Penyebab Penyakit Konstipasi Atau Sembelit

Penyebab Penyakit Konstipasi Atau Sembelit - Konstipasi yang juga biasa disebut sembelit merupakan problem kesehatan yang terjadi di dalam susukan pencernaan. Pada kondisi normal seseorang akan mengalami defekasi atau buang air besar melalui rektum atau anus dengan proses lancar rata rata 1 kali sehari. Namun pada penderita penyakit konstipasi atau sembelit menjadi lebih keras sehingga menghambat proses pembuangan kotoran atau feces.

Penyebab Penyakit Konstipasi Atau Sembelit  Penyebab Penyakit Konstipasi Atau Sembelit
Penyebab Penyakit Konstipasi Atau Sembelit

Penyakit konstipasi atau sembelit dapat terjadi pada semua usia dan populasinya cukup banyak pada wanita. Selain menyebabkan rasa kurang nyaman pada susukan pencernaan juga menyebabkan problem gizi dan nutrisi dimana proses mencerna tidak berlangsung dengan optimal.

Ada beberapa faktor atau etiologi penyebab penyakit konstipasi sembelit diantaranya:

Pola buang air besar
pola defekasi atau buang air besar BAB yang kurang teratur entah alasannya ialah kesibukan atau alasan lainnya beberapa orang terpaksa menahan harapan untuk buang air besar tanpa disadari ini sangat berbahaya alasannya ialah dapat menyebabkan terjadinya konstipasi sulit BAB. Feses atau kotoran yang usang tertahan di dalam usus akan gampang mengeras sehingga semakin sulit dikeluarkan.

Faktor makanan minuman
Kurangnya konsumsi serat juga berpotensi menjadi penyebab penyakit konstipasi sembelit. Serat yang ada di dalam makanan juga minuman sangat bermanfaat untuk membantu proses kerja dari susukan pencernaan dimana beliau berperan aktif dalam proses reabsorbsi cairan di dalam usus besar. Selain rendahnya konsumsi serat terlalu banyak mengkonsumsi jenis makanan hewani menyerupai daging juga susu akan meningkatkan potensi terjangkit penyakit konstipasi.

Aktivitas fisik
Kurangnya acara fisik pada seseorang menyerupai terlalu banyak duduk atau bedrest total berkepanjangan misalnya pasien yang tidak dapat bergerak di rumah sakit sangat rentan mengalami konstipasi. Pada orang dengan keadaan menyerupai ini biasanya membutuhkan pemberian untuk dapat melancarkan proses buang air besar atau defekasi yaitu pemberian obat-obatan juga huknah untuk meningkatkan peristaltik usus sekaligus mengencerkan kotoran.

Penggunaan obat-obatan
Penyebab penyakit konstipasi atau sembelit juga dapat alasannya ialah faktor konsumsi obat-obatan dalam jangka waktu yang usang salah satu misalnya ialah jenis obat penenang dan zat besi dengan takaran tinggi.

Usia
Faktor usia juga dapat menjadi penyebab penyakit konstipasi sembelit dimana kecenderungan seseorang dengan lanjut usia lebih berisiko mengalami problem susukan pencernaan khususnya buang air besar. Karena memang di usia lanjut acara seseorang terperinci akan mengalami penurunan juga menurunnya acara kerja dari susukan pencernaan.

Dehidrasi
Selain dapat mengganggu konsentrasi dan daya tahan fisik kekurangan cairan badan atau terhidrasi dapat juga menjadi penyebab penyakit konstipasi sembelit alasannya ialah proses penyerapan dan reabsorpsi cairan di dalam usus terganggu menjadikan kotoran atau feces lebih keras.

Masalah susukan pencernaan
Terjadinya penyakit yang eksklusif mengenai susukan pencernaan menyerupai gangguan pada hepar atau liver bahkan penyakit tumor usus juga dapat menjadi penyebab penyakit konstipasi sembelit.

Itulah beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab penyakit konstipasi atau sembelit sehingga menjadikan kita lebih memahami bagaimana penyakit ini dapat terjadi dan menjadikannya pola untuk dapat menghindarinya.


Sumber http://www.emingko.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Penyebab Penyakit Konstipasi Atau Sembelit"

Posting Komentar