Mengapa Flora Cabai Daunnya Menguning? Ini Cara Mengatasinya!

Ada aneka macam penyebab yang menyebabkan daun dari tumbuhan cabai menguning Mengapa Tanaman Cabe Daunnya Menguning? Ini Cara Mengatasinya!Ada aneka macam penyebab yang menyebabkan daun dari tumbuhan cabai menguning. Entah lantaran serangan hama ataupun dilema lainnya. Untuk mempelajari lebih lanjut maka kali ini kita akan membahas mengapa tumbuhan cabai daunnya menguning di bawah ini.


Mengapa Tanaman Cabe Daunnya Menguning?


Alasan inilah yang menyebabkan kita tertarik untuk mengetahui lebih lanjut akan mengapa tumbuhan cabai daunnya menguning tersebut. Seperti yang dijelaskan di atas, ada banyak faktor yang menyebabkan proses ini. Seperti ciri-ciri tanman kekurangan unsur NPK. Berikut penjabarannya:


1. Adanya Serangan Hama


Ada banyak jenis hama yang sanggup menyebabkan kuiningnya daun tumbuhan cabai menyerupai halnya masalah mengapa hama tanman harus dibasmi. Hama yang ada pada tumbuhan cabai menyerupai tungau, kutu daun maupun thirps akan menyebabkan dilema menguning pada daun ini. Bahkan tidak hanya hama, serangan penyakit tertentu pada tumbuhan cabai juga sanggup menghasilkan dilema tersebut.


Biasanya jenis virus kuning yang menyerang potongan daun tanaman cabai ini juga akan menyerang bermacam-macam jenis tanman budidaya lainnya menyerupai tomat, cabai maupun terong sampai kacang panjang. Gejala awal yang menyatakan dilema serangan virus tersebut yakni perubahan bentuk daun dan adanya bercak kuning.


Namun, jangan khawatir, hama ini sanggup diatasi dengan derma insektisida secara teratur dan lakukan secara berkala. Aplagi jikalau tanda-tanda di atas sudah muncul maka selalu lakukan perawatan. Jika perlu potonglah potongan daun yang telah terkena seperti cara membasmi hama semut pada pohon mangga.


2. Kebanyakan Air


Bahkan, jikalau kita melaksanakan penyiraman yang dilakukan secara berlebihan, maka ini juga akan berdampak pada pembusukan daun sampai membuatnya menjadi menguning. Hal ini disebabkan adanya pembusukan akhir terlalu banyak air yang tersimpan dan emmbuat tanman menjadi layu bahkan berpotensi menjadi kematian.


Masalah yang satu ini hanya sanggup diatasi dengan memperbaiki terlebih dahulu sistem draiunase yang diharuskan untuk mengembalikan sistem pembuangan air semoga tidak menumpuk dan menyebabkan busuk daun pada tanaman cabai seperti cara mengatasi busuk akar pada tanman padi. Pindahkan tanman ke tempat yang lebih kering atau menambahkan pasir pada media tanam. 







3. Kekurangan Air


Tidak hanya kelebihan air yang sanggup menyebabkan daun tumbuhan cabemenjadi menguning. Bahkan dilema kekurangan air juga menyebabkan daun dari tumbuhan cabai gampang menguning, ini yakni efek dari pertahanan tumbuhan tersebut seperti kenapa bunga belimbing rontok.


Untuk membedakan daun menguning akhir kelebihan dan kekurangan air, maka kita sanggup meraba potongan media tanman atau tanahnya. jikalau terasa sangat lembab maka ini yakni tanda-tanda yang ditimbulkan oleh dilema kelebihan air jikalau terasa sangat kering maka ini merupakan dilema kekurangan air.


Jika memang masalahnya diakibatkan lantaran kekurangan air yang biasanya terjadi ketika isu terkini kemarau, maka cobalah melaksanakan penyiraman secara berkala, bahkan anda juga sanggup melaksanakan penambahan pupuk organik. Karena media tanman yang minim kandungan materi organik lebih sulit dalam perembesan air.


4. Minim Cahaya Matahari


Jika tanman menjadi minim cahaya matahari maka akan berdampak etiolasi atau pemanjangan batang lebih dari pada umumnya. Kemudian daun juga kan menjaid menguning dan pucat. Karena sinar matahari akan membantu dalam pembentukan zat makanan dari klorofil atau zat hijau daun.


Biasanya dilema ini kerap terjadi pada ketika penanaman dan pembibitan tumbuhan cabe. Karena biasanya, orang-orang akan meletakkan bibit tumbuhan cabai di tempat yang lebih teduh, hanya saja jikalau tidak terkena sinar matahari sama sekali pertumbuhannya juga akan terganggu. 







5. Kurang Unsur Hara


Banyaknya jenis unsur hara penting yang akan menopang pertumbuhan tumbuhan cabai juga akan menawarkan efek menyerupai daun yang menguning. Berikut ciri-ciri wacana daun tumbuhan cabai yang menguning sesuai dengan jenis zat hara yang kurang, yakni:



  • Kalium : Jika hanya pada potongan ujung atau tepi-tepi daun saja yang menguning, maka kemungkinan besar zat yang kurang pada tanman tersebut yakni kalium. Mengatasinya hanya dnegan cara menambahkan kembali pupuk yang kaya akan kandungan kalium.

  • Nitrogen : Jika potongan daun yang menguning yakni tempat tulang dan tepu ujung daun, maka kemungkinan besar penyebabnya yakni kekurangan nitrogen. Jadi, solusinya yakni dengan memakai pupuk yang kaya akan nitrogen.

  • Kekurangan kalsium : Ini tidak hanya menciptakan daun tumbuhan cabai menjadi kuning namun berubahnya bentuk dari daun sampai terlihat abnormal.

  • Kekurangan Zinc : Ini juga akan menyebabkan daun menjadi kuning dan bahkan warnanya akan bermetamorfosis lebih cerah pada potongan di akrab tulang daun.

  • Kekurangan zat besi : Ini akan menyebabkan daun menjadi kuning hanya saja potongan tulang daun masih hijau.

  • Kekurangan Magnesium : Magnesium yakni zat penting yang akan menyebabkan dilema garis putih untuk disepanjang tulang darun beserta adanya daun yang menguning.


jadi, coba kenali lebih baik potongan dari daun tumbuhan cabai yang menguning tersebut. Jika memang mendapati banyak dilema maka anda sanggup melaksanakan tindakan pencegahan dan cara ampuh untuk mengatsi nya menyerupai yang dijabarkan diatas.


Karena pengenalan dan pemahaman wacana bagiaman bentuk dari kuningnya daun akan menciptakan kita menjadi lebih faham dan memahami apa yang diharapkan untuk mengatasi dilema tersebut. Ini juga perlu bagi siapapun yang menanam tumbuhan cabe.


Karena dilema daun tumbuhan cabai yang menguning yakni salah satu dilema tersering yang dialami dan dipertanyakan. Dan semoga informasi diatas sanggup lebih bermanfaat dan menawarkan solusi bagi anda yang mengalami dilema yang sama.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Mengapa Flora Cabai Daunnya Menguning? Ini Cara Mengatasinya!"

Posting Komentar