Perangkat Lunak (Software) Komputer

Perangkat Lunak (Software) - Bagi sobat yang sudah bersahabat dengan komputer, niscaya sudah mengenal dengan yang namanya perangkat lunak atau yang biasa disebut software. Istilah software pertama kali dipakai oleh John W. Tukey pada tahun 1957. Dalam istilah ilmu komputer dan teknik, software yaitu semua aktivitas komputer. Bagi sobat yang ingin tahu lebih perihal perangkat lunak, berikut ini menghadirkan pengertian dan jenis jenis perangkat lunak (software). Semoga bermanfaat. Check this out!!!

A. Pengertian Perangkat Lunak (Software)


Perangkat lunak (software) atau disebut juga dengan peranti lunak yaitu sebuah aktivitas komputer yang menjembatani pengguna komputer dan perangkat keras yang sedang digunakannya. Dengan kata lain, perangkat lunak merupakan penerjemah antara insan sebagai orang yang memberi kode dan komputer sebagai pihak yang mendapatkan instruksi.



 Bagi sobat yang sudah bersahabat dengan komputer Perangkat Lunak (Software) Komputer


B. Jenis-jenis Perangkat Lunak (Software)


Dilihat dari fungsinya, perangkat lunak komputer terbagi menjadi dua kategori, yakni perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi.


1. Perangkat Lunak Sistem

Perangkat lunak sistem yaitu perangkat lunak yang berafiliasi pribadi dengan komponen-komponen perangkat keras komputer, perawatan maupun pemrogramannya. Perangkat lunak sistem meliputi:

  • Sistem Operasi, sistem operasi yaitu perangkat lunak yang bertugas mengontrol dan melaksanakan administrasi perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan perangkat lunak aplikasi menyerupai pengolah kata dan browser web. Komputer tidak sanggup menjalankan perangkat lunak aplikasi yang sangat kita butuhkan kalau tidak mempunyai sistem operasi di dalamnya. Dewasa ini, tersedia banyak sekali pilihan sistem operasi, contohnya Linux, Unix, FreeBSD, Solaris, Macintosh dan Microsoft Windows.
  • Bahasa Pemrograman, bahasa pemrograman yaitu intruksi dan hukum yang tertuang dalam bentuk kode-kode yang diberikan pada komputer untuk melaksanakan suatu tugas. Manusia memperlihatkan kode yang dimengerti komputer melalui bahasa pemrograman, dan komputer akan menerjemahkannya. Berdasarkan levelnya, bahasa pemrograman dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu: low level language (contohnya bahasa Assembly), middle level language (contohnya bahasa C dan C++), dan high level language (contohnya bahasa BASIC dan Pascal).
  • Program Utility, program utility yaitu perangkat lunak yang ditujukan untuk melengkapi kinerja sistem operasi dan meningkatkan kinerja komputer. Salah satu teladan aktivitas utility yaitu antivirus. Sistem operasi biasanya tidak dilengkapi dengan antivirus. Karena itu kita harus menambahkan sendiri aktivitas utility ini. Contoh lain aktivitas utility yaitu aktivitas untuk mempartisi hardisk dan merapikan file-file yang tersebar di hardisk (disebut defragmentasi).

2. Perangkat Lunak Aplikasi
Selain perangkat lunak sistem, komputer membutuhkan perangkat lunak aplikasi semoga edapat menangani pekerjaan-pekerjaan spesifik kita. Perangkat lunak aplikasi yaitu perangkat lunak yang berfungsi membantu insan menuntaskan suatu pekerjaan pada bidang tertentu. Jenis perangkat lunak aplikasi sangat lah banyak, berikut yaitu beberapa perangkat lunak aplikasi yang umum terdapat dalam komputer:

  • Program Aplikasi Pengolah Kata, Program aplikasi pengolah kata dipakai untuk pengolahan naskah-naskah, menyerupai surat-menyurat, buku diktat, proposal laporan kegiatan, media informasi (brosur, liftlet, kartu undangan, kartu nama), dan lainnya. Beberapa teladan aktivitas pengolah kata: Microsoft Word, Word Perfect, Adobe Page Maker, dan lain-lain.
  • Program Aplikasi Pengolah Angka, Perangkat lunak pengolah angka yaitu perangkat lunak yang dipakai untuk menuntaskan pengolahan banyak sekali data kuantitatif (angka) dengan cepat dan akurat. Dengan pengolah angka, user sanggup menyajikan data secara cepat dan tepat, baik dalam bentuk tabel maupun grafik. Beberapa teladan aktivitas pengolah angka antara lain : Lotus 1-2-3, Microsoft Excel.
  • Program Aplikasi Pengolah Presentasi, Program aplikasi pengolah presentasi yaitu aktivitas aplikasi untuk merancang slide yang biasa dipakai untuk presentasi dalam suatu pertemuan. Hasil perancangan tersebut sanggup ditampilkan dalam banyak sekali bentuk media komunikasi menyerupai layar monitor, layar lebar melalui InFocus, Head Projector, LCD , internet, dan sebagainya. Beberapa teladan aktivitas pengolah presentasi yaitu Microsoft PowerPoint, OpenOffice Impress, Macromedia Authorware.
  • Program Aplikasi Pengolah Data, Perangkat lunak pengolah data yaitu aktivitas aplikasi untuk mengelola data yang sangat besar. Dengan aktivitas pengolah data, kita sanggup secara cepat dan akurat memasukkan dan menyunting data, menyeleksi data dengan kriteria tertentu, menciptakan laporan data dengan kriteria tertentu, dan lain-lain. Biasanya aktivitas pengolah data dipakai untuk mengolah data instansi, baik milik pemerintah maupun swasta. Beberapa teladan aktivitas pengolah data, yaitu D Base, Microsoft Access, FoxPro
  • Program Aplikasi Pengolah Gambar, Program aplikasi pengolah gambar atau desain grafis dipakai untuk menciptakan dan mengolah gambar atau foto dan penyuntingannya. Program ini sangat cocok untuk periklanan dan percetakan. Beberapa teladan aktivitas pengolah gambar, yaitu Corel Draw, Photoshop, Freehand, dan lain-lain.
  • Program Aplikasi Pengolah Audio dan Video, Perangkat lunak ini dipakai untuk mengolah bunyi dan gambar bergerak, mulai dari pembuatannya sampai proses penyuntingannya. Kita sanggup mengambil beberapa gambar disertai animasi, transisi antargambar sehingga dihasilkan sebuah tampilan yang sanggup kita nikmati dalam bentuk suara, musik, dan gambar video. Beberapa teladan aktivitas aplikasi pengolah audio video, yaitu Pinnacle, Vegas, After Effect, Cool 3D, Ulead Studio.
  • Program Aplikasi Bisnis dan Keuangan, Perangkat lunak bisnis dan keuangan dipakai untuk mengolah data keuangan, akuntansi, administrasi bisnis. Perangkat ini sangat membantu kita dalam menyajikan data keuangan dengan akurasi tinggi. Beberapa teladan aktivitas aplikasi bisnis dan keuangan, yaitu MYOB, UPS, VQ Payroll, Simply Accounting, dan lain-lain.
  • Program Aplikasi Pengolah Website, Program aplikasi ini dipakai untuk mengolah dan merancang layout homepage atau web dalam dunia internet. Dengan memakai kemudahan html dan hyperlink, kita sanggup menikmati lompatan-lompatan antaratikel dengan referensinya. Beberapa teladan progran aplikasi pengolah website, yaitu Java, Dreamweaver, FrontPage, dan lain-lain.
  • Program Aplikasi Akses Internet, Program aplikasi ini dipakai untuk mengakses internet. Perangkat ini sangat membantu kita dalam mencari informasi dan bertukar informasi dalam bidang ilmu, berita, hobbi, dan sebagainya. Beberapa teladan aktivitas aplikasi saluran internet yaitu, Microsoft Internet Explorer, Netscape Communicator, Acrobat Reader, Mozila FireFox, dan lain-lain.

Terima kasih sudah berkenan membaca klarifikasi di atas perihal Perangkat Lunak (Software), semoga sanggup bermanfaat dan menambah wawasan sobat sekalian perihal TIK. Apabila ada dari sobat sekalian yang menemukan kesalahan baik dari segi penulisan maupun pembahasan dari artikel di atas, mohon kiranya kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan bersama. Jangan lupa di like dan share ya ke teman-teman yang lainnya. ^^ Maju Terus Pendidikan Indonesia ^^

Sumber http://www.zonasiswa.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Perangkat Lunak (Software) Komputer"

Posting Komentar