Tips Menanam Marigold – Pemupukan Dan Perawatan

Marigold merupakan tumbuhan yang sedikit susah untuk bertumbuh di tempat yang benar Tips Menanam Marigold – Pemupukan dan PerawatanMarigold merupakan tumbuhan yang sedikit susah untuk bertumbuh di tempat yang benar-benar harus di pilih dengan baik. Artinya, tumbuhan tersebut akan mati pada animo cuek dan tidak akan hidup lagi di pertumbuhan animo selanjutnya.


Cara penanaman marigold


Ada beberapa hal yang harus di perhatikan untuk menanam tumbuhan yang satu ini:



  • Penanaman marigold


Tips menanam marigold yang paling ampuh yaitu dengan mengetahui penanaman marigold sebaiknya di tanam ketika sehabis animo dingin, tujuannya supaya sanggup menerima sinar matahari dengan baik. Jangan lupa juga untuk menanamnya ketika hari cerah atau pagi hari.



  • Penentuan penanaman marigold


Marigold sanggup tumbuh baik kalau di taruh di tempat atau wadah pot atau yang lainnya. Tapi perlu di perhatikan juga kalau tumbuhan ini, ketika tumbuh membutuhkan ruang untuk menyebar. Jaraknya antara 60-90 cm. Tujuannya supaya marigold sanggup tumbuh dengan menerima sinar matahari yang cukup. Coba cek juga tentang Cara Merawat Pot Gantung dan Tanaman Hiasnya



  • Harus terkena sinar matahari


Marigold sanggup tumbuh tepat dan baik, kalau menerima cahaya matahari sepenuhnya. Meskipun tumbuhan ini sanggup bertahan tumbuh kalau 20% menerima tempat teduh, tapi sebaiknya jangan menanam marigold di tempat teduh sepenuhnya, lantaran ini tidak sanggup berkembang dengan baik.



  • Bisa tumbuh di tanah yang kering dan berpasir


Namun, tidak sangat dianjurkan untuk tumbuh di tanah yang becek. Itu sebabnya niscaya di pastikan bahwa wadah tempat menanam marigold, harus mempunyai drainase yang cukup. Misalnya, di kepingan bawah wadah sanggup di tambahkan satu lapis kerikil kemudian di tutup rapat pasir atau tanah, sebelum mau menambahkan drainase lagi.



  • Penanaman dari benih



  1. Variasi adonan benih, biasanya tidak di mulai dari benih. Karena banyak sekali bentuk jenis benih sanggup berbeda pertumbuhannya. Misalnya, benih prancis sanggup tumbuh lebih cepat daripada benih afrika.

  2. Jika mempunyai benih sisa, sebaiknya di simpan untuk animo pertumbuhan berikutnya. Kemudian simpanlah di tempat yang sejuk dan kering. Misalnya, mason jar. Coba cek juga tentang Cara Pembuatan Biogas Mini untuk Pupuk Tanaman


Dalam memulai pertumbuhan, sebaiknya gunakan tanah yang mengndung gizi yang baik, daripada tanah biasa. Alasannya, kalau memakai tanah dengan gizi yang baik, itu sanggup menawarkan dorongan gizi komplemen pada benih dan memudahkan akar muda menjadi lebih kuat.


Tips menanam marigold lainnya yaitu dalam menanam benih, hindari menabur benih pada penanaman benih lebih dari satu benih. Alasannya biar dalam pertumbuhannya tidak berebutan sinar matahari dan oksigen.


Menyiram benih yang gres di tanam dengan memakai botol air sanggup menyingkirkan benihnya. Itu sebabnya gunakan semprotan air yang higienis yang sanggup menjaga kelembapannya tanah dengan baik.


Untuk menggali keluar bibit penanaman, lebih baik gunakan sendok kecil atau alat kecil lainnya biar tidak hingga merusak akarnya. Jangan lupa untuk menyingkirkan bibit yang mati atau berwarna cokelat. Itu sanggup memberi efek yang tidak baik untuk pertumbuhan marigold. Coba cek juga tentang Cara Membuat Sabut Kelapa sebagai Pupuk Organik Cair








Proses perawatan marigold



  1. Penanaman marigold juga perlu di perhatikan. Misalnya, longgarkan tanah dengan menggali hingga kedalaman hingga minimal 15 cm.

  2. Gunakan alat pengisi udara dengan tangan, atau cangkul. Tapi sebaiknya, gunakan tangan anda untuk melonggarkan gumpalan tanah yang besar. Dan coba pastikan untuk berongga biar oksigen sanggup mencapai akar tanaman.

  3. Sangat di perhatikan untuk menyingkirkan alat apapun yang sanggup menghambat pertumbuhan tanaman. Misalnya tongkat, batu, dan puing. Tutup bola akar dengan tanah biar pertumbuhannya baik. Gunakan kaleng air untuk menyiram tanaman, biar sanggup benar-benar memastikan penyiramannya tidak terlalu banyak air.

  4. Supaya tanah sanggup lembap, coba sebarkan 2,5-5cm lapis jerami, kulit pinus, atau materi organik lainnya, untuk membantu menghindari pertumbuhan gulma. Coba cek juga tentang Ciri-Ciri Tanaman Kekurangan Unsur Hara NPK








Pemberian pupuk


Berikan pupuk pada tanah. Biasanya pupuk rumahan mengandung bahan-bahan yang penting dalam tiga dasar gizi, nitrogen, fosfor dan kalium. Marigold sanggup tumbuh dengan baik, kalau pupuk mengandung bahan-bahan yang tertulis di kemasan dengan baik. Tapi ada beberapa hal yang harus di perhatikan:



  • Tapi, perlu di perhatikan bahwa marigold sanggup berkembang dengan baik, kalau memakai pupuk 20-10-20 (mengandung tiga materi dasar itu). Jangan terlalu banyak menawarkan pupuk pada tumbuhan anda, lantaran itu sanggup merusak tumbuhan marigold anda. Sebaiknya berikan pupuk dalam waktu satu kali dalam dua minggu. Itu sudah sangat cukup.

  • Tips menanam marigold sanggup juga memakai deadhead. Ini yaitu proses membudidayakan yang sangat bagus. Caranya, coba menggunting bunga yang sudah mati pada tumbuhan anda.

  • Meskipun ini tidak terlalu di perlukan, tapi proses membudidayakan ini sanggup membantu pertumbuhan marigold dengan baik. Bisa mempercepat tumbuhan untuk menghasilkan bunga baru. Selain itu, untuk menciptakan marigold anda padat, petiklah pertumbuhan gres yang tidak diinginkan.


Meskipun marigold tumbuhan yang kuat, tapi ini juga sanggup lemah dan mati hanya lantaran hama yang sanggup merusak tumbuhan ini. Sedikit larutan sabun insektisida, yang sanggup mampu membantu menjauhkan hama tanpa meracuni tumbuhan anda.


Kebanyakan jenis tumbuhan marigold tumbuh cukup akrab dengan tanah, jadi kalau anda mempunyai tumbuhan marigold yang variasinya tinggi ibarat dari jenis marigold afrika, di pastikan anda membutuhkan tiang yang sanggup menahan tumbuhan ini, biar sanggup tumbuh dengan baik. Tiang itu akan tumbuh untuk menopang batangnya. Ketinggian tiang pun perlu di perhatikan.


Usahakan gunakan tiang dengan ketinggian sekitar 60 cm, dan coba ikat batang pada tiang dengan memakai kain halus yang berbahan elastis. (stocking nilon bau tanah sanggup dipakai untuk ini.) Pertumbuhan tumbuhan ini sangat penting di perhatikan.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Tips Menanam Marigold – Pemupukan Dan Perawatan"

Posting Komentar