Penyebab Munculya Sariawan Atau Stomatitis

Penyebab Munculnya Sariawan Atau Stomatitis - Rongga verbal merupakan cuilan badan yang termasuk paling sering melaksanakan kontak dengan benda luar dan makanan maupun minuman. Sehingga menjadikannya gampang mengalami problem kesehatan salah satu yang sering terjadi yaitu munculnya sariawan atau dalam bahasa medis disebut stomatitis.

Sariawan atau stomatitis umumnya terjadi pada alasannya yaitu mukosa verbal cuilan bibir atau tempat gusi namun pada beberapa orang pengecap juga dapat mengalaminya. Karyawan merupakan problem dimana terjadi pengikisan atau kerusakan membran mukosa pada rongga mulut.

Penyebab Munculnya Sariawan Atau Stomatitis  Penyebab Munculya Sariawan Atau Stomatitis
Penyebab Munculya Sariawan Atau Stomatitis

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab munculnya sariawan atau stomatitis.

Kebersihan mulut
Apabila kebersihan verbal kurang dijaga maka potensi timbulnya problem kesehatan sariawan menjadi tinggi. Itu alasannya yaitu kesempatan untuk bertumbuh dan berkembangnya basil atau kuman lebih mudah. Keadaan ini lambat laun akan memicu terjadinya sariawan atau stomatitis.

Anatomi gigi
Ada beberapa orang yang mempunyai posisi dan susunan gigi berpotensi merusak maupun mengakibatkan perubahan pada mukosa rongga verbal dan inilah yang menjadi cikal bakal terbentuk nya sariawan.

Makanan dan minuman
Jenis makanan dan minuman dengan rasa sangat pedas juga beresiko menjadi penyebab timbulnya sariawan atau stomatitis. Selain citarasa yang pedas makanan dengan tingkat keasaman tinggi termasuk minuman soda dan juga tinggi kandungan gula akan berpotensi merusak mukosa verbal dan juga lidah.

Asap rokok
Bagi para perokok aktif khususnya mempunyai kecenderungan lebih gampang terjadi sariawan atau stomatitis.

Penggunaan kawat gigi
Seseorang yang memakai behel atau kawat gigi apalagi di awal pemasangan biasanya sering kali kontak dengan rongga verbal dan lambat laun akan melukai mukosa tinggal mengakibatkan terjadinya sariawan stomatitis.

Infeksi
Beberapa jenis basil maupun kuman juga dapat menjadi penyebab munculnya sariawan atau stomatitis. Disamping itu tumbuhnya jamur di sela-sela gigi maupun rongga verbal juga dapat mengakibatkan sariawan, jamur biasanya tumbuh alasannya yaitu kebersihan rongga verbal kurang terjaga atau adanya penurunan daya tahan badan atau kekebalan imun yang sering dialami oleh penderita penyakit HIV.

Reaksi alergi
Terjadinya proses reaksi alergi dapat menimbulkan beberapa tanda-tanda salah satunya yaitu sariawan.

Kekurangan gizi nutrisi
Beberapa zat gizi yang besar lengan berkuasa terhadap munculnya penyakit sariawan yaitu kekurangan vitamin C, vitamin B kompleks, mineral, juga protein merupakan salah satu faktor predisposisi timbulnya sariawan.

Dehidrasi
Kekurangan cairan dan elektrolit dalam badan selain dapat mengganggu konsenterasi juga dapat mengakibatkan kerusakan pada membran verbal yang berujung pada munculnya penyakit sariawan atau stomatitis.

Sariawan merupakan gangguan kesehatan yang umumnya sembuh dengan sendirinya tanpa memerlukan obat khusus, hanya perlu menghindari faktor predisposisi sesuai dengan penyebab terjadinya sariawan atau stomatitis tersebut. Meskipun terkesan sepele sariawan dapat menimbulkan problem kesehatan yang lebih berbahaya yaitu kekurangan gizi dan nutrisi alasannya yaitu terganggunya proses pencernaan makanan khususnya di cuilan mulut.

Itulah beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab munculnya sariawan atau stomatitis.


Sumber http://www.emingko.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Penyebab Munculya Sariawan Atau Stomatitis"

Posting Komentar