi salah satu peluang bisnis yang menguntungkan bagi anda. mengingat ikan alligator spatula merupakan jenis ikan yang bisa bertahan hidup usang dan gampang sekali menyesuaikan diri dengan banyak sekali lingkungan baru. Bagi anda yang tertarik untuk membudidayakan ikan ini, berikut kami sampaikan cara budidaya ikan alligator spatula.



  1. Media Pemijahan Ikan Aligator Spatula


Langkah pertama yang harus anda lakukan dalam cara budidaya ikan alligator spatula yaitu menyiapkan media pemijahan. Berbeda dengan ikan lainnya, anda harus memijahkan ikan alligator spatula terlebih dahulu kalau ingin membudidayakannya dan berikut penjelasannya :



  • Untuk media pemijahan anda memerlukan akuarium besar dengan ukuran sekitar 120x 60x 50 cm.

  • Akan lebih baik lagi kalau anda menyediakan akuarium yang lebih besar yaitu berukuran sekitar 200 x 70 x 70 cm.

  • Adapun kapasitas dari akuarium yaitu untuk akuarium pertama sanggup diisi se ekor indukan betina dan 3 ekor indukan jantan berukuran 50 cm.

  • Sedangkan untuk akuarium kedua sanggup diisi 2 ekor indukan betina dan 4 ekor indukan jantan berukuran 50 cm.

  • Selain media kawasan pemijahan, anda juga perlu menyiapkan beberapa alat dan materi lainnya mirip ember, baskom, serok ikan, plastik hitam dan tali rafia.



  1. Induk Ikan Aligator Spatula


Setelah media pemijahan siap anda juga bisa melihat cara menciptakan pupuk silika dari bungkam padi , langkah berikutnya yang harus anda lakukan dalam cara budidaya ikan alligator spatula yaitu menentukan indukan mirip berikut :



  • Pilihlah indukan yang tidak terkena penyakit ataupun hama serta tidak mengalami cacat.

  • Adapun ciri khusus untuk membedakan antara betina dan jantan. Indukan alligator spatula betina mempunyai ukuran badan lebih besar dengan sirip anal rata.

  • Sedangkan indukan jantan mempunyai ukuran lebih kecil dengan sirip anal tampak berjumbai.

  • Sebelum melaksanakan pemijahan, indukan harus diberok terlebih dahulu dan diberi pakan secara bermacam-macam dan teratur. 








  1. Penyuntikan Hormon


Ikan mempunyai banyak sekali jenisnya apalagi kalau anda mau melihat  Cara Budidaya Ikan Alligator Spatula Bagi Pemula, Praktis Banget!Jika anda sudah mendapat indukan yang berkualitas dan layak budidaya, langkah selanjutnya dalam cara budidaya ikan alligator spatula yaitu melaksanakan proses penyuntikan mirip berikut :



  • Penyuntikan indukan ikan alligator spatula sangatlah penting biar ikan sanggup dipijahkan.

  • Penyuntikan dilakukan beberapa kali sesuai dengan dosis.

  • Penyuntikan pertama atau biasa disebut dengan prepatory injection diberikan sebanyak 30%, ini bertujuan untuk menyeragamkan pematangan telur.

  • Lakukan penyuntikan kedua yang biasa disebut decisive injection dengan takaran sebanyak 70% untuk mendorong proses ovulasi pada indukan.

  • Untuk rentang waktu antara suntikan pertama dan kedua yaitu sekitar 13 jam kalau suhu air rendah dan 10 jam kalau suhu air tinggi.



  1. Pemijahan Ikan Aligator Spatula


Adapun langkah selanjutnya dalam cara budidaya ikan alligator spatula yang berbeda dengan cara budidaya ikan cupang hias yang benar yaitu pemijahan mirip berikut ini :



  • Pemijahan gres bisa dilakukan pada 7 jam sesudah penyuntikan ke dua dilakukan .

  • Masukkan indukan betina dan jantan secara bersamaan dan biarkan selama semalam penuh.

  • Letakkan media pemijahan pada kawasan yang agak gelap dan sunyi.

  • Tutup akuarium memakai kresek hitam. 








  1. Penetasan Telur Ikan Aligator Spatula


Untuk penetasan telur dilakukan dalam kawasan terpisah mirip pada cara budidaya ikan alligator spatula di bawah ini :



  • Setelah pemijahan biasanya dalam waktu sehari atau dua hari akan terlihat telur ikan yang mengambang dipermukaan.

  • Tunggu hingga telur ikan karam dan pisahkan telur dengan indukan ikan.

  • Biasanya telur akan menetas dalam waktu 8 hari sesudah pemijahan.

  • Ini ditandai dengan adanya ekor larva yang mencuat keluar dan penetasan tepat sanggup terlihat ketika larva sudah Nampak utuh.

  • Untuk perawatan, anda hanya perlu menjaga kualitas air dan memberi pakan secara teratur.

  • Pakan yang bisa diberikan yaitu Daphnia Sp sesudah larva berumur seminggu.

  • Aerasi harus selalu dicek untuk menjaga biar larva sanggup bernafas dengan baik.



  1. Pemindahan Benih Ikan Aligator


Lakukan pemeliharaan larva hingga larva tumbuh menjadi benih yang berbeda dengan pupuk kimia membahayakan lingkungan, dalam cara budidaya ikan alligator spatula anda juga perlu menyiapkan media pemeliharaan untuk benih mirip berikut :



  • Sebenarnya untuk memelihara ikan alligator bisa di media apapun, namun akan lebih indah kalau anda memeliharanya di bak ataupun akuarium.

  • Untuk akuarium, pilihlah akuarium berukuran besar sekitar 200 cm hingga satu meter.

  • Jika anda memeliharanya di bak maka anda bisa memeliharanya pada bak tanah minimal berukuran sekitar 1x 0,5, 05 m.



  1. Pemeliharaan Ikan Aligator


Ikan mempunyai banyak sekali jenisnya apalagi kalau anda mau melihat  Cara Budidaya Ikan Alligator Spatula Bagi Pemula, Praktis Banget!Adapun langkah pemeliharaan dalam cara budidaya ikan alligator spatula biar hasil panen anda sukses mirip berikut :



  • Pemberian pakan harus dilakukan secara rutin sebanyak 3 kali sehari.

  • Karena ikan ini termasuk binatang karnivora maka jenis pakan yang diberikan ialah binatang hidup mirip udang, ikan kecil.

  • Akan lebih baik kalau anda memberi pakan berupa ikan lele.

  • Lakukan juga pencucian bak secara teratur setiap ahad hingga ikan alligator spatula siap panen.


Itulah langkah- langkah dalam cara budidaya ikan alligator spatula yang sanggup kami sampaikan. Semoga isu di atas sanggup bermanfaat dan menambah wawasan anda, selamat mencoba.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Budidaya Ikan Alligator Spatula Bagi Pemula, Gampang Banget!"

Posting Komentar