Kunci Sukses Presentasi Arsitektur

Presentasi merupakan acara memberikan rangkaian informasi kepada orang lain secara sistematis melalui media audio maupun visual yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Dalam dunia arsitektur, presentasi merupakan hal yang sangat penting dan seringkali menjadi kunci sukses atau tidaknya sebuah tender proyek. Dalam perjalanan proyek, Owner lebih sering memilih keputusannya ketika presentasi.

 Presentasi merupakan acara memberikan rangkaian informasi kepada orang lain secara s Kunci Sukses Presentasi Arsitektur
Kunci Sukses Presentasi Arsitektur

Kesuksesan presentasi ternyata lebih bergantung pada pedoman awal presentasi daripada pedoman tradisional menyerupai mempersiapkan gambar-gambar presentasi ataupun menciptakan model perancangan tiga dimensi (maket).

Seberapa andal pun gambar dan model yang dibentuk namun jikalau kurang baik dalam mempresentasikannya maka tampaknya akan sia-sia.

Artikel berikut akan membahas taktik dan kunci sukses presentasi arsitektur yang sanggup dipakai oleh prktisi maupun mahasiswa arsitektur di kampus. Lalu apa sajakah kunci sukses presentasi arsitektur ? Simak sebagai berikut :

Perencanaan Awal Presentasi

Hal yang paling penting yakni perencanaan awal presentasi, apakah akan menciptakan presentasi atau tidak sama sekali ? Jika iya, maka persoalan selanjutnya yakni bagaimana mempersiapkan taktik dari awal serta memakai hasil pekerjaan yang ada sebagai materi untuk dipresentasikan dihadapan klien.

Menjawab Masalah 5W + H

Hal selanjutnya yang wajib dipikirkan dalam menyusun presentasi yakni faktor 5W + H. Faktor tersebut yang akan dengan sendirinya membentuk kriteria presentasi menyerupai apa yang akan dibentuk selanjutnya. Adapun persoalan 5W yang muncul disini contohnya :

"Apa yang akan dipresentasikan ?"
"Apa media yang akan dipakai ?"
"Siapa audiensnya ?"
"Siapa yang akan menjadi pembicara"
"Dimana daerah presentasinya ?"
"Kapan presentasinya ?"
"Kenapa perlu menciptakan model 3D ?"

Dan masih banyak lagi pertanyaan yang sanggup berkembang, selanjutnya sanggup dipelajari dampaknya terhadap How atau bagaimana menjawab masalah-masalah tersebut. Dalam beberapa kasus, seringkali faktor 5W tidak sanggup ditentukan dan keadaan menciptakan kita terpengaruh. Misalnya daerah dan waktu yang berubah, sehingga harus ada planning lain yang dipersiapkan.

Materi Presentasi (Verbal dan Visual)

Materi prensentasi dalam Arsitektur tidak hanya berupa gambar-gambar atau maket 3 Dimensi saja. Seringkali media mulut menyerupai cara kita berbicara juga memilih kesuksesan sebuah presentasi. Untuk itulah sang pembicara juga harus berlatih biar informasi yang dipresentasikan sanggup hingga kepada audiens.

Selain itu, kemampuan menciptakan pembicaraan yang menarik di tengah-tengah presentasi juga sangat mendukung. Tidak ada salahnya menambahkan joke atau dagelan kecil ketika presentasi asalkan tidak hingga menciptakan audiens tersinggung. Bahasa yang simple dan santai juga menjadi cara untuk membuka diskusi yang lebih simpel.

Sementara untuk penyajian gambar presentasi, pastinya sebagai sang perancang perlu mengetahui gambar yang mana saja yang perlu ditampilkan dan terutama bagian-bagian yang perlu mendapat diskusi. Gambar yang bagus, teknik penyajian yang rapi serta rendering yang menarik sanggup menjadi penunjang keberhasilan presentasi. Hanya saja untuk gambar yang anggun dan menarik pastinya susah dibentuk dan mahal pula harganya. Untuk itu pastikan satu gambar sanggup mewakili banyak hal sehingga lebih efisien dan mengurangi biaya materi presentasi.

Daftar Pertanyaan yang Mungkin Muncul

Saat memberikan sesuatu kepada orang lain dalam presentasi, tentunya sangat memungkinkan muncul pertanyaan. Untuk itu, perlu kita susun daftar pertanyaan yang mungkin muncul dalam setiap tayangan atau penyampaian presentasi maupun pertanyaan diluar materi yang masih bekerjasama dengan proyek yang dipresentasikan.

Tujuannya yakni biar kita selalu siap menjawab segala pertanyaan yang muncul. Sejatinya tidak semua pertanyaan yang muncul ketika presentasi harus dijawab langsung. Dalam sebuah proyek, pertanyaan yang muncul bisa saja ditunda dulu sementara dengan alasan yang masuk logika contohnya perlu melaksanakan survey lagi, desain yang masih dalam tahap pencarian alternatif dan sebagainya. Hanya saja pertanyaan tersebut memang pasa jadinya harus terjawab.

Ruang dan Durasi Presentasi

Hal berikutnya yang tak kalah penting yakni daerah dan waktu presentasi. Tidak semua klien menyukai ruangan presentasi indoor. Terkadang presentasi juga dilakukan di daerah umum tanpa media menyerupai projector sehingga kita harus membawa hard copy dari materi presentasi.

Disisi lain, usang waktu presentasi juga perlu diperhatikan. Terkadang ada klien atau dosen yang sangat sibuk dengan jadwalnya dan mengharpkan kita mempresentasikan materi dengan lebih singkat, padat dan jelas. Dalam hal ini, pastikan ada sisa waktu yang cukup untuk berdiskusi.

Demikianlah kunci sukses presentasi arsitektur. Artikel ini bersumber dari buku Edward T. White Mengenai taktik presentasi dalam Arsitektur yang disajikan dengan bahasa penulis.


Sumber http://www.arsitur.com

Berlangganan Informasi Terbaru:

0 Response to "Kunci Sukses Presentasi Arsitektur"

Posting Komentar