Cara Budidaya Ayam Bangkok Yang Menguntungkan (Peluang Bisnis)

Cara Budidaya Ayam Bangkok yang Menguntungkan Cara Budidaya Ayam Bangkok yang Menguntungkan (Peluang Bisnis)Cara budidaya Ayam Bangkok yang menguntungkan merupakan salah satu jenis dan potensi perjuangan yang banyak dilirik terutama dalam budidaya jenis unggas. Ayam bangkok sendiri merupakan jenis ayam jantan yang biasanya dibudidayakan dalam rangka di jadikan ayam aduan.


Hal ini tidak lain disebabkan lantaran ukuran badan ayam bangkok relatif besar dan gagah. Sehingga tentunya sangat cocok dan proporsional apabila dijadikan sebagai ayan aduan. Selain itu, harga jual ayam bangkok juga relatif lebih mahal, apalagi jikalau ayam teraebut merupakan ayam yang sudah sering juara.


Meskipun sedikit kontroversi lantaran di indonesia sendiri mengadu ayam merupakan salah satu bentuk peejodian, namun budidaya ayam bangkok sendiri masih dilegalkan dan dianggap sebagai salah satu bentu mata pencaharian yang sanggup di geluti. Sebagaimana budiidaya jennis unggas lainnya, budidaya ayam bangkok juga membutuhkan pengetahuan khusus yang pastinya hal inilah nantinya yang akan sanggup menjadikan budidaya sanggup sukses dan berhasil.


Meskipun demikian jikalau anda memang sudha mempunyai hobi memelihara ayam bangkok maka tentu akan lebih gampang lagi untuk melaksanakan budidaya. Sebab berangkat dari hobi maka perjuangan akan sanggup lebih berjalan lancar. Tentunya, dalam sebuah budidaya yang dibutuhkan ialah pastinya kesuksesan dari perjuangan yang di geluti. Kesuksesan tersebut tentu saja dalam bentuk profit atau juga laba yang pastinya akan menguntungkan bagi anda.


Nah, bagi anda yang tertarik untuk memulai perjuangan ini, maka patut mempertimbanngkann dan menyiapkan beberapa hal berikut ini, supaya tentunya budidaya anda sanggup mengjasilkan untung yang besar. Berikut 5 cara budidaya ayam bangkok yang menguntungkan khusus untuk pemula.



  1. Persiapan Kandang yang Ideal


Cara Budidaya Ayam Bangkok yang Menguntungkan Cara Budidaya Ayam Bangkok yang Menguntungkan (Peluang Bisnis)Pada umumnya, dalam budidaya unggas sangkar sendiri meripakan persyarayan utama yang wajib di siapkan sebelum memulai budidaya. Oleh lantaran itu, menyiapkan sangkar yang ideal sangatlah penting lantaran selain menentikan keberhasilan budidaya, sangkar yang ideal juga akan memperlihatkan kenyamanan bagi ayam bangkok sehingga sanggup berkembang dengan baik.


Alternatif lain, jenis sangkar yang hisa digunakan juga sanggup berupa kurungan. Namun hal ini relatif kurang lantaran akan memmbatasi ruang gerak dari ayam bangkok itu sendiri ibarat juga yang dilakukan pada cara budidaya ayam hutan hijau . Oleh lantaran itu, dalam mennyiapakan sangkar yang ideal bagi ayam banngkok haruslah memenuhi beberapa kriteria antara lain ibarat di bawah ini :



  • Ukuran ideal sangkar dibentuk 5×5 meter atau sanggup diubahsuaikan dengan luas lokasi.

  • Kandang dibentuk sebagaimana bangunan persegi dengan atap dan dinding sanggup juga dibentuk semi permanen.

  • Usahakan dinding tertutup rapat untuk menngindari anjing atau juga binatang pemangsa lain sanggup masuk dan menjadi ancaman.

  • Atap dibentuk dari materi yang cuek supaya suhu udara dalam sangkar tidak panas sehingga ayam akan merasa nyaman.

  • Jangan lupa didalam kansang dibuatkan tenggeran supaya ayam sanggup dengan nyaman dan gampang untuk bertengger di dalam kandang. 







2. Menentukan Lokasi Budidaya


Pada dasarnya ayam bangkok merupakan jenis ayam yang sanggup dibudidayakan baik di tempat dataran rendah dengan suhu relatif panas atau juga dataran tinggi dengan suhu dingin. Keduanya menjadi habitat yang baik bagi ayam bangkok. Namun tentunya, untuk mengoptimalkan dan mendapat budidaya yang menguntungkan, maka sebaiknya lokasi budidaya juga harus dipikirkam secara spesifik terutama lokasi kandang.


Nah, supaya tidak mengalami kebingungan maka anda sanggup memakai kriteria dasar lokasi ideal untuk budidaya ayam bangkok sebagimana yang juga di lakukan pada cara budidaya ayam jawa super bagi pemula berikut ini:



  • Pertama, sebaiknya lokasi sangkar haruslah akrab dengan pemukiman anda.

  • Sebab hal ini akan mempermudah dalam hal pengawasan, tentunya mengingat harga dan nilai hemat ayam bangkok sanggup saja ancamannya bukan hanya binatang liar namun juga pencuri dan tangan jahil lainnya.

  • Lokasi juga harus akrab dengan sumber air, supaya anda gampang dalam melaksanakan pencucian sangkar dan juga keberadaan air akan sanggup memudahkan dalam perawatan dan pemeliharaan.

  • Pilih lokasi budidaya dengan kondisi tanah yang datar, lantaran jikalau kontur tanah miring selain menyulitkan proses pembuatan sangkar juga akan menciptakan ayam tidak nyaman.


3. Mendapatkan Bibit Ayam Bangkok Berkualitas


Cara Budidaya Ayam Bangkok yang Menguntungkan Cara Budidaya Ayam Bangkok yang Menguntungkan (Peluang Bisnis)Tahapan selanjutnya yang juga harus dilakukan ialah menyiapkan binit atau anakan ayam bangkok. Dalam hal ini, maka anda sanggup menentukan alternati yakni memakai bibit anakan atau juga melaksanakan budidaya dengan mennggunakan indukan. Kedunya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing masing sebagimana pada  cara budidaya ayam bangkok aduan .


Namun, untuk mendapat budidaya yang relatif lebih menguntungkan anda sanggup memulainya dari anakan ayam bangkok untuk dibudidayakan. Sebab jikalau dimulai dari anakan maka waktunya akan lebih cepat untuk anda lalu mendapat ayam yang dewasa untuk siap jual.


Selain hal diatas tentunya hal yang lebih menguntungkan ialah anda sanggup mensapaykana bibit anakan ayam bangkok yang harganya lebih murah. Sehingga tinggal di pelihara sebentar maka anda sudah akan mendapat hasil yang menguntungkan. Nah dalam menentukan anakan 







4. Perawatan dan Pemeliharaan


Cara Budidaya Ayam Bangkok yang Menguntungkan Cara Budidaya Ayam Bangkok yang Menguntungkan (Peluang Bisnis)Perawatan dan pemeliharaan merupakan hal yang penting untuk diperhatikan terutama dalam budidaya ayam bangkok. Sebab hal inilah yang nantinya akan menjadi penentu dalam faktor keberhasilan budidaya ibarat pada cara budidaya ayam bangkok .  Adapun hal yang wajib dilakukan dalam perawatan dan pemeliharaan budidaya ayam bangkok antara lain ialah sebagi berikut :



  • Pemberian Pakan


Pemberian pakan merupakan hal yang sangat penting, lantaran pakan merupakan hal yang amat penting, terutama untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan ayam bangkok. Pemberian pakan dilakukan secara proporsional dengan mempertimbangkan ukuran badan serta juga jenis pakan yang di berikan. Untuk Frekuensi dukungan pakan sendiri biasanya dilakukan 2-3 kali dalam sehari. Jenis pakan yanh diberikan sanggup berupa Biji bijian, pelet atau juga sisa sisa nasi kering.



  • Sanitasi dan Kebersihan Kandang


Sanitasi kebersihan sangkar harus dilakukan secara teratur, lantaran hal ini akan sanggup meminimalisir resiko serangan hama dan penyakit pada ayam bangkok. Bersihkan kandan setiap hari, dengan cara membuang kotoran yang berada dalam kandang. Serta juga jaga kondisi dalam sangkar supaya tetap kering dan tidak lembab.



  • Memandikan Ayam Bangkok


Salah satu cara menjaga kesehatan ayam ialah dengan memandikan ayam bangkok setiap hari. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan kotoran serta juga menjaga ayam bangkok dalam kondisi tetap segar. Gunakan lap berair supaya ayam tidak kontak pribadi dengan air. Sebaiknya ayam dimandikan pada pagi hari dan segera di jemur di bawah terik matahari hingga dengan pukul 9 pagi.



  • Vaksinasi


Vaksinansi merupakan upaya untuk menjaga kesehatan ayam bangkok. Hal ini sangat pentinh dilakukan untuk memperlihatkan kekebalan badan pada ayam bangkok sehingga tidak gampang terkena serangan ibarat virua flu burung yang masih merebak dan sanggup menjadikan resiko kegagalan dalam budidaya ayam bangkok.


5. Melatih Ayam Bangkok


Untuk mendapat ayam aduan yang berkualitas, maka hal yang sanggup dilakukan ialah salah satunya dengan melatih ayam bangkok. Latihan ini dilakukan untuk menjaga supaya ayam bangkok tidak takut dikala nantinya berhadapan dengan lawan. Ayam bangkok yang dilatih harus sudah remaja dan siap bertarung sebagimana juga pada cara budidaya ayam pedaging .


Itulah tadi, 5 cara budidaya ayam bangkok yang menguntungkan khusus bagi pemula. Semoga sanggup bermanfaat.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Cara Budidaya Ayam Bangkok Yang Menguntungkan (Peluang Bisnis)"

Posting Komentar