9 Manfaat Daun Thyme Bagi Kesehatan

Thyme merupakan salah satu tumbuhan herba yang  9 Manfaat Daun Thyme bagi Kesehatan
Thyme merupakan salah satu tumbuhan herba yang lazim dipakai sebagai rempah-rempah pada makanan.

Thyme merupakan salah satu tanaman herba yang termasuk dalam keluarga mint (Lamiaceae). Anda mungkin mengenal thyme dari materi rempah-rempah di dapur Anda. Namun, kegunaannya tidak hanya sebatas itu. Terdapat sekitar 400 subspesies yang kegunaanya sangat luar biasa. Pada zaman Mesir kuno dipakai dalam praktek proteksi balsem pada tubuh, sementara itu orang-orang Yunani kuno menggunakannya sebagai dupa.


9 Manfaat Thyme bagi Kesehatan


Berikut 9 manfaat thyme yang wajib Anda ketahui:


Thyme sebagai obat jerawat


Karena rasanya yang khas, thyme masih menjadi idaman di bidang masakan sampai hari ini. Selain itu, thyme juga cukup populer dalam penggunaannya sebagai obat abses dan tekanan darah tinggi.


Jika Anda telah membeli dan mencoba banyak sekali macam obat abses tanpa hasil yang baik, maka Anda beruntung sedang membaca artikel ini. Thyme dikenal alasannya ialah mempunyai sifat antibakteri sehingga dipakai sebagai materi untuk melawan jerawat. Ketika thyme direndam selama beberapa hari atau selama seminggu, ternyata sanggup menjadi solusi yang dikenal sebagai tingtur (cairan dari tumbuhan herbal). Para peneliti di Inggris telah menguji imbas thyme terhadap penggunaannya sebagai obat jerawat, ramuan alami ini ternyata lebih baik mengobati abses dibandingkan dengan produk anti-jerawat. Namun, hal ini masih dalam tahap penelitian. Seberapa efektifkah thyme sebagai anti-jerawat? Waktu yang akan menjawabnya.


Tyme untuk tekanan darah rendah


Thymus linearis Benth adalah salah satu jenis thyme yang ditemukan di Pakistan dan Afghanistan. Sebuah penelitian gres menemukan bahwa ekstrak thyme sanggup secara signifikan mengurangi denyut jantung pada tikus alasannya ialah tekanan darah tinggi dan juga bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh mereka.


Salah satu cara yang niscaya penggunaan thyme untuk menurunkan detak jantung ialah menjadikannya sebagai pengganti garam dalam masakan Anda.


Thyme untuk meredakan batuk


Thyme merupakan salah satu tumbuhan herba yang  9 Manfaat Daun Thyme bagi Kesehatan
Teh thyme sanggup meredakan batuk dan sakit tenggorokan.

Minyak esensial thyme yang diperoleh dari daunnya sering dipakai sebagai obat batuk alami. Dalam suatu studi, kombinasi daun thyme dan daun ivy membantu meringankan batuk dan tanda-tanda lain menyerupai bronkitis akut.


Jadi, kalau lain kali Anda sedang mengalami batuk-batuk atau sakit tenggorokan cobalah minum teh dari daun thyme.


Thyme untuk meningkatkan kekebalan tubuh


Thyme merupakan salah satu tumbuhan herba yang  9 Manfaat Daun Thyme bagi Kesehatan
Kandungan dalam thyme sanggup menjaga sistem kekebalan tubuh.

Thyme dikemas dalam bentuk vitamin C dan juga merupakan sumber yang baik untuk vitamin A. Jika Anda merasa meriang dan kurang lezat badan, thyme membantu Anda kembali pada kondisi yang bugar. Thyme juga merupakan sumber yang mengandung tembaga, serat, zat besi dan mangan.


Thyme sebagai desinfektan


Jamur merupakan polutan udara yang umum, namun berpotensi membahayakan yang sanggup mengintai rumah Anda. Ketika Anda sudah mengidentifikasinya, ambillah langkah yang baik dengan memakai minyak thyme untuk menyingkirkannya. Minyak esensial dari thyme menampung banyak sifat-sifat fungisida. Penelitian memperlihatkan bahwa, hal itu sanggup dipakai sebagai desinfektan di rumah dimana terdapat banyak jamur.


Thyme untuk menyingkirkan hama


Thyme umumnya dipakai untuk membasmi bakteri, virus, tikus dan serangga lainnya. Sebuah penelitian memperlihatkan bahwa ekstrak thyme sanggup mengusir nyamuk. Untuk hasil terbaik, gosokkan daun thyme di tangan untuk mengeluarkan minyak esensialnya. Baca juga artikel mengenai tanaman hias dan bunga pengusir nyamuk disini.


Thyme merupakan salah satu tumbuhan herba yang  9 Manfaat Daun Thyme bagi Kesehatan
Letakkan thyme dalam ruangan, selain untuk menusir serangga thyme sekaligus untuk pengharum ruangan.

Anda juga sanggup menciptakan ramuan sendiri dengan mencampurkan empat tetes minyak thyme untuk setiap sendok teh minyak zaitun, atau mencampurkan lima tetes dengan 2 tetes air.


Thyme sebagai pengharum


Produk perawatan kulit alami kini ini sanggup ditemukan di sebagian toko-toko kosmetik yang banyak mengandung thyme.


Mengandung sifat antiseptik dan antijamur yang merupakan materi yang umum dipakai sebagai obat kumur. Thyme juga merupakan salah satu materi alami yang dipakai sebagai deodoran.


Thyme untuk meningkatkan mood


Thyme merupakan salah satu tumbuhan herba yang  9 Manfaat Daun Thyme bagi Kesehatan
Minyak thyme sanggup memperbaiki mood dan memperlihatkan imbas tenang.

Minyak esensial thyme sering dipakai sebagai aroma terapi alasannya ialah intensitasnya dari zat aktif yang disebut carvacrol.


Dalam sebuah penelitian pada tahun 2013, carvacrol terbukti menghipnotis kegiatan neuron dengan cara meningkatkan rasa tenang. Jadi, kalau Anda memakai thyme atau minyak thyme secara teratur, akan memperlihatkan imbas positif pada perasaan dan suasana hati Anda.


Thyme sebagai kuliner yang baik


Thyme merupakan salah satu tumbuhan herba yang  9 Manfaat Daun Thyme bagi Kesehatan
Daun dan seluruh bab tangkainya sanggup dipakai sebagai suplemen hidangan kuliner berbahan daging ,maupun ikan.

Thyme ialah salah satu materi ‘luar biasa’ yang dipakai pada masakan di seluruh dunia terutama di Perancis, Italia dan Mediterania. Thyme ialah materi utama pada saus pesto, yang sanggup dipakai sebagai bumbu atau suplemen pasta maupun nasi. Daun segar ataupun seluruh tangkainya sanggup dipakai saat menghidangkan daging. Thyme merupakan materi yang sangat baik untuk hidangan ikan.


Itulah 9 manfaat thyme bagi kesehatan. Anda pun bisa menanam tumbuhan herba ini di rumah Anda. Kami juga menyediakan benih thyme yang siap ditanam di rumah. Silahkan klik disini untuk melihat produknya dan klik disini untuk melihat tumbuhan thyme yang juga kami jual. Semoga isu ini bermanfaat 🙂



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "9 Manfaat Daun Thyme Bagi Kesehatan"

Posting Komentar