Pengertian Hasil Berguru

Hasil mencar ilmu berasal dari adonan kata hasil dan belajar. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, hasil yaitu sesuatu yang diperoleh atau didapat. Sedangkan mencar ilmu sendiri diartikan sebagai perjuangan untuk memperoleh kepandaian atau ilmu.

Sehingga sanggup disimpulkan bahwa hasil mencar ilmu yaitu sesuatu yang diperoleh seseorang dalam usahanya untuk mendapatkan kepandaian atau ilmu. Belajar yaitu segenap rangkaian  kegiatan/aktivitas yang dilakukan secara sadar oleh seseorang dan menjadikan perubahan dalam dirinya berupa penambahan pengetahuan atau  kemahiran yang bersifat sedikit maupun banyak. sedangkan hasil mencar ilmu diartikan sebagai kemampuan yang dimiliki siswa sehabis ia mendapatkan pengalaman belajarnya.

Beberapa hebat mengemukakan pandangan yang berbeda wacana belajar. Berikut ini pendapat para hebat wacana belajar:

a.  Belajar berdasarkan Skinner
Belajar yaitu suatu perilaku. Pada ketika orang belajar, maka responnya menjadi lebih baik. Sebaliknya, kalau ia tidak mencar ilmu maka responnya menurun.
b.  Belajar berdasarkan Gagne
Belajar merupakan kegiatan yang  kompleks. Setelah mencar ilmu orang mempunyai keterampilan, pengetahuan, sikap, dan nilai. Dengan demikian, mencar ilmu yaitu seperangkat proses kognitif yang mengubah sifat stimulasi lingkungan, melewati pengolahan informasi, menjadi kapabilitas baru.
c.  Belajar berdasarkan Piaget
Belajar mencakup tiga fase. (1) fase eksplorasi, siswa mempelajari tanda-tanda dengan bimbingan, (2) fase pengenalan konsep, siswa mengenal konsep yang ada hubungannya dengan gejala,  dan (3) fase aplikasi konsep, siswa memakai konsep untuk meneliti tanda-tanda lain lebih lanjut.


Belajar merupakan proses dasar dari perkembangan hidup manusia. Dengan belajar, insan melaksanakan perubahan-perubahan kualitatif individu sehingga tingkah lakunya berkembang. Semua acara dan prestasi hidup insan tidak lain yaitu hasil dari belajar.

Beberapa pakar menyebutkan adanya beberapa jenis sikap sebagai hasil belajar.

a.  Horward Kingsley membagi tiga macam hasil belajar, yakni: (1) keterampilan dan kebiasaan, (2) pengetahuan dan pengertian, (3) sikap dan cita-cita. Masing-masing jenis hasil mencar ilmu sanggup diisi dengan materi yang telah ditetapkan dalam kurikulum.

b.  Gagne membagi lima kategori hasil belajar, yakni: (1) gosip verbal, (2) keterampilan intelektual, (3)  strategi kognitif, (4) sikap, dan (5) keterampilan motoris

c.  Benyamin Bloom menyebutkan ada tiga daerah sikap hasil belajar, yaitu: (1) kognitif, (2) afektif, dan (3) psikomotor. Ketiga ranah tersebut menjadi objek evaluasi hasil belajar.


Sumber http://makalahahli.blogspot.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Pengertian Hasil Berguru"

Posting Komentar