10 Karya Frank Gehry Yang Menginspirasi



Gehry ialah sorang arsitek kelahiran Toronto, Kanada. Sejak kecil beliau merupakan anak yang kreatif sampai menjadi pemenang Pritzker Architecture Prize. Pengalaman desainnya sudah tak perlu diragukan lagi. Berikut ialah 10 

Karya Frank Gehry yang dapat kita jadikan inspirasi.


1. Gehry Tower di Hanover, Jerman



Gedung 9 lantai ini didanai oleh Hanover Transport Services (üstra). Didesain dengan konsep yang unik dengan baja stainless berbentuk spiral. Dibangun dengan teknologi tercanggih pada massanya. Ini merupakan salah satu bangunan yang ikonik di Hanover Jerman.


2. Walt Disney Concert Hall di Los Angeles, Amerika



Mengunjungi Los Angeles tidak akan lengkap bila belum ke Walt Disney, maka dari itu Concert Hall ini dipercayakan pada Gehry untuk membuat kejutan yang spektakuler. Didesain dengan teliti serta memperhatikan tatanan akustik dan sentuhan ala Frank Gehry membuat pengunjung tidak akan melupakan salah satu karya Gehry ini. Bangunan ini pun menjadi ikon di Kota Los Angeles.


3. Weisman Art Museum di Minneapolis



Museum seni ini dibuka pada tahun 1993 dan dikembangkan lagi pada tahun 2011 yang masih memakai jasa Gehry untuk membuat ruang dengan kesan mengalir dan tak berbatas.


4. Cinémathèque Française di Paris, Perancis



Bangunan ini merupakan museum film di Perancis yang mempunyai berbagai arsip perfilman dari seluruh dunia. Bangunan ini pertama kali dibuka pada tahun 1994.


5. Peter B. Lewis Building di Cleveland, Ohio



Sejak konstruksinya tahun 2002, bangunan ini telah dipakai oleh Weatherhead School of Management at Cleveland’s Case Western Reserve University. Eksteriornya yang ditutupi oleh stainless steel serasa melayang di atas permukaan bata.


6. Stata Center, Massachusetts Institute of Technology di Cambridge



Bangunan ini mempunyai luas 720.000 kaki persegi. Terlihat dari fasade seolah bangunan ini belum selesai. Gaya dekonstruksi membuat kesan janggal menyerupai kolom miring, tembok miring, sudut yang jungkit, menyimpang dan bertabrakan seolah bangunan ini akan runtuh. Namun ini semua ialah improvisasi dari sang arsitek.


7. Lou Ruvo Center di Las Vegas



Lou Ruvo Center beroperasi sebagai sentra pengobatan rawat jalan dan kemudahan penelitian di sentra kota Las Vegas. Lusanya sekitar 65.000 kaki persegi dan meliputi 13 kamar pemeriksaan, kantor untuk praktisi kesehatan dan peneliti, sebuah "Museum of Mind" dan sebuah auditorium masyarakat.


8. New York by Gehry di New York City, Amerika



New York by Gehry ialah apartemen dengan 899 unit yang juga meliputi kemudahan untuk kelas 8 sekolah umum, sentra perawatan rawat jalan, ruang ritel, dan parkir di tingkat yang lebih rendah. Luasnya 1.040.904 kaki persegi, bangunan ini mempunyai 76 lantai dengan tinggi 870 kaki.


9. Dancing House di Prague, Belanda



Dirancang oleh Gehry bekerja sama dengan arsitek Kroasia-Ceko  Vlado Milunić di lahan depan sungai, The Dancing House ialah julukan yang diberikan untuk gedung Nationale-Nederlanden yang simpulan pada tahun 1996.


10. Guggenheim Museum di Bilbao, Spanyol



Sebuah fusi kompleks, bentuk-bentuk berputar-putar dan efek material yang menawan, Guggenheim Museum tidak hanya mengubah cara arsitek dan orang-orang berpikir ihwal museum, tetapi juga mendorong perekonomian Bilbao. Bahkan, fenomena museum ini yang menjadi viral dalam dunia arsitektur kini disebut sebagai "Bilbao Effect."
Demikian Karya dari Frank Gehry, agar menginspirasi

Thanks to Supporting References :
https://www.dwell.com/article/13-iconic-buildings-designed-by-frank-gehry-e23f49d3

Note : Share & Copy Artikel harap menyertakan sumber

Sumber http://www.arsitur.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "10 Karya Frank Gehry Yang Menginspirasi"

Posting Komentar