Tips Menanam Nangkadak Di Kebun Sendiri – Semoga Buah Melimpah

 Tapi yang unik dari flora yang satu ini ialah Tips Menanam Nangkadak di Kebun Sendiri – Agar Buah MelimpahSeperti yang kita tahu, nangkadak ialah jenis buah nangka. Tapi yang unik dari flora yang satu ini adalah, lantaran hasil dari persilangan antara buah nangka dan cempedak. Buah nangka ini juga mewarisi sifat unggul dari buah nangka mini dan juga cempedak yang tentunya mempunyai cita rasa manis dan legit.


Proses penanaman nangkadak


Proses penanaman nangkadak ini sangat menarik untuk kita ketahui:



  • Pemilihan bibit yang baik


Bibit sanggup di peroleh dari perbanyakan dari biji okulasi ataupun cangkok. Bahkan pembibitan sanggup kita lakukan sendiri. Tapi perlu di perhatikan bahwa menentukan bibit itu ialah proses yang paling penting, lantaran sanggup mensugesti kelangsungan pertumbuhan tumbuhan untuk selanjutnya. Misalnya, bibit nangkadak harus bebas dari hama penyakit, berdaun hijau dan segar dan paling terpenting tidak layu, tips yang paling penting dalam menanam nangkadak di kebun sendiri ialah dengan memastikan berbatang kokoh tidak kering dan menentukan cabang rindang.



  • Lokasi penanaman


Untuk lokasi yang cocok dalam menanam nangkadak ini ialah dengan menentukan dataran dengan ketinggian berkisar 0-800 m dpl dan mempunyai curah hujan tahunan. Selain itu tips menanam nangkadak di kebun sendiri juga yang perlu di perhatikan ialah dengan memastikan sekitar lingkungan harus higienis dari rumput liar di sekitar lahan yang akan di tanam. Selain itu, pastikan lahan tidak terlalu sempit, tanahnya juga kaya dengan unsur hara, dan menerima sinar matahari langsung.



  • Pembuatan lubang di lahan


Kita sanggup memakai cangkul untuk menciptakan lubang pada tanah. Kemudian masukkan kompos atau pupuk sangkar yang sudah terfermentasi dan sekam, kemudian aduk hingga merata dan diamkan selama 2-3 hari, biarkan itu terkena sinar matahari secara langsung. Tujuannya, biar kuman sumber penyakit sanggup mati.



  • Penanaman


Perakaran bibit nangkadak harus di letakkan pada lubang tanam yang sudah di sediakan tadi. Kalau membeli bibit di toko, biasanya sudah tertanam pada media polybag, jadi cara mudahnya, kita tinggal menyobek plastik polybag dengan hati-hati, jangan hingga balutan tanah dan perakaran putus. Posisi bibit pun perlu di perhatikan, contohnya pastikan posisi bibit jangan miring, haruslah tegak lurus. Tujuannya, biar sanggup tumbuh tepat saat di tanam nanti. Coba cek juga tentang Cara Merawat Pot Gantung dan Tanaman Hiasnya



  • Penutupan lubang


Setelah bibit nangkadak di letakkan pada lubang tanam, kita tinggal tutup dengan media adonan tanah juga kompos dan sekam yang sudah kita persiapkan. Tapi jangan lupa untuk menutupnya hingga rapat. Tips menanam marigold yang gampang juga dengan cara epilog lubang tanam di padatkan sedikit dengan di injak-injak dengan baik. Jangan terlalu padat juga saat menginjak-injaknya, lantaran ini sanggup menghambat proses pertumbuhan tanamannya.



  • Penyiraman


Untuk penyiraman, yang perlu di perhatikan ialah jangan menyiram tumbuhan ini menjadi terlalu becek. Jangan memakai alat yang sanggup menyiram tumbuhan ini, sehingga menyentuh marigold secara langsung. Coba dengan menyiram memakai semprotan tanaman, atau botol minuman yang di isi air dengan cukup. Coba cek juga tentang Cara Pembuatan Biogas Mini untuk Pupuk Tanaman









  • Pemupukan


Pemupukan yang rutin, sanggup sangat bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman. Ini memperlihatkan nutrisi dengan baik bagi pertumbuhan tanaman. Bahkan bila pemupukan di lakukan dengan rutin, ini sanggup membantu tumbuhan terhindar dari penyakit dan tetap terus sehat bahkan meleset dari kuman yang mau menyerang.



  • Perangsangan


Agar flora nangkadak sanggup bertumbuh dengan cepat, perlu di berikan hormon yang sanggup merangsang pertumbuhan buah dan bunga. Bahkan, bila kita mencoba untuk merangsang pertumbuhan buah dan bunga, itu sanggup menghasilkan buah yang lebih berkualitas. Perangsang buah yang paling terlihat karenanya ialah POC BMW. Perangsang buah yang satu ini sanggup terbukti menghasilkan buah yang berkualitas. Bahkan terbukti menghasilkan banyak buah yang baik, hanya dalam beberapa hari saja. Coba cek juga tentang Cara Membuat Sabut Kelapa sebagai Pupuk Organik Cair



  • Perawatan


Perawatan untuk flora yang satu ini juga sangat penting. Agar tumbuh secara optimal, Cobalah untuk menyiramnya 1-2 kali sehari. Tapi juga bergantung kelembapan tanahnya. Itu sebabnya, jangan lupa untuk membersihan rumput -rumput yang tumbuh di sekitaran tumbuhan ini. 








  • Penanggulangan hama dan penyakit


Cara yang paling efektif dalam hal ini ialah dengan penyemprotan insektisida. Dalam penanggualangannya, kita sanggup semprotkan 5 hari sekali untuk benar-benar memastikan bahwa hama dan penyakit tidak hingga pada flora ini.


Selain itu, ternyata nangkadak menghasilkan daging bauh yang sedikit di karenakan faktor penyerbukan bunga jantan dan bunga betina yang kurang sempurna. Itu sebabnya, biar penyerbukan tumbuh sempurna, sanggup dilakukan dengan metode atau cara lain yang sanggup di lakukan dengan baik. Caranya ialah dengan penyerbukan buatan. Ini sanggup di lakukan dengan mengawinkan betina nangkadak dengan pejantan nangkadak.  Coba cek juga tentang Ciri-Ciri Tanaman Kekurangan Unsur Hara NPK


Perlu di pastikan juga untuk mengatur waktu yang tepat dalam hal pengawinan, kita harus benar-benar memastikan bahwa betina memang benar-benar sanggup siap kawin. Cirinya:



  1. Bunga di selimuti bulu-bulu lembut dengan warna hijau cerah

  2. Sudah kering dan mengeras

  3. Bunga jantan nangkadak menyerupai pejantan nangka

  4. Bunga betina nangkadak gemuk


Yang paling penting ialah serbuk bunga jantan melekat di bunga betina. Jika sudah menyerupai itu, niscaya tumbuhan nangkadak ini sanggup tumbuh dengan baik dan menghasilkan banyak buah yang berkualitas. Pohon nangkadak sanggup memproduksi buah antara 50-75 buah setiap tahun saat tumbuhan gres mencapai usia hingga 2-3tahun.


Dan itu akan terus meningkat seiring bertambahnya usia pohon. Penanaman nangkadak memang tidak mudah, namun bila kita mengetahui dengan baik wacana penanaman buah ini, niscaya karenanya bagus.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Tips Menanam Nangkadak Di Kebun Sendiri – Semoga Buah Melimpah"

Posting Komentar