√ Buku Besar Umum Atau Utama Perusahaan Dagang


BUKU BESAR UMUM ATAU UTAMA PERUSAHAAN DAGANG √ BUKU BESAR UMUM ATAU UTAMA PERUSAHAAN DAGANG


Versi materi oleh Ismawanto


Buku Besar Umum atau Utama Perusahaan Dagang - Kamu telah mengetahui bahwa dalam akuntansi perusahaan dagang terdapat dua macam buku besar, yaitu buku besar umum dan buku besar pembantu.

1. Pengertian Buku Besar Umum atau Buku Besar Utama

Buku besar umum atau buku besar utama yakni daerah mencatat seluruh perubahan harta, utang, modal, pendapatan dan beban. Dengan kata lain, buku besar utama merupakan asumsi kontrol atau asumsi pengendali dan buku besar pembantu merupakan rincian dari asumsi kontrol. Jadi, buku besar umum (ledger) yakni kumpulan perkiraan-perkiraan yang berfungsi sebagai daerah untuk mencatat perubahan harta, utang, modal, pendapatan, dan beban.

Pencatatan ke buku besar umum dilakukan secara terencana atau setiap tamat bulan menurut jurnal khusus atau hasil rekapitulasi jurnal khusus, sedangkan pencatatan buku besar pembantu dilakukan setiap terjadi transaksi menurut buku transaksi.

2. Posting ke Buku Besar Umum atau Buku Besar Utama

Posting yakni proses memindahkan catatan dari jurnal ke buku besar. Adapun langkah-langkah melaksanakan posting (memindahbukukan) dari jurnal khusus ke buku besar utama yakni sebagai berikut.

a. Menutup jurnal khusus dengan cara menjumlahkan angka dalam kolom masing-masing perkiraan.
b. Memindahkan ke dalam buku besar dari hasil penjumlahan tersebut sesuai dengan asumsi yang digunakan, baik sebelah debit maupun sebelah kredit.
c. Mengisi kolom ref pada jurnal khusus dengan member tanda cek (􀂗) atau nomor instruksi perkiraan, dan mengisi kolom ref pada buku besar dengan nomor halaman jurnal.
1) Jurnal Penerimaan Kas diberi instruksi JKM.
2) Jurnal Pengeluaran Kas diberi instruksi JKK.
3) Jurnal Penjualan diberi instruksi JP.
4) Jurnal Pembelian diberi instruksi JB.
5) Jurnal Umum diberi instruksi JU.
d. Tanggal posting yang dipakai yaitu tanggal tamat bulan yang bersangkutan.
e. Bentuk buku besarnya sama dengan buku besar yang lazim dipergunakan.



Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Buku Besar Umum Atau Utama Perusahaan Dagang"

Posting Komentar