6 Tanaman Obat Untuk Penderita Asam Urat

Tanaman obat memiliki khasiat yang ampuh dan telah dipercaya secara turun temurun, selain simpel ditemukan, tumbuhan obat ini juga sangat murah dan kondusif dikonsumsi dalam jangka panjang. Misalnya untuk mengobati penderita asam urat, kita bisa memanfaatkan tanaman-tanaman obat yang tumbuh disekitar kita. Penyakit asam urat atau yang dikenal sebagai penyakit gout merupakan wujud dari penyakit rematik yang terjadi tanggapan penimbunan kristal monosodium urat dalam tubuh yang berakibat pada timbulnya rasa nyeri pada sendi, benjolan pada penggalan tubuh tertentu hingga berakibat pada terbentuknya watu pada kanal kemih.


Meskipun tidak termasuk penyakit yang mematikan, namun penyakit asam urat menimbulkan rasa nyeri yang amat sangat sehingga sangat mengganggu penderitanya, terlebih penyakit ini juga mempunyai abjad simpel kambuh, untuk itulah sangat penting bagi masyarakat untuk mengetahui secara mendalam penyakit asam urat berikut penyebab dan cara pengobatannya. Ingin tau lebih terang ihwal apa itu asam urat, penyebab dan apa saja tumbuhan yang sanggup menyembuhkannya? Di bawah ini kami telah merangkumnya dalam rincian beberapa penjelasan.


Pengertian Asam Urat


Asam urat merupakan sebuah asam yang berbentuk kristal sebagai hasil dari metabolisme purin. Secara alami, 85% kandungan purin telah dihasilkan oleh tubuh manusia, sehingga untuk memenuhi kandungan purin ini tubuh hanya memerlukan 15%, yang sanggup diperoleh dari makanan bersel hidup menyerupai tanam-tanaman, binatang dan ikan. Namun yang perlu diingat kandungan purin ini dilarang berlebihan, alasannya ialah akan berdampak pada penumpukan asam urat. Yang apabila jumlahnya terlalu berlebihan, maka tubuh akan kesulitan mengatur sistem pembuangannya, wujud asam urat yang berbentuk kristal ini sangatlah tajam dan sering kali mengakibatkan rasa nyeri yang sangat amat, kondisi inilah yang disebut sebagai penyakit asam urat.


Penyebab Timbulnya Masalah Asam Urat


Ada beberapa faktor yang melatarbelakangi timbulnya penyakit asam urat ini. Penyebab asam urat dibedakan menjadi dua kategori yakni penyebab asam urat primer dan penyebab sekunder.



  1. Penyebab Asam Urat Primer

    Penyebab penyakit asam urat primer ialah alasannya ialah faktor genetik dan faktor hormonal yang sanggup mengganggu metabolisme purin serta menimbulkan peningkatan produksi asam urat dalam tubuh.

  2. Penyebab Asam Urat Sekunder

    Berbeda dengan penyebab primer, asam urat sekunder dipengaruhi oleh faktor dari luar yang antara lain ialah teladan makan yang tidak terkontrol, terutama konsumsi makanan tinggi purin, konsumsi alkohol, efek obat-obatan kimia, obesitas, serta tanggapan keracunan timbal. Selain itu resiko penyakit asam urat sekunder ini juga sanggup dialami oleh penderita penyakit pada darah dan penyakit diabetes.


Bagaimana Cara Pengobatan Penyakit Asam Urat?


Ada beberapa cara atau perjuangan yang sanggup anda lakukan untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah, yakni sanggup dilakukan dengan pengobatan modern atau medis dan pengobatan tradisional. Untuk pengobatan modern, selain melalui obat-obatan kimia yang diresepkan oleh dokter, juga dilakukan melalui jadwal rehabilitasi yakni dengan cara mengistirahatkan penggalan sendi yang sakit, melaksanakan pemanasan dan pendinginan pada sendi yang sakit dan memanfaatkan arus listrik untuk meningkatkan ambang rasa sakit. Namun cara pengobatan modern ini cukup dihindari oleh beberapa orang alasannya ialah imbas negatif dari obat-obatan kimia yang digunakan.


Pengobatan tradisional menjadi alternatif pengobatan yang dipilih oleh mereka yang menghindari pengobatan medis. Selain aman, obat-obatan tradisional juga lebih alami, serta ampuh untuk mengurangi rasa nyeri dan kandungan asam urat dalam tubuh serta lebih hemat dan simpel diperoleh. Karena berasal dari bahan-bahan alami akar-akaran ataupun tumbuhan obat, tubuh pun lebih simpel mengikuti keadaan dan mendapatkan kandungan obat-obatan tradisional ini. Mengatasi asam urat dengan tumbuhan obat perlu dicoba, alasannya ialah selain sederhana, kandungan tumbuhan obat asam urat juga terbukti sanggup mencegah cacat sendi, serta mencegah terjadinya komplikasi pada ginjal dan organ tubuh lainnya, namun tentu harus dikonsultasikan kepada dokter terlebih dahulu untuk menghindari ketidakcocokan dan alergi dari tumbuhan obat yang digunakan.


Tanaman Obat Yang Ampuh Mengurangi Kadar Asam Urat Dalam Darah


Obat Tradisional merupakan obat-obatan yang diolah dari materi alami menyerupai akar-akaran, daun maupun penggalan tumbuhan obat lainnya. Dan menurut hasil penelitian, ada beberapa tumbuhan yang mempunyai senyawa anti radang dan senyawa aktif yang efektif mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Berikut tumbuhan obat yang sanggup anda gunakan sebagai obat asam urat:


1 . Sidaguri (Sida Rhombifolia L)


Sidaguri merupakan tumbuhan perdu liar yang tumbuh subur di kawasan tropis berketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut. Tanaman yang tumbuh tegak bercabang ini telah dipercaya sebagai obat tradisional asam urat dan rematik. Dimana dalam tumbuhan ini terkandung senyawa alkaloid, kalsium oksalat, tanin, fenol, saponin, asam amino, zat philegmatic dan minyak terbang.


 memiliki khasiat yang ampuh dan telah dipercaya secara turun temurun 6 Tanaman Obat Untuk Penderita Asam Urat
Sidaguri mempunyai daun yang lonjong dengan tepi bergerigi juga bunga kecil berwarna kuning.

Untuk penggunaannya, tumbuhan ini sanggup dipakai dalam kondisi segar ataupun dikeringkan, selain itu sanggup dipakai sebagai obat dalam dan obat luar, untuk obat dalam, tumbuhan sidaguri ini direbus dengan komposisi 60 gram tumbuhan sidaguri dan 600 cc air, rebus ramuan ini hingga tersisa 300 cc, selanjutnya saring dan konsumsi secara rutin pagi dan sore. Sedang untuk pemakaian luar, anda sanggup menumbuk tumbuhan sidaguri segar hingga halus, untuk selanjutnya diusapkan pada sendi yang nyeri.


2. Daun Salam (Syzygium Plyanthum)


 memiliki khasiat yang ampuh dan telah dipercaya secara turun temurun 6 Tanaman Obat Untuk Penderita Asam Urat
Gambar daun salam.

Tanaman daun salam merupakan salah satu tanaman penghasil bumbu masak yang sangat terkenal sebagai penyedap rasa. Terdapat beberapa senyawa yang terdapat dalam daun salam yang antara lain, minyak asiri, tanin, dan flavonoid yang selain sanggup berfungsi sebagai penghilang rasa nyeri, juga sanggup berfungsi sebagai diuretic atau peluru kencing sehingga sanggup menurunkan kadar asam urat dalam darah. Selain sanggup menurunkan kadar asam urat, daun salah juga sanggup mengobati bermacam-macam penyakit lainnya menyerupai rematik, kolesterol tinggi, maag, kencing manis, tekanan darah tinggi serta diare. Untuk penggunaannya, cukup rebus 7 lembar daun salam dengan 2 gelas air putih, biarkan hingga mendidih dan tersisa 1 gelas air, saring dan minum pagi dan sore.


3. Sambiloto (Andrographis Peniculata)


 memiliki khasiat yang ampuh dan telah dipercaya secara turun temurun 6 Tanaman Obat Untuk Penderita Asam Urat


Tanaman sambiloto merupakan tumbuhan obat yang cukup populer. Tanaman yang berasal dari India ini mempunyai khasiat sebagai anti radang, analgetik atau penghilang rasa nyeri dan penawar racun. tumbuhan sambiloto ini mengandung senyawa kimia laktone, flavonoid, keton, alkane, aldehid dan mineral menyerupai kalium, natrium, dan kalsium. Beragamnya kandungan dalam tumbuhan sambiloto ini yang menciptakan semua penggalan tumbuhan sanggup dipakai sebagai obat. Untuk mengolahnya, anda sanggup merebus sambiloto dengan bahan-bahan lainnya dengan komposisi 10 gram sambiloto kering, 10 gram temulawak kering, dengan 5 gelas air, rebus ramuan tersebut hingga tersisa 3 gelas air, selanjutnya saring dan sanggup dikonsumsi 3 kali sehari, 1 jam sebelum makan atau 2 jam sesudah makan.


4. Temulawak (Curcuma Xanthorrhiza Roxb)


 memiliki khasiat yang ampuh dan telah dipercaya secara turun temurun 6 Tanaman Obat Untuk Penderita Asam Urat
Gambar rimpang temulawak.

Temulawak  merupakan salah satu rimpang yang mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan, sehingga tak heran bila tumbuhan ini banyak dipakai sebagai materi obat tradisional. Temulawak sendiri mempunyai banyak khasiat, menyerupai antiradang, diuretic, antisembelit dan tonikum. Selain itu dalam temulawak juga terdapat kandungan pati, kurkuminoid, dan minyak atsiri sehingga tidak hanya sebagai obat untuk kesehatan, temulawak juga bermanfaat bagi kecantikan. Untuk mengkonsumsinya, anda sanggup merebus temulawak dengan materi lainnya, dan ramuan temulawak ini juga sanggup dikonsumsi secara rutin dan teratur.


5. Kumis Kucing (Orthosiphon Aristatus)


Tumbuhan kumis kucing merupakan salah satu tumbuhan obat tradisional asam urat yang sangat mujarab. Selain sanggup berfungsi sebagai diuretik, juga berfungsi sebagai anti basil dan mempunyai kandungan senyawa orthosiphonin. Untuk mengolahnya, Anda sanggup mencampurkan 10 gram daun kumis kucing kering, 10 gram meniran kering dan 15 gram jahe merah dengan satu liter air, rebus hingga tersisa air setengahnya, dan konsumsi dua kali sehari.


 memiliki khasiat yang ampuh dan telah dipercaya secara turun temurun 6 Tanaman Obat Untuk Penderita Asam Urat
Gambar tumbuhan kumis kucing.

6. Anting-anting (Acalypha Indica)


Tanaman anting-anting atau yang disebut akar kucingan atau oleh masyarakat Sunda disebut dengan kokosan merupakan salah satu obat tradisional asam urat yang populer. Selain bermanfaat sebagai antibiotik, tumbuhan anting-anting juga bermanfaat sebagai antiradang, diuretik, penghenti darah dan pencahar. Anda sanggup merebus 5-7 potong akar anting-anting kering ataupun segar dengan 2 gelas air hingga tersisa satu gelas, dan konsumsi secara rutin 2-3 kali sehari.


 memiliki khasiat yang ampuh dan telah dipercaya secara turun temurun 6 Tanaman Obat Untuk Penderita Asam Urat
Gambar tumbuhan anting-anting.

Memperbaiki Pola Hidup


Selain menurunkan kadar asam urat dengan tumbuhan obat tradisional, untuk mempercepat penyembuhan, anda juga harus menerapkan teladan hidup sehat.



  • Kenali makanan yang mengandung purin tinggi untuk pengaturan diet. Makanan yang tinggi kandungan purin antara lain ialah jeroan, udang, kerang, remis, makanan olahan daging menyerupai abon, dendeng, sosis, kornet dan sebagainya, makanan mengandung ragi, alkohol dan makanan kaleng.

  • Mengurangi berat badan. Penurunan berat tubuh yang seimbang sanggup mengurangi kadar asam urat dalam darah.

  • Memperhatikan teladan istirahat. Selain mengatur teladan tidur yang cukup, mengistirahatkan sendi atau anggota tubuh yang terjangkit asam urat juga harus diperhatikan.

  • Hindari memijat area tubuh yang abses tanggapan asam urat, untuk mengurangi pembengkakan, lakukan pengompresan dengan air dingin.

  • Yang terakhir olahraga secara teratur.Demikianlah gosip terkait penyakit asam urat, penyebab, cara pengobatan dan tumbuhan obat herbal yang sanggup menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Semoga gosip yang telah kami sampaikan sanggup menambah pengetahuan anda untuk pencegahan penyakit asam urat maupun dalam menentukan pengobatan yang sesuai dengan kondisi anda.


Klik disini untuk melihat koleksi bibit tumbuhan obat yang kami jual.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "6 Tanaman Obat Untuk Penderita Asam Urat"

Posting Komentar