3 Macam Penggunaan Enough

Enough yang berarti cukup yaitu sebuah kata keterangan tingkat (adverb of degree). Kata keterangan tingkat yaitu kata yang dipakai untuk mengambarkan hingga seberapa jauh tingkatan acara atau peristiwa.

Penggunaan Enough

Seperti kata keterangan lainnya, enough sanggup diletakkan sebelum atau sehabis kata yang diterangkan. Namun terdapat perbedaan dengan kata keterangan lain, enough mempunyai hukum tersendiri apakah terletak sebelum atau sehabis kata yang diterangkan. Perbedaan letak inilah yang sering muncul dalam tes-tes bahasa Inggris. Umumnya, para penerima tes tidak sanggup menjawab dengan benar alasannya belum tahu hukum penggunaannya. 

Aturan Penggunaan Enough

A. Adjective + Enough

Jika mengambarkan kata sifat (adjective), maka enough terletak setelahnya. Kata sifat yaitu kata yang dipakai untuk mengambarkan kata benda (noun) atau kata ganti (pronoun)  yang sanggup berupa orang , kawasan , hewan , benda atau hal abstrak. 

Beberapa kata sifat : beautiful, good, bright, sad, angry, tall, dan big. Perlu diingat, kata sifat terdiri dari beberapa jenis dan biasa disingkat dengan OSASCOM ( Opinion, Size, Age, Shape, Color, Origin, dan Material). 

Contoh :
She is beautiful enough. 
His performance is good enough to be broadcasted. 
The sky is bright enough. 

B. Adverb + Enough

Jika mengambarkan kata keterangan (adverb), maka enough juga terletak setelahnya. Kata keterangan yaitu kata yang memberi keterangan pada kata sifat, kata kerja, kata benda atau bahkan kata keterangan lain. 

Beberapa kata keterangan : fast, slow, late, rarely, dan often. Seperti kata sifat, kata keterangan juga terdiri dari beberapa jenis. 

Contoh :
The kid is late enough to sleep. 
I am sure, this motorcycle is fast enough to compete the racing championship. 
Mr. Robert visits his mother often enough since He knew that his mother is sick. 

C. Enough + Noun

Ini yang berbeda. Jika mengambarkan kata benda (noun), maka enough terletak sebelumnya.  Kata benda yaitu kata yang dipakai untuk menamai suatu objek menyerupai orang, benda, tempat, serta konsep/ide. Kata benda sanggup berbentuk  tunggal (singural) atau (plural).

Beberapa kata benda : money, handphone, laptop, tree, light, friend, dan people. 

Contoh :
I don't have enough money to buy the smartphone.
The lamp can't emit enough light. 
I don't have enough people to join the competition. 

Setelah memahami hukum penggunaan enough, akan lebih baik jikalau dilanjutkan dengan memperlajari kata sifat, kata benda dan kata keterangan. Kurang lengkap jikalau mengetahui hukum penggunaan enough akan tetapi tidak sanggup membedakan kata sifat, kata benda, dan kata keterangan. 

Sumber http://realmaun.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "3 Macam Penggunaan Enough"

Posting Komentar