Arsitektur Rustic Dan Ciri-Cirinya

Definisi Arsitektur Rustic

Hingga ketika ini belum ada kepastian pakem yang dipakai untuk mendefinisikan secara niscaya Arsitektur Rustic. Namun penulis mencoba menelusuri Gaya Arsitektur ini dari aneka macam sumber.

Menurut arsitek Probo Hindarto, gaya rustic dapat diartikan sebagai gaya dalam desain arsitektur dan interior, yang menitikberatkan kesan alami, dari material yang tidak dihaluskan, ibarat kayu, batu, logam, dan sebagainya.

Menurut Wikipedia, gaya ini muncul pertama kali di Amerika Serikat. Kata Arsitektur Rustic selama ini mengacu pada suatu gaya naturalis, sederhana tanpa banyak modifikasi atau campur tangan manusia. 

Rustic Style lebih banyak mengacu pada aplikasi material alami pada bangunan. Material alami yang dibiarkan natural apa adanya (ekspos) sehingga menjadi sesuatu yang fokal dalam elemen eksterior maupun interior. Gaya Rustic juga dipakai untuk memperlihatkan kesan antik terutama untuk interior.

Berikut yaitu beberapa ciri Arsitektur Rustic :

1.    Warna Natural
Dilihat dari segi warna kebanyakan menggunakan warna yang nyaman dan tak terlalu mencolok ibarat hijau gelap, biru denim, khaki pudar, merah marun redup yang menciptakan suasana ibarat bangunan pedeasaan jaman dulu.
Pilihan Warna dalam Arsitektur Rustic

2.    Tekstus /Pattern
Menggunakan tekstur material apa adanya, tidak ada poles berlebihan. Seperti material kerikil alam yang sengaja dibiarkan rural, pasangan bata yang dibiarkan ekspos tanpa acian. Kayu-kayu yang dipasang dengan serat alami yang ditonjolkan.

Penerapan tekstur yang rural

3.    Handmade
Dalam gaya rustic biasanya menggunakan furniture dan dekorasi buatan tangan. Bentuk furniture atau dekorasinya pun tidak dibentuk generik, namun lebih bervariasi untuk setiap bendanya.

Furniture dan dekorasi handmade

4.    Antik
Gaya ini biasanya menimbulkan kesan antik, akhirnya disni juga menggunakan materi metal yang dikerok sehingga terlihat ibarat logam bau tanah dan klasik. Warna-warna ibarat perunggu, copper dan besi. Sangat jarang menggunakan stainless dan warna silver/krom.
Furniture antik dari logam

 5.    Benda yang ditemukan di alam
Seringkali dalam gaya ini menggunakan benda yang diambil eksklusif dari alam, contohnya akar kayu yang dijadikan meja/kursi. Hal ini untuk menguatkan kesan alami.
Meja ala Rustic

Terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat 

Dapatkan Artikel Arsitektur Rustic dan Ciri-cirinya dalam PDF


Thanks to Supporting Web :
http://www.homeportfolio.com/design-styles/rustic-style-defined
https://en.wikipedia.org/wiki/Rustic_architecture
http://www.architecturaldigest.com/gallery/rustic-barn-style-homes-slideshow/all
bomeidesign.com

Note : Share & Copy Artikel harap menyertakan sumber


Sumber http://www.arsitur.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Arsitektur Rustic Dan Ciri-Cirinya"

Posting Komentar