√ Akun Akun Khusus Perusahaan Dagang


akun khusus yang tidak dijumpai pada perusahaan jasa √ AKUN AKUN KHUSUS PERUSAHAAN DAGANG


Versi bahan oleh Ismawanto


Akun Khusus Perusahaan Dagang - Dalam perusahaan dagang terdapat akun-akun khusus yang tidak dijumpai pada perusahaan jasa. Akun-akun khusus yang biasanya terjadi pada perusahaan dagang antara lain sebagai berikut.

1. Akun pembelian barang ialah akun yang dipakai untuk membeli barang dagangan baik secara tunai maupun secara kredit, bila pembeliannya secara kredit akan menyebabkan utang dagang.
2. Akun penjualan barang ialah akun yang dipakai untuk menjual barang dagangan, baik secara tunai maupun secara kredit. Jika penjualannya dilakukan secara kredit, maka akan menyebabkan piutang dagang.
3. Akun retur pembelian dan pengurangan harga ialah akun yang timbul alasannya mengembalikan sebagian barang yang telah dibeli kepada penjual alasannya rusak atau tidak sesuai dengan pesanan.
4. Akun retur penjualan dan pengurangan harga ialah akun yang timbul alasannya mendapatkan kembali sebagian barang yang telah dijual dari pembeli alasannya rusak atau tidak sesuai dengan pesanan.
5. Akun utang dagang ialah akun yang terjadi alasannya membeli barang dagangan atau aktiva lain secara kredit dan melunasi kewajiban atas pembelian secara kredit.
6. Akun piutang dagang ialah akun yang dipakai untuk menjual barang dagangan secara kredit dan mendapatkan pelunasan piutang atas penjualan secara kredit.
7. Akun potongan pembelian ialah akun yang dipakai untuk mencatat potongan yang diterima pembeli alasannya melunasi utang dalam era potongan.
8. Akun potongan penjualan ialah akun yang dipakai untuk mencatat potongan yang diberikan oleh penjual alasannya mendapatkan pelunasan piutang dalam era potongan.
9. Akun beban angkut pembelian ialah akun yang timbul alasannya pebayaran beban angkut barang dagangan yang ditanggung pembeli.
10. Akun beban angkut penjualan ialah akun yang timbul alasannya pembayaran beban angkut untuk mengirim barang yang ditanggung oleh penjual.


Sumber http://www.ssbelajar.net/

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "√ Akun Akun Khusus Perusahaan Dagang"

Posting Komentar